Dirilis

03 Juli 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Bekerja di rumah mungkin terdengar kurang menguntungkan, namun ada beberapa ide bisnis yang bisa menghapus stigma tersebut. Bisnis-bisnis ini bisa menjadi peluang investasi menguntungkan untuk Anda semua. Selain dapat dilakukan di rumah, Anda dapat menjalankannya sambal berjalan-jalan dengan keluarga. Apa saja yah bisnisnya?

1. Bisnis Kuliner untuk Anda yang Suka Makan atau Jajan
Tak sedikit orang yang sukses di bisnis kuliner. Pasalnya, setiap orang butuh makan dan makanan memang tidak ada matinya. Apalagi Anda bisa berinovasi dengan tepat. Bisnis rumahan ini cocok untuk Anda yang memang suka makan atau jajan, terlebih bagi yang pandai memasak. Untuk awalnya, Anda bisa menjadi downline atau reseller dari produk tertentu yang sudah populer. Setelah mengumpulkan modal dan menggodok ide dengan baik, barulah Anda melepaskan diri dan membuat usaha sendiri.

Bisnis ini tergolong sebagai salah satu investasi karena makan adalah kebutuhan primer. Selama Anda bisa terus berinovasi agar loyalitas pelanggan tak lekang, bisnis Anda pasti bisa berkembang dengan baik. Anda juga bisa melakukan bisnis kuliner musiman seperti ketika saat puasa. Omzet bisnis kuliner saat puasa dan menjelang ramadan umumnya naik berkali-kali lipat. Kerugiannya pun sangat rendah.

2. Buka Kursus Mengemudi di Tempat yang Strategis
Tingginya kepadatan di kota-kota besar membuat kursus mengemudi menjadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan. Apalagi, Anda sebenarnya tak perlu memiliki mobil untuk membuka kursus jenis ini. Bekerja-samalah dengan para tutor soal ketersediaan kendaraan dan Anda pun tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.  Atau Anda bisa menggunakan kendaraan sendiri sebagai kendaraan kursus. Selama jumlah pengendara kendaraan bermotor tak berkurang, seharusnya Anda tetap bisa untung.

Untuk soal investasi, Anda bisa menyewakan mobil ke tempat kursus kendaraan. Soal pemasukannya bisa diatur, mau dengan sistem paket (bayar per-bulan) atau sistem per-pakai (dibayar tiap kali dipakai). Tergantung dari keputusan bersama, seharusnya menyewakan kendaraan untuk kursus ini bisa menjadi investasi tanpa effort bagi pihak Anda.

3. Bisnis Cuci Kendaraan Bermotor
Selain kursus mengemudi, Anda juga bisa berinvestasi di bisnis cuci kendaraan bermotor. Bisnis ini dapat dimulai dari ruangan di rumah Anda jika cukup. Bahkan, modal awalnya tak tinggi. Cukup lima hingga tujuh juta saja. Apalagi ketika Anda memfokuskan usaha ini untuk mencuci motor saja. Kesibukan orang-orang saat ini membuat banyak diantara mereka yang terlalu lelah untuk mencuci motor. Mungkin mereka hanya bisa melakukannya seminggu sekali padahal kendaraan bisa saja kotor sebelum itu.

4. Punya Kemampuan Mengedit? Manfaatkan Kemampuan Anda untuk Usaha
Bila Anda termasuk orang yang bisa mengedit foto untuk menjadi sesuatu yang lebih baik, Anda sebaiknya tak menyia-nyiakan kemampuan tersebut. Saat ini, banyak sekali orang yang membutuhkan jasa edit foto. Tak hanya untuk pre-wedding tetapi juga untuk kebutuhan lainnya seperti untuk pas foto.  

Anda bisa melakukannya di rumah dan membuat usaha sendiri atau bekerja sama dengan para fotografer yang membutuhkan orang untuk membantu mereka. Banyak fotografer pre-wedding yang tugasnya cukup penuh dan kurang ada waktu untuk mengedit. Anda bisa menggunakan hal ini sebagai ladang usaha. Apalagi permintaan foto yang semakin lama makin tinggi, membuat usaha ini bisa menjadi investasi yang menarik untuk Anda.

5. Jumlah Mahasiswa Makin Meningkat di Kota Besar, Gunakan Kesempatan Ini untuk Membuka Usaha Laundry
Ya, bisnis laundry bisa dikatakan adalah salah satu investasi yang cukup unik. Terkesan remeh, namun omzet yang didatangkan tidaklah sedikit. Apalagi ketika Anda membukanya di daerah yang dekat dengan kos-kosan mahasiswa. Umumnya, mereka pasti akan malas atau merasa repot untuk mencuci sendiri, jadi di sinilah Anda hadir sebagai solusi untuk masalah mereka.

Sebaiknya berikan hal yang lebih atau unik agar tempat laundry Anda tak sepi pengunjung, supaya tidak kalah saing dengan usaha sejenis lainnya. Seperti memberikan diskon harga atau program-program lain yang menarik. Contohnya, berikan pewangi pada tiap cucian atau antarkan cucian tersebut secara gratis bila jaraknya tak mencapai 1 km atau cucian mereka di atasa 8 kg.

6. Mau yang All in One? Coba Bisnis PPOB
Bisnis loket pembayaran tagihan online atau Payment Point Online Banking (PPOB) adalah salah satu bisnis yang cukup menguntungkan dan bisa jadi investasi yang baik. Apalagi bisnis rumahan ini memiliki banyak opsi layanan. Tak hanya untuk membayar token listrik atau telepon, tetapi juga membayar pulsa, membeli tiket pesawat, bahkan hingga voucher game online.

Anda hanya membutuhkan koneksi internet, laptop, dan printer untuk melakukan usaha ini. Bahkan, ada beberapa provider PPOB yang memberikan Anda fasilitas ini secara gratis. Semua pembayaran ini adalah salah satu kebutuhan yang tak akan pernah lekang oleh waktu. Setiap orang pasti butuh, setidaknya untuk membayar listrik. Jadi Anda tidak akan pernah kehabisan pelanggan.

7. Penitipan dan Perawatan Hewan
Di tengah dunia modern seperti sekarang ini, memiliki binatang peliharaan bukanlah hal yang aneh. Apalagi di daerah perumahan elit. Banyak orang yang kerap memandikan hewan mereka di salon hewan. Salon ini juga umumnya menyediakan tempat penitipan dengan makanan dan pasir untuk buang air yang sudah disediakan oleh pemilik hewan tersebut.

Apalagi, pemilik binatang peliharaan umumnya adalah orang-orang sibuk. Sehingga, terkadang mereka tak memiliki cukup waktu untuk memandikan hewan kesayangan mereka. Atau mereka ingin hewan mereka mendapatkan layanan mandi yang paling baik, sehingga mereka menyerahkan hewan ini pada salon.

8. Reseller Online Shop
Bila menginginkan usaha yang membutuhkan banyak biaya dan waktu, Anda bisa menggunakan ide yang satu ini. Meski datangnya income tak akan setinggi banyak usaha lainnya, namun menjadi reseller online shop sangatlah mudah. Anda bahkan bisa melakukannya sambil berjalan-jalan di mall. Bila Anda pintar menabung, seharusnya bisnis ini bisa jadi investasi yang menguntungkan meskipun keuntungannya tak terlalu banyak.

9. Sanggar Senam Atau Gym
Di tengah maraknya gaya hidup sehat seperti sekarang ini, gym mulai bermunculan di sudut-sudut kota. Bahkan, gym kecil sekalipun bisa mendapatkan cukup banyak member ketika diletakkan di tempat yang strategis, seperti perumahan. Namun bila modal usaha gym ini terlalu mahal, Anda bisa mengambil opsi membuat sanggar senam.

Anda cukup menyediakan ruangan kedap suara yang dikelilingi kaca, menyewa instruktur atau menjadi instruktur sendiri dan memiliki sound yang memadai. Sanggar senam ini memang peminatnya terbatas pada perempuan (umumnya), namun jumlahnya tak akan sedikit dan Anda bisa mendapatkan pendapatan dari tiap kelasnya. Atau Anda bisa memberikan mereka paket agar para pelanggan tak kabur di tengah-tengah.

Sekecil apapun usahanya, selama Anda bisa memanfaatkannya dengan baik keuntungannya pasti tak akan sedikit. Investasi bisa datang dari mana saja, tak hanya dari ranah properti atau emas saja. Jika bisa melihat peluang dan membuatnya jadi pemasukan untuk Anda, usaha rumahan ini pasti mendatangkan untung besar.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Arrino Fatra

13 April 2023

Good info

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS