Dirilis

18 September 2018

Penulis

Tim Daya Tumbuh Usaha

Jack Ma adalah pendiri Alibaba.com, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Ia merupakan warga Tiongkok daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai orang terkaya di dunia.

Tentunya kesuksesan yang diraih Jack Ma tidak lepas dari keyakinan dan kerja kerasnya selama bertahun-tahun. Ia tidak dilahirkan dari keluarga yang kaya, dan juga bukan orang yang memiliki prestasi menonjol di sekolah. Bahkan Jack Ma pernah ditolak Universitas Harvard sebanyak 10 kali.

Setelah lulus dari bangku kuliah, ia tak kunjung mendapat pekerjaan. Ia gagal mengikuti tes polisi, dan juga mengalami penolakan ketika melamar kerja di salah satu rumah makan ayam goreng khas Amerika Serikat. Namun, kegagalan yang ia alami tidak membuatnya putus asa. "Ketika saya tidak mendapatkan pekerjaan yang baik, maka saya mendirikan usaha sendiri," ujarnya. Jack Ma pun sukses membalikkan nasibnya.

Penasaran apa rahasia Jack Ma? Berikut adalah beberapa kutipan yang menjadi pesan darinya untuk orang yang ingin meraih kesuksesan.

1. Berani untuk Bermimpi
Jack Ma pernah mengatakan bahwa salah satu kunci kesuksesan Alibaba.com adalah berani bermimpi. Maka itu, jagalah agar mimpi itu tidak padam. Kelak suatu hari, mimpi tersebut bisa menjadi kenyataan.

2. Pantang Menyerah
Jangan menyerah, karena Anda tetap punya kesempatan. Ketika orang tidak percaya bahwa Anda bisa, Anda harus fokus dan mengandalkan otak, bukan kekuatan.

3. Jangan Mengeluh
Ketika masalah datang, sebagian orang pasti akan mengeluh. Sementara yang lainnya akan mencari solusi dan peluang untuk berubah. Untuk bisa sukses, jangan hanya mengeluh, tapi temukan cara bagaimana kendala tersebut bisa teratasi.

4. Keluar dari Zona Nyaman
Kadang seseorang terlalu takut untuk keluar dari zona nyamannya karena berpikir "Saya tidak bisa." Sekali dalam hidup Anda, cobalah berubah dan keluar dari zona nyaman itu tersebut, serta berpikir bagaimana caranya berpikir beda. Gunakanlah otak Anda sendiri untuk berpikir. "Akan terlambat membetulkan atap saat musim hujan terlanjur datang, pinjamlah payung selagi matahari masih bersinar." Dengan begitu, Anda akan bisa menemukan banyak hal dan juga pengalaman baru lainnya.

5. Fokus
Jack Ma mengakui bahwa dirinya kerap mendapatkan banyak ide, masukan, dan saran dari berbagai pihak. Namun sebagai seorang CEO, ia tidak segan mengatakan "tidak" dan tetap fokus pada tujuan awal perusahaan, yaitu memudahkan hidup orang banyak. Sebagai gambaran, ketika ada sembilan kelinci di tanah, Anda hanya ingin menangkap satu kelinci saja, maka fokuslah dengan kelinci tersebut. Sama halnya ketika Anda sudah memiliki satu tujuan, fokuslah dengan tujuan tersebut.

Pesan tambahan dari Jack Ma, "Sukses hanya untuk yang tak mengeluh." Mulai sekarang, berhentilah mengeluh, buatlah perubahan dan tindakan. Bekerjalah dengan giat untuk diri Anda sendiri dan pikirkan manfaat untuk banyak orang.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Lucky Lombu

18 September 2018

Inspiratif. Setuju banget sama analogi menangkap kelincinya. :)

Balas

. 1

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS