Dirilis

21 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Dalam ilmu bisnis, tepatnya pada manajemen strategi, kita akan mendapati sebuah istilah yang disebut blue ocean strategy. Blue ocean strategy adalah cara yang merujuk pada penciptaan pasar baru yang persaingannya belum ketat, atau berpikir lebih dari apa yang dipikirkan competitor. Dapat dikatakan pula bahwa strategi ini adalah siasat melalui inovasi untuk menaklukkan pesaing. Bagaimanakan pengaplikasian blue ocean strategy tersebut?

 

Definisi Blue Ocean Strategy

definisi blue ocean strategy
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, blue ocean strategy adalah sebuah strategi marketing dimana perusahaan keluar dari red ocean atau Samudra merah atau bisnis dengan pasar yang memiliki banyak pesaing. Blue ocean yang dimaksudkan adalah menciptakan ruang pasar baru, menjalankan ide dan inovasi yang baru, atau melakukan sesuatu yang belum dilakukan pesaing. Kita yang memulai dan bisa dikatakan sebagai pioneer.
Fokus dalam blue ocean strategy adalah sesuatu yang unik, berbeda, dan meningkatkan permintaan tanpa mengikuti kompetensi. Dengan penerapan strategi ini, pembeli bisa merasa lebih tertarik akan inovasi yang ditawarkan, juga meningkatkan minat pada manfaat atau nilai yang ditawarkan produk.
Contoh penerapan blue ocean strategy ini bisa Anda lihat pada teknologi GOJEK. Perusahaan ini berhasil memberikan gebrakan yang luar biasa terhadap teknologi transportasi di Indonesia. Didirikan sejak tahun 2011, pada awalnya GOJEK hanya memanfaatkan teknologi SMS maupun telepon rumah untuk melayani konsumen. Namun, di tahun 2015 perusahaan ini menciptakan teknologi GOJEK yang digabungkan dengan aplikasi pada telepon genggam pintar atau smartphone. Dengan teknologi ini, GOJEK berhasil menjelma menjadi moda transportasi yang sangat membantu dan diminati oleh masyarakat karena efisiensi dan kemudahannya.

 

Perbedaan Blue Ocean dan Red Ocean Strategy


Sebelum membahas cara membuat blue ocean strategy, ada baiknya kita pahami perbedaan antara blue ocean dan red ocean, yaitu:

 

Blue Ocean    

  1. Menjadikan kompetisi tidak relevan    
  2. Menciptakan pasar baru yang belum ada pesaing    
  3. Mendobrak pertukaran nilai biaya    
  4. Memadukan keseluruhan sistem kegiatan perusahaan dalam mengejar diferensiasi dan biaya rendah    
  5. Menciptakan dan menerima permintaan baru

Red Ocean

  1. Memerangi kompetisi
  2. Bersaing dalam pasar yang sudah ada
  3. Memilih antara nilai biaya (value cost trade off)
  4. Memadukan keseluruhan sistem kegiatan perusahaan dengan pilihan strategis antara diferensiasi atau biaya rendah
  5. Mengeksploitasi permintaan yang ada

Cara Membuat atau Menerapkan Blue Ocean Strategy

cara membuat blue ocean strategy
Bagaimana cara menerapkan blue ocean strategy tersebut sebagai usaha pengembangan bisnis kita? berikut langkah-langkahnya:

1. Eliminate (Menghapus)
Langkah pertama penerapan blue ocean strategy adalah dengan menghapus  hal-hal yang tidak bernilai dari produk. Cara ini diharapkan mampu memaksimalkan fitur, bagian ataupun nilai yang ada. Tunjukkan dan tunjukkanlah apa yang menjadi kelebihan bisnis Anda.

2. Reduce (Mengurangi)
Jika sebelumnya menghapus nilai yang tidak perlu, pada tahapan ini kita tak menghapus seluruhnya, hanya mengurangi porsi dari nilai yang sifatnya kurang namun tetap dibutuhkan. Sehingga produk akan lebih fokus pada hal-hal yang membawa nilai dan pengaruh besar.

3. Raise (Meningkatkan)
Kita telah menghilangkan dan mengurangi fitur juga nilai yang dianggap kurang membawa pengaruh, sebaliknya kita harus meningkatkan  standar dari fitur dan nilai apa yang menjadi keunggulan produk. Pada hal ini, peluang untuk menemukan hal pembeda dari competitor akan terbuka lebar.

4. Create (Menciptakan)
Tindakan atau langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menciptakan sesuatu berbeda yang belum pernah ada di industri tersebut. Hal tersebut bisa berupa gagasan atau terobosan yang mampu menarik minat dan perhatian konsumen. Tunjukkan fitur penting serta nilai yang memberikan manfaat serta sesuatu yang lebih bagi konsumen.

 

Tips Penerapan Blue Ocean Strategy

Dalam menerapkan blue ocean strategy tersebut, terdapat beberapa tips yang bisa Anda jalankan, yaitu:
 
  1. Fokus Pada Pasar, pikirkan dan ciptakan konsep bisnis yang belum terbayangkan oleh kompetitor.
 
  1. Ciptakan Inovasi, fokus pada produk yang inovatif, unik dan memiliki nilai lebih.
 
  1. Buat Slogan, kita bisa buat tagline atau slogan yang unik serta menciptakan kesan yang menempel di benak konsumen.

Nah itulah informasi tentang blue ocean strategy. Pada dasarnya, blue ocean strategy adalah suatu bagian dari strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha. Diharapkan dengan menggunakan strategi ini, kita mampu menarik minat masyarakat karena memang adanya sesuatu hal baru juga unik yang kita tawarkan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing dari Daya.id sebelum menjalankan blue ocean strategy ini.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS