Dirilis

10 Oktober 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Anda merasa jenuh dalam kehidupan, merasa bisnis sedang jalan di tempat dan membutuhkan inspirasi untuk menjalani hari esok? Buku, dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk duduk sejenak, mendapat siraman motivasi dan menggali lagi tujuan awal Anda.  

Salah satu pilihan menarik adalah dengan membaca buku-buku 'self help’ atau buku pengembangan diri. Banyak macam yang Anda temukan di luar sana, buku-buku ini memiliki satu tujuan yang sama. Untuk membuat Anda 'bangkit' termotivasi menyelesaikan segala masalah yang sedang Anda hadapi. Ada banyak pilihan buku untuk setiap kebutuhan Anda.  Namun pada dasarnya, buku ini mengajarkan hal yang kurang lebih serupa.

Ini beberapa tips yang cocok bagi kehidupan profesional Anda:        

1. Kesuksesan Anda hanya datang dari diri sendiri
Apa yang Anda lakukan hari ini, segala pilihan dan keputusan yang Anda jalani, merupakan cerminan masa depan Anda. Langkah sekecil apapun yang Anda lakukan, merupakan ukuran apakah Anda akan sukses dalam karier maupun kehidupan Anda. Buku-buku motivasi akan banyak mengajarkan, bahwa mereka yang sukses sebenarnya memiliki masalah yang tidak jauh berbeda dengan Anda. Yang berbeda adalah bagaimana cara mereka menyikapi tantangan yang dihadapi, dan mengemasnya menjadi sebuah kesuksesan. Percayalah, Anda pun bisa!

2. Hanya Anda yang dapat mengatasi masalah Anda
Semua orang punya masalah. Tapi jangan menunda menyelesaikan permasalahan yang ada, atau bahkan berharap orang lain yang menyelesaikan masalah Anda.

Namanya saja buku 'self-help', maka setelah membacanya Anda diharapkan untuk dapat bangkit mengatasi masalah Anda sendiri. Baik itu inspirasi ataupun motivasi, hampir semua teks buku akan berbicara sama, Anda-lah yang memegang kunci untuk membebaskan diri Anda dari masalah.

3. Stop berpikir, mulai bertindak
Kebanyakan buku motivasi akan mengajak Anda untuk bertindak sekarang. Jangan menunggu 'saat yang tepat' untuk memulai, dan melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Setiap kata-kata motivasi dalam buku hampir selalu akan mendorong Anda untuk melakukan saat ini juga, apa yang ingin Anda lakukan. Lakukan yang terbaik, maka kesuksesan akan mengikuti Anda.

Buku populer karangan Stephen Covey, The 7 Habits of Highly Effective People, mengajak Anda untuk berhenti duduk (berpikir terlalu lama) dan mulai bertindak. Karena setiap menit yang Anda sia-siakan untuk duduk bermimpi, tidak membuat Anda lebih dekat dalam mencapai impian tersebut.

4. Bukan memperbaiki kekurangan, tapi kembangkan kelebihan Anda
Buku-buku motivasi tidak melihat kekurangan sebagai sebuah kegagalan. Justru, Anda harus mengenali dengan baik dan menerima kekurangan tersebut sebagai bagian dari Anda. Dengan menerima kekurangan, Anda akan dapat mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Selain mengenali kelemahan, Anda juga perlu tahu di mana kelebihan Anda dan berfokuslah untuk mengembangkan kelebihan tersebut sebagai 'selling point' Anda.

5. Carilah 'alasan' Anda
Simon Sinek, penulis dan motivator terkenal yang menuliskan buku Find Your Why menekankan bahwa dalam menghadapi masalah, atau bahkan saat Anda sedang merasa terdemotivasi, kembalilah mencari alasan atau 'why'.

Apa alasan Anda untuk bekerja (atau menjalani kehidupan) dan kenapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan. "Saat mengetahui 'why', Anda akan dapat dengan mudah menyaring pilihan-pilihan dalam pekerjaan maupun kehidupan, sehingga Anda menemukan tujuan yang lebih berarti dan bahkan merasa lebih bahagia," tulisnya.

Ya, sesaat setelah meletakkan buku seringkali Anda merasa langsung ingin bertindak. Segala hal positif yang telah Anda dapatkan di setiap lembarnya, membuat pikiran Anda akan aktif memetakan visi Anda dan merancang 'action plans' yang dibutuhkan. Apapun yang ada dalam pikiran Anda setelah membacanya, baik itu berhubungan dengan karir ataupun kehidupan, mulailah dengan langkah kecil yang berarti.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS