Dirilis

31 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Tidak selalu hanya usaha di bidang kuliner dan fashion saja, tetapi peluang usaha ternak sebenarnya juga tidak kalah menjanjikan untuk dijalankan. Tingginya peluang usaha di bidang ternak ini dapat dibuktikan dengan tingginya gap atau jarak antara kebutuhan dan pasokan produk peternakan yang ada di Indonesia. Ini juga ditunjang dari data Badan Statistik Nasional yang menyebutkan bahwa angka impor daging dan susu masih sangat tinggi. Dengan fakta tersebut, maka peluang Anda untuk menjalankan usaha di bidang ternak ini tentu masih sangat lebar.

 

Peluang Usaha Ternak di Indonesia yang Menjanjikan dan Menguntungkan


Bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha di bidang peternakan, sebaiknya Anda melihat peluang usaha ternak apa saja yang cocok dijalankan di Indonesia saat ini:

 

1. Ternak Sapi Pedaging




Indonesia menjadi negara importir paling besar se-Asean. Di beberapa momen khusus seperti idul adha dan idul fitri Indonesia mengalami kelangkaan daging sapi. Maka hal itu menunjukkan bahwa peluang usaha di bidang ternak sapi pedaging ini sangat tinggi dan terbuka lebar. Apalagi harga daging sapi di Indonesia terbilang tinggi.

 

2. Ternak Sapi Perah

Sama dengan komoditi daging, komoditi di bidang susu juga masih belum terpenuhi di negara Indonesia. Itulah sebabnya peluang usaha dalam bidang ternak sapi perah yang ada di Indonesia menjanjikan sekali. Apalagi pakan ternak berwarna hijau di Indonesia juga sangat banyak dan murah.

 

3. Ternak Lele




Lele menjadi salah satu jenis ikan tawar yang banyak sekali dikonsumsi di masyarakat Indonesia. Maka usaha ternak di bidang ikan lele ini juga sangat terbuka lebar. Ikan lele adalah jenis ikan yang memiliki daya tahan yang tinggi. Ditambah dengan proses budidayanya yang cukup mudah. Sehingga cara mempelajari budidaya ikan lele juga tidak sulit.

 

4. Ternak Ikan Hias

Menurut data statistik dari Badan Statistik Nasional, Singapura adalah salah satu negara tertinggi penghasil ikan hias. Padahal seperti yang kita tahu, Singapura bukan negara yang luas. Jadi, ikan hias yang dihasilkan di Singapura ini merupakan impor dari Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa peluang usaha untuk ikan hias ini di Indonesia juga sangat besar. Ikan hias memerlukan lahan yang lebih kecil dalam budidaya. Dibandingkan dengan ikan konsumsi. Namun begitu, harga jual ikan hias ini  jauh lebih mahal dari ikan konsumsi.

 

5. Ternak Cacing Sutra

Peluang usaha dalam bidang ternak hewan lainnya yang juga potensial adalah cacing sutra. Harga cacing sutra per liter bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Padahal aktivitas budidaya dari cacing sutra ini tidak memerlukan modal yang besar. Angka permintaannya juga stabil, karena cacing sutra menjadi pakan alami terbaik untuk larva ikan. Sehingga semuanya saling berkesinambungan.

Itulah beberapa jenis peluang usaha ternak yang sangat potensial di era yang modern saat ini. Mulai dari ternak sapi pedaging, ternak lele, ternak ikan hias, dan juga cacing sutra semuanya bisa Anda pilih sesuai preferensi dan passion Anda. Anda juga bisa menggunakan teknik pemasaran modern yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha ternak ini. Dengan begitu, jangkauan konsumen bagi produk peternakan Anda juga bisa menjadi lebih besar lagi.

Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id sebelum menjalankan usaha ini. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan bekal  yang lebih matang dalam menjalankan usaha. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

31 Januari 2021

terimakasih daya.id,nambah wawasan banget niy

Balas

. 0

Aliah Abdullah

31 Januari 2021

terimakasih daya.id,nambah wawasan banget niy

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS