Dirilis

27 November 2023

Penulis

Wandany Muhamad Faitul (Mahasiswa SB IPB)

Anda pernah mendengar istilah home industry atau usaha rumahan? Ya, ini adalah salah satu contoh bisnis skala kecil yang mungkin cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis. 

Usaha rumahan adalah jenis usaha menciptakan, mengembangkan dan memasarkan produk atau jasa, yang dijalankan secara mandiri dan dilakukan di rumah. Karena dijalankan di rumah, maka usaha ini cukup fleksibel dan berpotensi menjadi alternatif penghasilan yang menjanjikan. 

Dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi industri, kini pemasaran produk rumahan dapat semakin mudah seperti penggunaan pesan antar makanan, penggunaan platform media sosial seperti Instagram dan WhatsApp, hingga beragam pilihan e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. 

 

10 Ide Bisnis Kreatif Rumahan

Untuk lebih memahami lagi usaha rumahan yang dapat dikembangkan, berikut merupakan 10 ide bisnis kreatif yang dapat dijalankan secara mandiri di rumah: 

 

1.    Catering Spesialis Event dan Acara Formal

Bisnis ini sesuai untuk anda yang menginginkan penyediaan layanan catering yang eksklusif untuk berbagai acara formal dan event khusus. Dengan berbagai pilihan menu yang dapat anda tawarkan juga pendekatan bisnis professional dan eksklusif, catering anda dapat bertumbuh menjadi mitra bagi acara perusahaan, kegiatan amal, hingga acara formal pemerintah.

 

2.    Gerai Makanan Inovatif

Bisnis ini cocok untuk anda yang memiliki ide kreatif dalam menciptakan hidangan inovatif dan menarik. Dengan konsep bisnis rumahan diatas, Anda dapat menyajikan makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga unik, seperti menggabungkan dua jenis makanan yang jarang di jual di pasaran. Dengan begitu, bisnis anda dapat dikenali sebagai bisnis kreatif dan digemari oleh banyak konsumen.

 

3. Kelas Bakery

Bagi anda pelaku rumah tangga yang memiliki kegemaran dan skill dalam membuat berbagai jenis makanan penutup, jasa pelatihan dan kelas bakery adalah kesempatan yang menarik untuk dicoba. Dengan basis utama pelatihan di rumah, peserta pelatihan dapat menikmati pelatihan yang intens juga nyaman. Kesempatan kelas ini juga dapat membuka relasi dan pengetahuan baru mengenai dunia bakery melalui diskusi dan sharing session. 

Baca juga: Langkah-langkah Membangun Bisnis Mie Ramen

 

4. Café Vintage dan Minimalis

Kebutuhan dan konsumsi produk teh, coffe, hingga kue jauh berkembang saat ini. Oleh karenanya mengubah sebagian area rumah menjadi kafe dengan konsep tertentu dapat menjadi kesempatan menarik bagi anda yang ingin memulai bisnis namun tidak ingin meninggalkan rumah. Konsep café saat ini sangat variative sehingga anda dapat mengadaptasi beberapa model café dan menciptakan konsep baru yang lebih nyaman dan berbeda.

 

5. Kelas Hidroponik dan Urban Farming

Bisnis ini cocok untuk anda yang tertarik dalam pertanian di ruang terbatas. Dalam kelas hidroponik dan urban farming, Anda dapat memandu peserta untuk menanam tanaman secara efisien di lingkungan perkotaan, memberikan mereka pengetahuan untuk menghasilkan makanan sendiri dengan ruang yang terbatas.

 

6. Workshop Pengembangan Keterampilan Anak

Konsep bisnis ini adalah kesempatan emas bagi anda yang gemar bermain dengan anak-anak. Dengan konsep pelatihan keterampilan anak, anda dapat membuat kurikulum belajar yang edukatif juga menyenangkan. Bisnis ini juga dapat menjadi kesempatan anda untuk lebih memahami model parenting dan berbagai potensi anak kedepannya. 

 

7. Jasa Sewa Mainan dan Properti Acara Anak

Jika Anda memiliki koleksi mainan dan properti yang menarik untuk acara anak-anak, Anda bisa mempertimbangkan untuk memulai bisnis ini. Anda dapat membantu orang tua dalam menyelenggarakan acara yang menyenangkan bagi anak-anak mereka dengan menyewakan berbagai mainan dan properti yang aman dan edukatif.

Baca juga: Strategi Menarik Kunjungan Pembeli di Usaha Rumahan Baru

 

8. Kelas Daur Ulang Sampah dan Limbah Tidak Terpakai

Bisnis ini sangat sesuai bagi Anda yang peduli terhadap lingkungan dan ingin mengajarkan pentingnya daur ulang kepada masyarakat. Dengan menyelenggarakan kelas daur ulang sampah dan limbah tidak terpakai, Anda dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta untuk mengelola sampah dengan cara yang ramah lingkungan. Melalui diskusi dan praktik langsung, kelas ini dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya daur ulang dan pengelolaan sampah. 

 

9. Produsen Makanan Viral

Jika Anda memiliki keahlian dalam memasak dan ingin menciptakan makanan yang unik dan menarik, menjadi produsen makanan viral bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebagai produsen makanan viral, anda dapat melihat tren melalui sosial media dan mengidentifikasi jenis panganan apa yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. Sebagai contoh tren pakaian oversized, demam es kepal milo, risol mayo, hingga seblak rafael yang viral beberapa decade terakhir. Dengan konsep bisnis adaptif seperti ini, anda selalu berpotensi untuk memiliki konsumen yang membeli karena FOMO atau sekedar penasaran.

 

10. Bisnis Buket dan Kado Kreatif

Bisnis ini cocok untuk Anda yang memiliki bakat dalam menciptakan buket dan kado yang unik dan kreatif. Dengan konsep bisnis rumahan di atas, Anda dapat menyajikan buket dan kado yang tidak hanya indah tetapi juga memiliki nilai artistik dan kreatif yang tinggi. Dengan sentuhan personal dan desain yang unik, bisnis buket dan kado kreatif Anda dapat menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari hadiah spesial dan berkesan.

Demikianlah pemaparan mengenai konsep home industry dan beragam ide bisnis yang dapat Anda coba. Setiap bisnis memiliki peluang dan tantangannya tersendiri. Penting sekali untuk dapat mengetahui sejauh mana profil bisnis yang Anda geluti, dan bagaimana cara mengembangkannya.

Namun, pembahasan tidak hanya sampai di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berdiskusi secara langsung, Anda dapat menggunakan salah satu fitur unggulan daya.id yaitu tanya ahli. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dan mendapatkan pengetahuan langsung dari para ahli di berbagai bidang.

Selain itu, Anda juga dapat membaca konten lainnya di daya.id untuk mendapatkan informasi dan inspirasi lebih lanjut tentang berbagai topik. Daftarkan diri Anda segera untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik dan memanfaatkan semua fitur yang tersedia. Kami berharap informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam merencanakan dan mengembangkan bisnis Anda. Terima kasih telah membaca dan semoga sukses!

Sumber:

Artikel : Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

4.9

32 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

UUN SOLEHAH

18 July 2024

Artikelnya sangat bermanfaat dan bagus sekali

Balas

. 0

Madsaleh

18 July 2024

Top mantap sekali daya.id

Balas

. 0

Rohyati

18 July 2024

Sukses selalu tetap menginspirasi

Balas

. 0

Junaedi

18 July 2024

Terimakasih daya.id sukses selalu

Balas

. 0

Rofai

17 July 2024

Mantap dan bagus sekali artikelnya

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Pendamping UMKM

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS