Dirilis

19 Maret 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Saat ini, digital marketing adalah strategi dalam dunia pemasaran yang paling banyak digunakan. Strategi pemasaran ini pada dasarnya menggunakan kekuatan dari internet atau dunia digital sebagai sarana promosi dari sebuah produk. Bagi Anda yang memiliki usaha, digital marketing ini bisa menjadi cara promosi untuk dilakukan. Inilah pengertian dan contoh dari digital marketing selengkapnya.

 

Pengertian Digital Marketing

digital marketing adalah
Digital marketing adalah suatu kegiatan promosi atau pemasaran sebuah produk menggunakan media digital (internet). Adapun tujuan dilakukannya digital marketing adalah untuk menarik calon konsumen atau konsumen secara cepat supaya membeli produk yang dipromosikan.

Dalam dunia bisnis, digital marketing memiliki peran yang sangat besar dalam kesuksesan suatu bisnis. Dimana promosi yang dilakukan bisa membuat bisnis mendapatkan keuntungan yang besar. Cara melakukan digital marketing juga sangat mudah karena memanfaatkan media digital saat ini.

 

Kelebihan Digital Marketing

Digital marketing memiliki banyak kelebihan sehingga banyak pelaku usaha yang menggunakannya. Apa sajakah kelebihannya? Berikut beberapa diantaranya:

 

1. Murah dan Efektif  

Kelebihan digital marketing yang pertama adalah murah dan efektif. Kenapa demikian? Karena jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional, digital marketing akan jauh lebih murah dan efektif. Hal ini tidak terlepas dari biaya yang digunakan, dimana menggunakan digital marketing bisa menghemat anggaran hingga 40%. Banyaknya masyarakat yang menggunakan media digital juga akan membuat pemasaran ini menjadi lebih efektif.

 

2. Kecepatan Penyebaran

Kelebihan selanjutnya yaitu dalam kecepatan penyebaran. Strategi pemasaran yang menggunakan media digital bisa dilakukan dengan sangat cepat, bahkan hanya dengan hitungan detik saja. Digital marketing ini juga bisa diukur secara tepat dan realtime.

 

3. Kemudahan Evaluasi

Kelebihan digital marketing yang terakhir adalah bisa memberikan kemudahan dalam melakukan evaluasi. Hal ini karena menggunakan media digital, hasil dari kegiatan pemasaran bisa langsung diketahui. Mulai dari informasi berapa banyak orang yang melihat produk, berapa lama produk ditonton, berapa persen konversi penjualan setiap iklan dan sebagainya. Setelah mengetahui informasi-informasi tersebut maka evaluasi bisa dilakukan dengan sangat mudah.

 

Contoh Digital Marketing

pengertian digital marketing adalah
 

1. Blogging

Salah satu contoh digital marketing adalah blogging. Blogging ini lebih fokus pada konten berupa tulisan. Contohnya seperti artikel, berita dan penerbitan konten online yang disesuaikan dengan bisnis. Blogging bisa membantu pengusaha atau pelaku usaha untuk mendapatkan keuntungan.

Melalui konten yang dibuat bisa ditambahkan dengan informasi kepada konsumen yang berkaitan dengan produk yang dijual. Semakin banyak konten yang digunakan, semakin banyak halaman yang dapat diindeks melalui mesin pencarian Google.

 

2. Social Media Marketing

Digital marketing bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan media sosial. Hal ini tidak terlepas dari pengguna media sosial yang sangat banyak. Sosial media bisa menjangkau semua jenis produk yang akan dipromosikan dengan berbagai macam pelanggan yang sesuai dengan produk yang dijual. Melakukan promosi dengan sosial media ada yang gratis dan juga berbayar. Beberapa contoh media sosial yang bisa digunakan adalah seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya.

 

3. Pay Per Click Ads

Pay Per Click merupakan salah satu jenis iklan yang memungkinkan iklan Anda bisa muncul di bagian halaman dari hasil mesin pencarian. Supaya produk yang Anda jual bisa dikenal orang banyak, maka harus mengisi kata kunci sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Tujuannya supaya ketika pelanggan memasukkan kata kunci pada mesin pencarian yang juga sesuai dengan produk Anda, maka iklan yang Anda buat akan muncul di bagian atas halaman. Hal ini pasti akan meningkatkan promosi atau pemasaran yang Anda lakukan.

 

4. Email Marketing

Salah satu sosial media yang bisa digunakan untuk melakukan digital marketing adalah Email Mmarketing. Hal ini dikarenakan email bisa menjangkau hampir seluruh penggunanya. Selain itu, hampir semua orang memiliki email yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk Anda.

Nah itulah pengertian dan contoh digital marketing. Dari informasi ini, dapat diketahui bahwa digital marketing adalah sarana promosi yang menggunakan kekuatan digital sebagai media untuk mendapatkan pembeli. Cara ini sangat efektif untuk dilakukan mengingat pengguna digital juga sangat banyak di seluruh dunia. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli digital marketing dari Daya.id seputar penerapan digital marketing ini untuk menunjang usaha Anda.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.9

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Rhein Mahatma

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS