Dirilis

26 Februari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Usaha kerajinan memang selalu memiliki tempat di pasaran, termasuk usaha kerajinan kayu. Kayu adalah salah satu material yang sudah sangat akrab digunakan oleh masyarakat Indonesia. Baik menjadi material bangunan rumah atau sebagai bahan material membuat furniture, kayu memiliki nilai ekonomis dan kegunaan yang tinggi. 

Hal inilah yang juga membuat usaha kerajinan kayu terbilang sangat menjanjikan untuk dijalankan. Apalagi jika dikelola dengan baik dan bisa meraih hati masyarakat, pasti usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar bagi para pelakunya. Nah, agar bisa sukses dan laku dipasaran, bagi Anda yang ingin memulai usaha kerajinan kayu, Anda harus mengetahui tips dan cara memulai usaha ini dengan benar. 

Cara Memulai Bisnis atau Usaha Kerajinan Kayu yang Kreatif

Inilah beberapa cara untuk memulai usaha kerajinan kayu yang laku dan laris dipasaran: 

1. Perhatikan Kualitas Kayu yang Digunakan

memperhatikan kualitas kayu
Ketika Anda ingin menjalankan usaha di bidang kerajinan kayu, maka Anda harus memperhatikan kualitas kayu yang nanti akan digunakan. Pilihlah jenis kayu dengan kualitas terbaik karena tentu pembeli akan memilih kerajinan kayu yang memiliki kualitas tinggi dan dibuat dengan maksimal. Tidak hanya itu, seiring dengan kualitas yang Anda jual, keuntungan yang akan Anda dapatkan juga bisa hadir dalam jumlah yang cukup besar. Maka dari itu, pastikan untuk memilih jenis kayu yang berkualitas sebagai bahan material membuat kerajinan dari kayu. 

2. Bergaul dan Mengenal dengan Lingkup Furniture

Sebaiknya banyak-banyaklah berkenalan dengan orang-orang yang berpengalaman di bidang usaha furniture. Supaya Anda memperoleh banyak pengalaman di bidang usaha tersebut. Anda juga akan mendapat ilmu, konsumen atau relasi di bidang usaha kayu itu sendiri. Dengan ilmu dan pemahaman mengenai dunia kerajinan dan furniture yang cukup, Anda bisa memiliki wawasan dan kepandaian yang tinggi dalam mengelola usaha kerajinan kayu nantinya. 

3. Mampu Mengikuti Tren Produk yang Disukai oleh Masyarakat

mengikuti tren kerajinan kayu yang disukai masyarakat
Sama halnya dengan usaha di bidang fashion dan bidang lainnya, mode tren kayu masa kini juga akan selalu mengalami perkembangan. Dengan mengikuti tren kayu saat ini maka Anda harus tahu apa saja jenis kerajinan kayu yang banyak diminati dan disukai oleh para pelanggan. Dengan mengikuti tren ini, maka Anda bisa selalu berinovasi untuk menciptakan model kerajinan kayu yang memang sedang dicari dan dibutuhkan oleh pelanggan. 

4. Memilih Karyawan yang Sudah Berpengalaman

Jangan lupakan karyawan yang nanti akan bekerja di tempat Anda. Pilihlah karyawan yang berpengalaman untuk menjamin kualitas produk kayu yang nanti dihasilkan. Karyawan akan menjadi aset yang berharga dalam usaha kerajinan kayu ini. 

Sebab pada dasarnya, seni pembuatan kerajinan kayu tergantung kelenturan karyawan tersebut dalam mengolah kayu, untuk menghasilkan sesuatu yang indah. Maka dari itulah jangan sembarangan untuk memilih karyawan yang akan bekerja di usaha kerajinan kayu Anda. 

5. Kreatif dan Inovatif serta Manfaatkan Digital Marketing untuk Promosi 

Karena berkecimpung dalam dunia kerajinan, maka kreativitas dan inovasi adalah satu hal yang sangat penting untuk Anda miliki. Sebab, dengan mampu menciptakan produk yang kreatif, unik dan inovatif, Anda bisa memenangkan persaingan yang ada di pasar kerajinan kayu. Para pembeli pasti akan tertarik dengan produk kerajinan kayu yang kreatif dan inovatif. 

Tidak hanya soal produk kerajinan kayu, pemasaran juga menjadi hal yang tidak boleh Anda lupakan. Karena saat ini sosial media memiliki peran yang besar untuk sarana promosi, maka Anda bisa memanfaatkan sosial media ini untuk memasarkan produk kerajinan kayu yang Anda buat. Misalnya seperti Instagram, Facebook, Twitter dan sebagainya. Dengan begitu, jangkauan calon pembeli juga akan semakin luas. 

Itulah beberapa cara untuk memulai usaha kerajinan kayu yang laku dipasaran. Pada dasarnya, usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar bagi para pelakunya. Namun, memang diperlukan berbagai strategi dan cara agar kerajinan kayu yang Anda buat bisa laku dan laris dipasaran. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi dan trainer UMKM dari Daya.id sebelum memulai usaha ini. 

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga! 
 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.5

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS