Dirilis

27 Juni 2021

Penulis

Peni Hidayah

Cukup banyak orang alih profesi menjalankan bisnis kuliner di tengah pandemi COVID-19 ini. Bisnis kuliner yang memproduksi makanan tanpa restoran fisik salah satu konsep yang cukup ramai dibicarakan, yang disebut dengan konsep ghost restaurant atau ghost kitchen

Ghost Restaurant atau Ghost Kitchen berfokus pada sistem penjualan secara online. Ditambah lagi dengan semakin berkembangnya aplikasi transportasi online yang merambah jasa pengiriman makanan, menjadikan ghost restaurant semakin berkembang pesat di tengah pandemi COVID-19 ini.

 

Kenali Konsep Bisnis Ghost Restaurant atau Ghost Kitchen

Konsep Bisnis Ghost Restaurant atau Ghost Kitchen


1. Kesempatan Menghemat Modal dan Operasional Bisnis

Model bisnis kuliner ini memberi kesempatan bagi si pebisnis dengan modal lebih murah dan lebih cepat serta lebih hemat biaya operasional, karena:
  • Tidak perlu mempekerjakan banyak pelayan untuk melayani pelanggan yang hadir. 
  • Tidak perlu ruang lebih luas sebagai tempat makan dan minum para tamu yang datang. Cukup menyediakan tempat serta fasilitas dan perlengkapan untuk memproses hidangan yang siap diambil jasa kirim makanan. 
  • Terakhir, Anda juga tak perlu mengeluarkan uang untuk dekorasi ruang makan seperti restoran tradisional pada umumnya, bukan?

 

2. Kesempatan Mengoptimalkan Dapur Anda

Pemilik restoran pada umumnya selalu memikirkan bagaimana caranya bisa memperluas dapurnya, karena faktor tempat yang sudah dibagi dengan ruangan lain seperti ruang makan, ruang tunggu tamu, resepsionis, dan sebagainya.

Namun dalam konsep ghost restaurant ini, Anda berkesempatan untuk mengoptimalkan dapur karena tidak harus terbatasi dengan pembagian ruangan semacam itu.

 

3. Peluang Anda untuk Mengurangi Dampak Sisa Makanan

Biasanya kalau di restoran pada umumnya mengalami masalah yang berkaitan dengan sisa makanan atau minuman yang disajikan. Untuk ghost restaurant, bisa jadi hal tersebut tidak berlaku karena tentunya setiap makanan akan dikirimkan ke tempat pelanggan dan dimakan di tempat lain. Jadi kalaupun ada sisa makanan, maka bukanlah restoran tersebut yang harus mengurusnya.

 

4. Memanfaatkan Teknologi 

Ghost restaurant tidak seperti restoran pada umumnya yang dapat dikunjungi untuk makan secara fisik, namun mereka tetap mendapatkan pelanggan. Caranya adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti aplikasi online hingga memanfaatkan sarana digital marketing.

Guna memudahkan masyarakat mengenal bisnis mereka dan apa saja hidangan yang ditawarkan, umumnya mereka memanfaatkan website, blog hingga akun media sosial. Anda juga bisa bekerja sama dengan aplikasi lain yang khusus melayani pengiriman makanan maupun minuman, sehingga orang-orang yang ingin memesan makanan atau minuman secara online dapat membeli lewat aplikasi tersebut.

 

5. Mudah dan Cepat Buka Cabang

Ada pebisnis restoran atau rumah makan yang sudah berhasil dan mencapai target, mereka memilih membuka cabang dengan konsep ghost restaurant. Mereka merasa membuka cabang dengan ghost restaurant dirasa lebih cepat, karena banyak hal-hal berupa administrasi yang tidak perlu terlalu pusing untuk dipikirkan dan ada kemudahan dalam penentuan lokasi, tempat, dan dan penentuan luas bangunan yang diinginkan (dapat dimulai dari rumah sekalipun).

 

Kiat Berjualan Bisnis Ghost Restaurant atau Ghost Kitchen

Kiat Berjualan Bisnis Ghost Restaurant atau Ghost Kitchen

Karena fokusnya adalah dilakukan secara online, kiatnya:

 

1. Buatkan Menu Online

Tidak hanya untuk cara order, tapi juga tampilan menunya. Buat tampilan bisnis Anda menjadi lebih keren serta kekinian, dan Anda juga harus menambahkan logo dan berbagai foto varian menu Anda agar lebih menarik pembeli.

 

2. Mudah untuk Dipesan

Pastikan menu online Anda mudah untuk dipesan. Anda bisa memanfaatkan aplikasi untuk menambah opsi pesanan misal seperti memanfaatkan aplikasi Gofood, Grabfood atau langsung lewat Whatsapp ke nomor WA bisnis Anda.

 

3. Iklankan Bisnis Ghost Restaurant Anda

Karena konsep bisnis Ghost Restaurant fokusnya secara online, maka untuk pemasaran Anda pun bisa memanfaatkan media online yang ada seperti media sosial ads (Facebook ads, Instagram ads, dan sebagainya) atau pemasaran melalui marketplace.


Model bisnis kuliner yang satu ini layak untuk Anda coba jalankan. Apalagi mengingat karakter masyarakat pada saat ini, di mana sebagian besar orang menyukai hal yang serba instan dan juga praktis. Sehingga mereka tidak perlu repot menyiapkan makanan atau harus pergi keluar rumah untuk membeli makanan, dimana hal tersebut selalu menjadi alasan orang untuk membeli makanan dari aplikasi pengantaran makanan online.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli digital marketing dari Daya.id seputar kiat menjalankan bisnis secara online.

Untuk mendapatkan informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id Anda bisa mendapatkan semua informasi usaha dan keuangan yang dapat Anda akses secara gratis dan sangat mudah. Jadi, segera kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS