Dirilis

25 Juni 2022

Penulis

Lucky Lombu

Sebagai pelaku usaha, Anda mungkin pernah mengalami situasi mendesak, dimana Anda butuh tambahan dana hingga Rp50 juta, lalu Anda memanfaatkan kartu kredit. 

Baca Juga: Sahabat Mikro, Pinjaman Modal Usaha yang Tepat, Mudah, dan Aman

Ya, tentu boleh-boleh saja Anda memanfaatkan fasilitas keuangan itu. Apalagi jika Anda bisa memanfaatkan dana tersebut secara maksimal, dan melunasi utang tepat waktu. 

Tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki kartu apapun yang bisa memberikan Anda pinjaman secara cepat? Apa yang bisa Anda lakukan agar dapat pinjam uang Rp50 juta tanpa kartu kredit?

 

Mau Pinjam Uang Rp50 Juta Tanpa Kartu Kredit, Dari Mana?

Saat ini Anda bisa menemukan beberapa layanan finansial yang bisa membantu Anda mendapatkan pinjaman uang hingga Rp50 juta. Bahkan, sebelum itu, Anda juga menimbang pinjaman dari orang terdekat.

 

1.    Coba Pinjam dari Saudara atau Teman


Membicarakan uang, apalagi meminjam uang kepada saudara atau teman, memang bisa menjadi masalah sensitif. Tapi jika Anda ingin melakukannya, ada beberapa tips Psikolog Brad Klontz dari Financial Psychology Institute, yang bisa Anda coba. 

Pertama, bicarakan secara khusus. Karena, jika Anda melakukannya dalam pembicaraan yang mengalir, ada risiko saudara atau teman Anda itu berpikir, Anda berteman dengannya hanya karena uang. 

Kedua, sebaiknya hindari meminjam dari saudara atau teman, karena berisiko merusak hubungan. Tapi jika terpaksa, lakukan sekali saja, dan posisikan mereka seperti bank. Anda harus bisa menjelaskan bagaimana cara Anda melunasi utang tersebut.

Ketiga, bersiaplah ditolak. Maka itu, pilihlah dengan bijak kepada siapa Anda membicarakan masalah Anda ini, dan bersiaplah jika ia menolak meminjamkan uang kepada Anda, dengan alasan apapun.
 

2.    Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan ke Bank

Pilihan paling aman dan nyaman, salah satunya ya ke bank. Karena transaksi perbankan idealnya dilakukan secara profesional. Anda tidak perlu canggung seperti meminjam ke saudara atau teman.

Tapi kembali ke kasus di atas, Anda tidak punya kartu kredit. Bagaimana caranya agar Anda bisa mendapat pinjaman sampai Rp50 juta dari bank? 

Silakan Anda coba ajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Proses pengajuan KTA secara umum relatif mudah. Anda bisa cek prosesnya di bank penyedia layanan KTA.

Anda juga bisa coba mengajukan pinjaman Digital Micro Flexi Cash di Bank BTPN, dengan batas hingga Rp200 juta. Pinjaman ini bisa digunakan untuk kebutuhan konsumtif, artinya dana yang dicairkan bisa Anda maksimalkan untuk kebutuhan di luar usaha. Misalnya untuk biaya pendidikan anak, biaya pengobatan, dan lainnya.

Anda cukup melengkapi persyaratan administrasi yang diminta oleh bank, seperti mengisi formulir, menyerahkan salinan e-KTP, rekening listrik, dan NPWP, serta melengkapi beberapa persyaratan umum lainnya. 

 

3.    Pinjam ke Layanan Finasial Tepercaya


Selain ke bank, Anda juga bisa coba mengajukan pinjaman ke layanan finansial lainnya. Tapi, sebelum meminjam, Anda harus pastikan kredibilitas layanan tersebut, mengingat banyaknya penipuan yang dilakukan aplikasi pinjaman online ilegal. 

Ingat, layanan finansial terpercaya yang boleh beroperasi di Indonesia, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
 

Mau Pinjaman Tanpa Jaminan? Perhatikan Ini!

Nah, selain beberapa hal di atas, ada hal lain yang sebaiknya Anda perhatikan jika Anda meminjam uang ke saudara atau teman, ke bank atau ke layanan finansial lainnya. Antara lain sebagai berikut:

 

1.    Tahu kan Pinjaman Rp50 Juta untuk Apa?

Pastikan Anda sudah merinci kebutuhan dan rencana Anda. Misalnya, Anda merasa harus segera membetulkan toko. Tapi sudah tahukah Anda bagian mana saja yang harus diperbaiki, bahan seperti apa yang sebenarnya Anda butuhkan, berapa besar biaya yang Anda harus siapkan memperbaiki bagian itu, bagaimana dengan biaya tukang, apakah selama proses perbaikan Anda perlu menyiapkan sesuatu agar aktivitas toko Anda tetap berjalan, dan lain-lain?

Coba tulis daftar kebutuhan Anda, lalu pilah-pilih berdasar skala prioritas, dan hitung berapa besar biaya setiap hal tersebut. Bisa jadi biaya yang Anda butuhkan ternyata lebih besar dari yang Anda duga, atau malah lebih sedikit. Makanya, penting bagi Anda untuk merinci kebutuhan Anda.

 

2.    Hitung Lagi Kemampuan Bayar Anda

Selain merinci kebutuhan, Anda juga perlu merinci berapa angsuran yang harus Anda bayarkan, dan dari mana Anda bisa mendapatkan dana untuk membayar angsuran itu. 

Soal merinci angsuran, jangan lupa untuk menghitung berapa persentase bunga atau besar keuntungan yang diambil oleh pihak pemberi pinjaman, untuk menghindari gagal bayar di kemudian hari. 

Biar yakin, Anda juga bisa menanyakan langsung kepada pihak pemberi pinjaman, berapa besar angsuran Anda per bulan.

 

3.    Gunakan Pinjaman Anda Secara Maksimal

Nah, setelah pinjaman Anda disetujui dan uangnya cair, pastikan Anda menggunakan dana sesuai dengan rencana awal. Jangan akhirnya boros untuk hal-hal di luar rencana. Maka itu, coba pisahkan uang itu dari pos-pos lain, dan siapkan pos-pos khusus untuk membayar angsuran setiap bulan.

Semoga Anda bisa segera menemukan solusi untuk kebutuhan keuangan Anda saat ini. Jika Anda ada pertanyaan lebih lanjut, silakan berkonsultasi dengan perencana keuangan di Tanya Ahli daya.id. Silakan daftarkan diri juga diri Anda untuk mendapat akses penuh ke konten menarik lainnya.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS