Dirilis

06 Agustus 2020

Bisnis online telah menjadi salah satu metode bisnis yang paling diminati saat ini. Jika Anda merupakan pemula yang akan menjalani bisnis ini maka Anda harus tahu apa saja cara memulai bisnis online yang hasilnya menjanjikan. Setiap orang yang akan menjalankan bisnis secara online ini bisa sukses, asalkan dilakukan dengan cara dan langkah yang tepat.

Tips Memulai Bisnis Online yang Menjanjikan

Setiap orang yang ingin memulai bisnis tentu harus memperhatikan beberapa hal yang penting, seperti misalnya menentukan produk apa yang akan dijual atau bagaimana menjual produk yang berkualitas baik. 

Pada dasarnya, bisnis online dengan offline ini sama saja, tetapi ada beberapa kelebihan bisnis online dibanding bisnis offline yang membuat Anda harus mencoba mulai terjun ke bisnis online. Inilah beberapa tips atau cara memulai bisnis online yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis ini: 

1. Cari Apa yang Sedang Dibutuhkan oleh Pasar 
 cara memulai bisnis online secara tepat

Sebuah produk yang dijual dipasaran menjadi komponen yang vital di dalam bisnis online. Produk yang dijual juga harus sesuai dengan kebutuhan pasar, sehingga Anda memiliki potensi untuk memenangkan pasar tersebut. Jadi, langkah pertama yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis online adalah menentukan produk apa saja yang kira-kira dibutuhkan oleh pasar.

2. Cari Tahu Kekurangan dan Kelebihan dari Bisnis yang Akan Dijalankan

Langkah berikutnya, Anda harus fokus dengan di bisnis yang Anda pilih. Anda memerlukan data yang objektif supaya bisa menjadi pondasi bisnis yang kuat. Cari tahu kelebihan dan kekurangan dari bisnis tersebut. Serta jangan lupa mencari alternatif pemecahan masalah yang mungkin akan dihadapi. 

Anda bisa meriset pasar dengan cara mengamati apa yang sedang trend di pasaran. Salah satunya, Anda dapat mengamati apa saja produk dari mitra di Pasar Daya. Anda dapat mengikuti trend produk yang dijual di pasaran.

3. Amati Tren yang Ada di Sosial Media
cara memulai bisnis online dengan menentukan masalah

Anda bisa mencari tren apa saja yang sekarang sedang kekinian di sosial media. Banyak orang yang membuat review mengenai suatu produk/layanan tertentu sehingga Anda bisa melihat bisnis online apa yang kini sedang menjadi tren di sana. Cara mencarinya bisa dengan menggunakan kolom pencarian di sosial media, lalu cari apa saja yang diposting mengenai suatu produk/layanan oleh para pengguna sosial media tersebut.

4. Menganalisis Kompetitor

Anda juga harus mempelajari dahulu apa dan bagaimana kompetitor bekerja, atau berjualan secara online. Karena setiap kompetitor memiliki metode dan layanan yang berbeda-beda dalam berjualan. Anda juga bisa mempelajari kembali apa saja kelebihan dari kompetitor tersebut. Sehingga Anda bisa menentukan langkah apa saja yang harus dilakukan ketika bisnis online sudah mulai berjalan.

5. Mencari Model Bisnis

Riset sebelum memulai bisnis tidak hanya terbatas pada riset produknya saja, tetapi anda juga bisa memilih model mana yang cocok untuk mempromosikan produk Anda nantinya. Cara berjualan setiap orang tentu tidak sama, Anda bisa membuat ciri khas khusus pada shop online Anda dengan menggunakan model yang pas dan sesuai.

6. Menentukan Target Pasar

cek trend produk sebagai cara memulai bisnis online
Cara memulai bisnis online terakhir yang harus Anda lakukan adalah menentukan siapa saja yang masuk ke dalam target pasar Anda. Target pasar biasanya akan disesuaikan dengan produk atau layanan yang Anda jual. Target ini merupakan orang-orang yang memiliki karakteristik dan kemungkinan yang sama, yang akan membeli produk Anda.

Anda bisa menggunakan 6 cara memulai bisnis online untuk menjalankan bisnis secara online yang sedang tren di masyarakat. Dengan menerapkan berbagai cara dan strategi bisnis yang tepat, serta dengan konsistensi dan komitmen yang kuat, bukan tidak mungkin bisnis online yang Anda jalankan bisa meraih kesuksesan di masa mendatang. 

Untuk menuju bisnis yang sukses, Anda perlu mengakses informasi terbaik untuk bisnis. Itu bisa Anda dapatkan dengan menjadi member Daya.id melalui klik tombol “DAFTAR”. Dengan mendaftar, Anda bisa mengakses informasi yang ada di Daya.id secara tidak terbatas setiap harinya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Suwarto

28 Juni 2023

Oke

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS