Dirilis

23 Januari 2020

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Investasi emas (batangan, atau sering disebut juga dengan logam mulia) merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak digandrungi orang, dari anak muda hingga orang tua. Hal tersebut dikarenakan, jenis investasi yang satu ini memang menguntungkan dan juga berisiko rendah. Selain itu emas batangan juga harganya cenderung stabil. Jadi, Anda tidak perlu takut rugi.

Namun, emas merupakan investasi jangka panjang. Jadi, Anda harus menunggu dengan sabar kalau ingin hasilnya berlipat-lipat.

Misalnya, di tahun 2010 Anda membeli emas batangan seberat 20 gram dengan harga emas Rp300 ribu per gramnya. Jadi, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp6 juta. Sedangkan di Mei 2018, harga emas beli di Pegadaian yaitu sebesar Rp580 ribu pergramnya. Jadi kalau Anda memiliki 20 gram logam mulia, berarti saat dijual Anda bakal memperoleh uang sebesar Rp11.600.000. Berarti tanpa perlu repot, keuntungan yang Anda dapatkan dari investasi emas sebesar Rp5.600.000 (Rp11.600.000 – Rp6.000.000). Lumayan bukan?

Oleh karena itu, saat mendapatkan rejeki bonus kantor atau keuntungan usaha Anda sedang meningkat, jangan hanya dihabiskan buat bersenang-senang. Cobalah untuk membeli beberapa gram emas batangan.

Nah, buat yang masih bertanya-tanya di mana sebaiknya membeli emas batangan, berikut adalah enam tempat jual beli emas yang bisa dipilih. Yuk, simak!



1. Toko emas
Tempat paling umum melakukan jual beli emas adalah toko emas. Namun, tidak banyak yang tahu jika toko emas juga bersedia membeli emas batangan dalam jumlah yang cukup besar.

Bila Anda memiliki emas batangan tanpa sertifikat, sepertinya akan sulit menjual emas pada toko emas tersebut. Sebab, sertifikat tersebut merupakan jaminan keaslian yang biasanya menjadi syarat yang diminta bila Anda berminat menjual emas batangan.



2. Perusahaan ANTAM, Unit Antam atau Cabang ANTAM
Logam mulia atau emas ANTAM adalah logam mulia yang diproduksi oleh PT. Aneka Tambang Tbk (Dikenal dengan istilah PT. ANTAM). Sebagai informasi saja, PT. ANTAM adalah produsen emas di Indonesia. Anda juga dapat membeli emas di butik Antam yang terdapat di daerah-daerah seperti Surabaya, Bandung, Makassar, dan Palembang. Harga emas di kantor butik ANTAM memang sedikit lebih tinggi daripada di Gedung Pusat Antam. Namun harga emas di kantor cabang atau Butik Emas Antam di daerah-daerah sama.



3. Pegadaian
Anda juga dapat membeli emas atau logam mulia di kantor Pegadaian. Namun tidak semua Pegadaian melayani pembelian secara tunai. Hanya Pegadaian yang punya outlet Galeri 24 saja yang melayani pembelian secara tunai. Selain itu, Anda juga bisa membeli emas secara online lewat www.pegadaian.co.id. Tata cara pembelian tercantum pada situs tersebut.



4. Bank Syariah
Sejumlah Bank Syariah melayani pembelian emas. Apabila membeli emas di Bank Syariah, Anda bisa membelinya secara kredit, biasanya dengan menggunakan sistem akad jual beli (murabahah). Murabahah adalah perjanjian jual - beli antara bank dengan nasabah. Bank syariah membeli logam mulia (emas) yang diperlukan nasabah kemudian menjualnya kepada nasabah yang bersangkutan.

Tentu saja harga emas dari bank ke nasabah akan dikenai margin keuntungan yang telah disepakati bersama (bank dan nasabah). Pembelian emas di Bank Syariah juga lebih meringankan keuangan karena pembayarannya bisa lewat mekanisme cicilan per bulan. Bank Syariah juga menerima gadai emas yang telah dibeli dengan nilai hingga 95% dari harga pasar.



5. Toko Emas Online
Sebelum membeli emas di toko online, pastikan Anda mencari tahu toko emas online yang terpercaya dan menghindari membeli logam mulia palsu. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli emas dari toko online:
  • Harga emas yang ditawarkan.
  • Pilihan pembayaran (termasuk cicilan kartu kredit 0%).
  • Cek kembali apakah ada biaya adminstrasi terkait dengan cicilan kartu kredit. Biaya pengiriman dan asuransi saat mengirimkan logam mulia. Jika pengiriman bermasalah maka logam mulia yang dipesan akan lama sampai di rumah. Sebelum membeli tanyakan terlebih dahulu jasa pengiriman apa yang digunakan.
  • Customer service yang ramah dan solutif.
  • Promo dan kebijakan toko juga harus dipertimbangkan sebelum membeli emas di toko online.

6. Marketplace/E-Commerce
Anda juga dapat membeli emas di beberapa website marketplace, seperti Bukalapak, Tokopedia, dan sejenisnya. Namun satu hal yang harus dicatat, penjual di website marketplace adalah perorangan (kecuali BukaEmas yang dimiliki Bukalapak).  Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • Lihat reputasi.
  • Lihat review dan baca komentar.
  • Lakukan chat melalui platform marketplace atau WhatsApp dan telepon
  • Jika memungkinkan lakukan COD (cash on delivery), agar lebih aman.
  • Jika Anda menggunakan kartu kredit, cek kembali biaya administrasi.

Itulah enam tempat beli emas batangan yang bisa jadi pilihan Anda.

So, jangan bingung lagi buat mengumpulkan pundi-pundi rupiah Anda lewat investasi emas!
Selamat berinvestasi.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS