Dirilis

29 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Seperti yang kita ketahui, usaha warung kopi memang sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat beberapa tahun belakangan ini. Terutama warung kopi kekinian yang digandrungi oleh anak muda. Warung kopi kekinian ini juga bisa dicoba oleh siapapun, bahkan bagi para pemula sekalipun.  Kuncinya hanyalah kuasai tips apa saja yang akan membantu usaha warkop menjadi laris dan sukses.

Tips Membuka Warung Kopi agar Sukses dan Laris Manis

Inilah beberapa tips untuk membuka usaha warung kopi kekinian yang sukses dan laris manis:

1. Menetapkan dan Menyediakan Modal Bisnis

Bagaimanapun usaha jenis apapun akan membutuhkan modal baik berupa uang, tempat ataupun peralatan. Kalau tempat dan peralatannya sudah ada berarti Anda tinggal memikirkan berapa besar modal uang yang dibutuhkan. Besarnya modal ini juga akan bergantung pada perencanaan usaha warung kopi yang akan Anda buat. Semakin lengkap dan besar warung, maka Anda juga harus menyiapkan modal yang besar.

2. Merencanakan Target Pasar

Sebelum membuka usaha tentukan dulu siapa dan kalangan apa saja yang akan dijadikan target pasar atau konsumen terbesar. Dengan mengetahui siapa yang akan disasar menjadi konsumen utama maka Anda bisa lebih mudah menerapkan konsep usaha. Contohnya desain warung kopi atau cafe yang bisa disesuaikan dengan selera target pasar tersebut. Menetapkan target pasar juga akan membantu Anda untuk menentukan berapa harga kopi yang dijual nantinya. Kalau target pasarnya adalah anak muda dan mahasiswa jual kopi dengan harga yang terjangkau.

3. Mencari Pemasok atau Supplier

Mencari pemasok atau supplier yang akan menyediakan kopi untuk warung Anda berhubungan erat dengan siapa target pasar Anda. Jika Anda menyasar pada konsumen anak muda dan mahasiswa dimana mayoritas belum memiliki pendapatan sendiri carilah supplier yang murah. Kopi yang Anda beli dengan harga murah dari supplier pastinya akan membantu Anda untuk bisa menjual produk dengan harga murah juga pada konsumen. Kalau Anda membeli dari supplier yang sudah mahal tentunya nantinya malah akan membuat Anda nombok atau rugi.

4. Buat Konsep Bisnis dan Tetapkan Lokasi

Konsep ini akan berhubungan erat dengan branding dari warung kopi Anda. Mengingat cukup banyak usaha sejenis maka sebaiknya Anda membuat konsep yang berbeda agar memiliki branding yang kuat. Namun perlu diingat, apapun konsep yang Anda buat untuk warung kopi tersebut tetap utamakan faktor kenyamanan konsumen.
Setelah konsepnya jelas carilah lokasi strategis yang sesuai dengan konsep yang dibuat. Kedua hal ini akan saling mendukung sehingga orang tertarik datang ke warung kopi atau cafe Anda. Buat beberapa alternatif lokasi seperti dekat sekolah, kampus,kantor dan lainnya. Setelah itu perhitungkan mana yang paling sesuai dengan konsep usaha Anda tersebut.

5. Lakukan Promosi

Promosi adalah salah satu cara agar orang lain mengetahui dan mengenal usaha yang Anda buat. Anda bisa membuat promosi melalui media sosial seperti IG, FB dan lainnya. Atau juga dengan cara konvensional yaitu menyebarkan flier.  Alangkah bagusnya kalau Anda memulai promosi dari keluarga dekat dan kenalan. Ajak mereka untuk mampir ke warung kopi Anda. Jadikan mereka sebagai “media promosi” baru yang akan menyebarkan tentang usaha Anda ke orang lainnya lagi.

Usaha warung kopi menjadi ide bisnis yang cukup bagus dan menjanjikan mengingat masyarakat kita memang suka ngopi dan menghabiskan waktu dengan nongkrong di warung kopi. Apalagi jika Anda membuka warung kopi yang kekinian dan disukai anak muda. Maka, peluang warung kopi untuk lebih ramai lagi akan terbuka lebar.

Anda bisa coba cek beberapa referensi bisnis kopi di fitur Peluang Usaha minuman, seperti Lain Hati, Kopi Yor, Bencoolen, dan sebagainya.. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan praktisi & trainer UMKM dari Daya.id.

Dengan berkonsultasi kepada ahlinya, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan bekal yang matang untuk memulai usaha ini. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Dikutip dari Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS