Dirilis

11 April 2022

Penulis

Arief Akbar

Bagi sebagian kita metaverse masih menyisakan banyak tanda tanya. Apa itu metaverse, bagaimana proyeksi bisnis di metaverse, dan seterusnya? Nah, untuk membantu Anda memahami hal tersebut, berikut ini pengertian, sejarah, dan peluang bisnis yang bisa Anda lirik di metaverse.

 

Arti Metaverse


Metaverse berasal dari kata meta artinya melampaui, dan verse artinya alam semesta. Jadi metaverse diartikan melampaui atau melebihi alam semesta. 

Metaverse digambarkan sebagai teknologi yang memungkinkan kita untuk berkumpul dan berkomunikasi bahkan beraktivitas dengan masuk dunia virtual. Di metaverse, kita bisa melakukan aktivitas seperti bekerja, bersosialisasi, belanja, bermain, investasi, hingga mengunjungi tempat-tempat bersejarah tanpa harus bepergian secara fisik.

Metaverse merupakan  kombinasi dari beberapa elemen teknologi seperti virtual reality hingga video, dimana kita seakan-akan hidup dalam dunia digital.

Teknologi yang digunakan di metaverse juga memungkinkan kita bekerja, bermain, dan tetap terhubung dengan teman-teman dalam segala hal, bahkan hingga perjalanan keliling dunia secara virtual. Menarik bukan?

Berdasarkan data survei Statista Februari 2022 lalu, 52% responden menginginkan untuk dapat masuk metaverse dan mendapatkan pengalaman bekerja di ruang virtual.
 

Sejarah Metaverse

Sejak Facebook Inc resmi berganti nama menjadi Meta Platforms Inc pada akhir Oktober 2021, istilah metaverse semakin dikenal luas. Perusahaan lain, seperti Google, Binance, Epic Games, Tencent, bahkan Microsoft pun semakin  fokus membangun metaversenya masing masing.   

Istilah metaverse sebenarnya bukan merupakan hal yang baru. Istilah metaverse dikenalkan pada tahun 1992 oleh penulis novel Neal Stephenson dalam Novel fiksi ilmiahnya yang berjudul Snow Crash. Dimana ia membayangkan ada avatar manusia berjumpa di lingkungan realitas virtual

Metaverse juga sudah dibahas sejak 2006 pada Metaverse Roadmap Summit, dan juga di lakukan studi tentang metaverse oleh organisasi nirlaba Accelerating Studies Foundation (ASF). Studi tersebut membahas tentang masa depan metaverse menurut prediksi para ilmuwan, perusahaan permainan/ game, para ilmuwan/  teknisi geospatial, dan media yang hadir pada Metaverse Roadmap Summit. Berdasarkan laporan tersebut, secara garis besar, ada empat skenario yang mungkin terjadi, yaitu Augmented Reality, Lifelogging, Virtual Worlds, dan Mirror World.

Sedangkan metaverse dalam perspektif Mark Zuckerberg, pengguna akan merasakan pengalaman dunia virtual mendekati dunia nyata. Karena pada metaverse mengunakan kombinasi lima teknologi yaitu media sosial, game online, Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan mata uang kripto (cryptocurrencies)

 

Perkembangan dan Peluang  Metaverse di Indonesia


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno, pada Januari 2022 mengatakan, metaverse adalah sebuah dunia virtual dimana pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas mulai dari berbelanja, bersosialisasi, mengambil bagian dalam kegiatan, berdagang, rekreasi, dan belajar di dalamnya. Bagi Anda para pelaku industri game, desain, digital, dan industri kreatif lainnya, hal ini akan menjadi lahan yang terbuka lebar untuk meraih banyak peluang. 

Melihat perkembangan metaverse di Indonesia dan dunia saat ini, Berikut ini merupakan  peluang usaha dari dunia metaverse yang dapat Anda persiapkan:

1. NFT Art

Peluang menjual karya seni berupa NFT bisa jutaan dolar, termasuk dengan membuat semacam galeri virtual di metaverse

Setelah karya didaftarkan dan terhubung dengan dompet digital, sang creator menunggu orang yang mau membeli atau menawarkan karya seni yang dibuat oleh creator tersebut

Mengutip dari Wallet Squirrel, Jumat (14/1/2022) ada karya seni bernama Bored Ape NFT yang dijual sekitar US$50 atau setara Rp715.000 (kurs Rp14.300). Dalam setahun bisa menghasilkan US$18 juta.

Baca juga: Penjelasan lengkap tentang NFT

 

2. Voxel

Voxel ini sebuah karya digital 3 dimensi. Voxel biasanya  ada di video games, yang bisa dibentuk menjadi bangunan, pakaian, mobil dan item lainnya di metaverse. Bentuk jenis Voxel bisa dijual di dunia metaverse, misalnya dalam bentuk NFT.

 

3. Konstruksi

Konstruksi bangunan tidak hanya dalam bentuk fisik saja, tetapi juga ada bentuk versi digitalnya. Bentuk digital ini dapat  dijual secara virtual di metaverse.

Salah satu contohnya yakni perusahaan Voxel Architects yang menjual konstruksi virtual/digital sebesar US$300.000 

 

4. Real Estate

Di dunia metaverse, mulai banyak  bermunculan perusahaan real estate virtual. Mereka menjual tanah virtual dalam metaverse. Perusahaan mendapatkan keuntungan dari komisi.

 

5. Iklan

Dalam dunia metaverse, kita juga bisa membuat platform periklanan. Seperti iklan pada umumnya, iklan di metaverse tetap menawarkan sebuah produk dari perusahaan kepada pengguna metaverse.

Misal yang sekarang dilakukan oleh brand sepatu ternama Nike. Perusahaan tengah merambah periklanan virtual di dunia metaverse.

 

6. Games/ Pemainan digital 

Dalam dunia usaha di bidang permainan digital/games juga bisa menjadi sumber uang di dunia metaverse. Salah satu contohnya, dalam sebuah games, Sandbox. Nah Sandbox adalah game online metaverse yang menawarkan token kripto SAND dan NFT.

Jadi, pengguna yang bisa membangun sebuah kota, lingkungan, hingga membuat avatar sendiri. Dengan item-item dan aksesoris yang dibuat tersebut, pengguna bisa menjualnya dalam bentuk NFT.

 

7. Karaoke

Dunia digital metaverse makin canggih, karaoke pun bisa dilakukan secara virtual. Kita juga bisa membangun bar karaoke sendiri. Selain itu, dalam dunia metaverse kita juga bisa menjual musik menjadi NFT.

 

8. Pakaian

Pakaian virtual bisa menjadi peluang usaha di metaverse. Biasanya pakaian digunakan untuk avatar pengguna agar lebih nyaman dan mirip dengan gaya seseorang.

Konsep pakaian virtual biasanya ada di sebuah games, yang menghadirkan avatar diri sendiri. Setiap avatar itu memerlukan pakaian dan aksesoris lainnya layaknya manusia pada umumnya.

Dari penjelasan dan contoh di atas,  peluang usaha  di dunia metaverse masih sangatlah luas. Melalui dunia metaverse, bukan lagi memasuki era transaksi digital saja, tapi era dimana sebuah karya digital yang dapat ditransaksikan telah dianggap memiliki nilai value yang tinggi.

Dengan memahami hal terkait metaverse dan peluang serta proyeksinya  dalam dunia usaha di atas, sudah saatnya Anda untuk merencanakan dan mencoba  usaha Anda dalam bentuk metaverse sehingga  dapat meningkatkan akuisisi dan pertumbuhan pelanggan Anda, sehingga usaha Anda bisa bertahan dan bertumbuh pada masa pandemi ini dan  meminimalisir bahkan mencegah kerugian yang akan terjadi pada usaha Anda di masa pandemi ini 

Anda juga bisa berkonsultasi dengan pakar dan praktisi Digital Marketing  dari Daya.id seputar masalah Metaverse ini.  Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun cerita sukses dari usaha lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi terkait usaha bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! Selamat berjuang dan  Bertumbuh di dunia metaverse!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS