Dirilis

29 Maret 2021

Pernahkah Anda mendengar mengenai bisnis konsultan? Bisnis ini cukup banyak diminati karena tingginya kebutuhan akan seorang konsultan. Selain itu, karir sebagai seorang konsultan juga dianggap sebagai jenjang karir yang sangat menarik dan bisa mendatangkan penghasilan dalam jumlah besar. Pada dasarnya, konsultan merupakan seorang penasihat yang dipekerjakan oleh suatu bisnis untuk tujuan tertentu.

Seorang konsultan bisa membantu suatu bisnis di hampir seluruh aspek operasi pelaku bisnis tersebut. Misalnya dalam hal keuntungan, efisiensi hingga penjualan. Meski dianggap sebagai karir yang menarik, bisnis konsultan juga memiliki tantangan tersendiri karena persaingan yang tinggi diantara konsultan lain. Untuk itu dibutuhkan keahlian dan strategi yang tepat agar bisnis konsultan yang Anda lakukan bisa memenangkan persaingan.

 

Cara Memulai Bisnis Konsultan dengan Langkah yang Tepat


Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti dunia konsultan, inilah cara memulai bisnis ini dengan langkah dan cara yang tepat:

 

1. Memilih Pangsa Pasar yang Sesuai

pilih pangsa pasar bisnis konsultan
Pada saat Anda mempertimbangkan untuk membuka bisnis di bidang konsultan maka Anda harus sudah memiliki target. Misalnya target pasar mana yang akan Anda pilih. Anda juga harus menentukan jenis layanan yang akan diberikan pada klien.

Berikut ini bidang konsultasi yang bisa Anda pilih:
  1. Konsultasi manajemen
  2. Konsultasi proses bisnis
  3. Penjualan
  4. Teknologi web, informasi dan komputer
  5. Bisnis intelijen dan data
  6. Hubungan pemasaran dengan masyarakat
  7. Sumber daya manusia
  8. Keuangan dan akuntansi

Anda bisa memilih salah satu dari sekian jenis konsultan tersebut untuk digeluti. Setelah itu, fokus pada pengembangan konsultan yang sudah Anda pilih.

 

2. Merencanakan Penawaran Layanan Konsultasi dan Penetapan Harga

Jika target industri pasarnya sudah dipilih maka persempit layanan dengan memilih jenis masalah apa saja yang ingin Anda selesaikan. Anda bisa membuat layanan penawaran yang memberikan detail tentang tugas atau proyek untuk para klien. Misalnya Anda memilih konsultan di bidang keuangan dan akuntansi. Maka buat layanan konsultasi apa saja yang sekiranya dibutuhkan oleh perusahaan di bidang tersebut.

Setelah itu, tetapkan harga layanan konsultasi Anda. Penetapan harga bisa dilakukan dengan cara melihat tugas, jam konsultasi, tingkat kesulitan proyek dan lain sebagainya. Perhitungkan dengan matang mengenai penetapan harga ini.

 

3. Memperoleh Klien yang Pertama

dapatkan klien pertama bisnis konsultan
Sebaiknya Anda fokus pada perolehan klien di awal Anda membuka bisnis konsultan ini. Usaha serta waktu Anda tentunya akan diinvestasikan untuk hasil penjualan serta membangun hubungan pertama dengan orang yang akan menjadi klien Anda. Tujuannya supaya mencegah fokus Anda ke pekerjaannya saja, bukan bagaimana cara mendapatkan pelanggan.

 

4. Mencari Koneksi yang Berkualitas

Koneksi juga akan sangat penting dalam bisnis konsultan, untuk itu usahakan untuk mencari koneksi seluas-luasnya. Dalam membangun jaringan koneksi, Anda akan menjangkau orang lain yang memiliki karya yang menarik. Mereka juga bisa memperkenalkan Anda pada calon-calon klien yang berkualitas.

Contohnya, pada saat Anda menjadi seorang konsultan dalam bidang bisnis intelijen sebuah firma maka Anda bisa mengenali orang-orang yang terkait dengan firma tersebut. Mereka juga bisa menjadi calon klien yang berkualitas bagi bisnis Anda. Termasuk orang-orang yang juga berkaitan dengan suatu organisasi untuk profesional hukum. Mereka juga mungkin memiliki kenalan yang bisa menjadi klien potensial bagi Anda.

Itulah beberapa langkah dan cara memulai bisnis konsultasi yang bisa Anda lakukan. Bisnis konsultan ini akan menjadi bisnis yang mengintimidasi, kompetitif, tapi juga menantang. Namun bisnis ini mampu berkembang jika diawali dengan langkah yang baik dan pengembangan yang matang. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer dari Daya.id seputar mengembangan usaha atau bisnis yang Anda miliki.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS