Dirilis

19 Januari 2021

Bisnis alat listrik tergolong sangat berpotensi untuk dijalankan. Apalagi, listrik terbilang sebagai salah satu kebutuhan utama untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Sejak membuka mata, hingga menutupnya kita seringkali berkaitan, berhubungan dan bersinggungan dengan listrik. Bayangkan jika tak ada alirannya, maka banyak dari kegiatan serta aktivitas kita yang akan terhambat. Berbicara tentang listrik tersebut, maka tak akan terlepas dari berbagai alat pendukung yang dibutuhkan agar alirannya bisa ada dan tetap berjalan baik oleh karenanya, bisnis alat listrik bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan bagi pemiliknya.

Tips Mudah Memulai Bisnis Alat Listrik untuk Pemula

Untuk memulai sebuah usaha, terutama bagi para pemula, kita perlu memikirkan dan menetapkan langkah-langkah apa saja yang hendak diambil. Berikut beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk mewujudkan keinginan membuka bisnis alat listrik, diantaranya:

1. Perhitungan Modal

Kebutuhan mendasar bagi bisnis alat listrik adalah modal. Kita perlu memperhitungkan berapa kiranya budget yang dibutuhkan. Lakukanlah survey harga alat-alat listrik yang akan disediakan, termasuk biaya tempat jika sewa dan berbagai dana operasional lainnya.

2. Tentukan Harga Jual

memulai bisnis alat listrik
Salah satu hal penting bagi para pebisnis yaitu menentukan harga jual. Lalu, berapa harga yang cocok untuk produk saya? Sebaiknya harga yang ditetapkan tidak terlalu jauh dengan kompetitor. Istilahnya, jangan terlalu mahal, pun jangan terlalu murah.
Salah satu strategi yang bisa ditetapkan adalah mematok keuntungan yang relatif tidak terlalu besar pada alat dengan modal cukup besar. Dan sebaliknya, kita bisa mengambil keuntungan besar pada alat dengan budget yang kecil.

3. Tetapkan Strategi Promosi

Bisnis dengan promosi yang baik akan berdampak baik pula. Buatlah banner atau spanduk yang jelas dan bisa menyita perhatian calon pelanggan, beri kesan yang baik dan jalin hubungan yang baik pula dengan customer agar ia tak segan untuk kembali datang. Bahkan, kita bisa memberi sedikit potongan harga pada mereka yang sudah menjadi ‘langganan’ dan melakukan pembelian dalam jumlah banyak.
Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing dari Daya.id untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk memajukan bisnis alat listrik Anda.

4. Kualitas adalah Bagian Penting

tentukan harga jual alat listrik
Sebagaimana usaha lainnya yang menawarkan produk, bisnis alat listrik pun harus memiliki standar kualitas. Jangan sampai pelanggan merasa kapok untuk datang lagi ke toko kita. Kualitas tak hanya mencakup barang atau alat listrik saja, namun juga termasuk pelayanan yang diberikan. Bersikaplah ramah dan menyenangkan serta berikan penjelasan terhadap apa yang dibutuhkan customer.

5. Kelengkapan Barang

Kedua poin sebelumnya akan semakin baik jika didukung dengan kondisi toko dengan kelengkapan barang. Hal ini akan menghindari adanya lost sales atau keadaan dimana hilangnya penjualan yang bisa disebabkan karena ketidak tersediaan barang.
Alat listrik memang bukan merupakan barang dengan perputaran cepat seperti bahan pangan. Untuk itu, manajemen stok pun perlu diorganisir dengan baik. Seperti contohnya jangan menumpuk barang terlalu banyak. Lebih baik tidak memiliki terlalu banyak barang tapi lengkap.

6. Kerjasama yang Baik dengan Supplier

Mempunyai hubungan dengan customer memang penting, namun ada hal lain yang dapat mendukung bisnis alat listrik agar lebih baik nantinya. Yaitu dengan melakukan kerjasama yang baik pula dengan pemasok alat yang kita jual atau yang sering dikenal dengan sebutan supplier. Hal ini bertujuan agar kita mudah untuk mendapat alat yang dibutuhkan terutama saat kondisi mendesak.

Berdasarkan kebutuhan masyarakat akan listrik di keseharian mereka, menjadikan bisnis alat listrik sebagai salah satu jenis usaha yang menggiurkan. Informasi di atas, bisa menjadi acuan bagi Anda, terutama para pemula yang ingin segera membuka usaha ini.
Untuk informasi lain terkait tips usaha dan produk keuangan lain, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi usaha dan keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri Anda di Daya.id dan nikmati berbagai layanannya!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS