Dirilis

23 Mei 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Meskipun banyak yang belum meliriknya sebenarnya usaha jasa pindahan kost peluangnya lumayan bagus. Terutama kalau Anda tinggal di daerah perkotaan dimana kost-kostan sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Mayoritas mahasiswa maupun pekerja di daerah perkotaan adalah pendatang yang tinggal di kost. Mereka ini seringkali merasa kerepotan mengangkut barang ketika akan pindah kost.

Nah, mengapa Anda tidak memanfaatkan peluang tersebut untuk mencari tambahan penghasilan. Dengan modal yang tidak terlalu besar Anda sudah bisa memulai usaha tersebut apalagi bidang jasa umumnya tidak mengenal kata rugi karena Anda hanya mengeluarkan biaya ketika ada yang menggunakannya.

 

Tips dan Cara Memulai Usaha Jasa Pindahan Kost

Anda tertarik untuk mencoba usaha tersebut namun bingung bagaimana harus memulainya? Silahkan simak tips dan caranya berikut ini.

 

1. Hitung Modal dan Analisis Bisnis 

siapkan modal jasa pindahan kost
Sebelum memulai usaha sangat disarankan untuk memperhitungkan lebih dulu apa saja dan berapakah modal yang diperlukan. Usaha jasa angkutan pindahan ini sebenarnya tidak membutuhkan modal yang banyak apalagi kalau Anda memang sudah mempunyai kendaraan bak terbuka seperti pick up atau truk.

Kalaupun Anda belum memiliki armada pengangkutannya tersebut bisa memulainya dengan menyewa dari orang lain. Sedangkan contoh perhitungan modal yang diperlukan dalam usaha jasa pindahan kost yaitu sebagai berikut :





 

2. Bekerja Sama dengan Komunitas Mahasiswa atau Platform Kost Mahasiswa

Sasaran dari usaha pindahan kost tentu saja adalah mahasiswa. Maka dari itu, agar bisa mendapatkan pelanggan, Anda bisa bekerja sama dengan komunitas mahasiswa. Berbagai komunitas ini bisa Anda temukan di media sosial seperti instagram. Misalnya adalah mahasiswa malang, mahasiswa jakarta, atau mahasiswa yang ada di kota Anda. 

Tidak hanya itu, di internet juga bisa Anda temukan platform kost mahasiswa seperti mamikos, dan sebagainya. Nah, Anda bisa mengajukan kerjasama atau promosi dengan platform tersebut. Dengan melakukan promosi di komunitas mahasiswa, besar kemungkinan para mahasiswa akan menggunakan jasa Anda ketika pindahan.

 

3. Lakukan Pemasaran yang Efektif

lakukan promosi jasa pindahan kost
Bagaimana orang bisa mengetahui usaha jasa angkutan pindahan kost yang Anda kelola kalau tidak ada pemasaran? Maka dari itu, lakukan pemasaran yang efektif baik secara offline maupun online. Anda bisa menawarkannya langsung kepada sanak saudara, kenalan dan teman-teman lain.

Mintalah kepada keluarga, saudara, teman dan kenalan tersebut untuk ikut menawarkan jasa pindahan kost Anda. Untuk tahap ini Anda bisa membuat  banner, flier, ataupun brosur untuk membantu pemasaran agar orang tahu dan tertarik menggunakan jasa angkutan pindahan milik Anda.

Sedangkan pemasaran online bisa Anda lakukan melalui media sosial. Misalnya seperti facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Anda juga bisa menggunakan fitur ads atau iklan media sosial seperti instagram ads atau facebook ads. Dengan begitu, jangkauan pemasaran Anda juga bisa menjadi lebih luas. 

Itulah beberapa cara untuk memulai usaha jasa pindahan barang anak kost. Usaha jasa pindahan kost selain tidak membutuhkan modal yang terlalu besar juga sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan Anda bisa menjadikannya usaha sampingan yang dikerjakan di sela waktu senggang pekerjaan utama Anda. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bagaimana cara menjalankan usaha yang baik dan benar. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS