Dirilis

06 Agustus 2020

Banyak orang yang mengalami PHK atau keluar dari pekerjaannya yang lama. Biasanya orang tersebut akan mencari pekerjaan yang baru atau memulai bisnis atau usaha tertentu. Namun dalam memulai bisnis atau usaha itu tentu tidak mudah, sehingga diperlukan tips memulai bisnis yang tepat setelah di PHK. 

Bertahun-tahun bekerja menjadi seorang karyawan kemudian beralih ke bidang usaha atau bisnis tentunya tidak mudah. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan bisnis tersebut dengan baik. Asalkan memiliki niat, tekad, dan kemauan yang tinggi serta didukung oleh pengetahuan tentang berbisnis yang cukup, maka usaha yang Anda rintis bisa dijalankan dengan baik. 

Tips Memulai Bisnis Setelah PHK

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai berbisnis setelah terkena PHK. Apalagi bisnis dengan modal besar kerugiannya juga bisa lebih besar, walaupun ada pula kemungkinan untung yang juga besar. Berikut ini tips memulai bisnis setelah Anda terkena PHK yang bisa membantu Anda dalam membuat perencanaan yang matang:

1. Menentukan Jenis dan Target Pasar dari Bisnis yang Akan Dirintis

mengatur keuangan sebagai tips memulai bisnis

Sebelum memulai bisnis ini, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu bisnis seperti apa yang akan Anda jalankan. Setelah itu, baru tentukan target pasar dari bisnis tersebut. Hal ini sangat penting untuk melihat strategi marketing seperti apa yang cocok digunakan agar bisnis bisa berkembang dengan baik. 

2. Mencari Jenis Investasi Jangka Pendek

Tujuan dari investasi jangka pendek ini adalah untuk menambah penghasilan dan mengelola keuangan Anda. Investasi ini tentu berbeda dengan investasi jangka panjang. Anda bisa menggunakan uang pesangon yang Anda miliki untuk investasi jangka pendek ini. Contoh dari investasi ini diantaranya adalah reksadana dan deposito. 

3. Memulai dari Usaha dengan Modal yang Kecil Dulu

tips memulai bisnis dengan online shop

Anda bisa memilih jenis usaha atau bisnis yang kecil-kecilan terlebih dahulu, dan tentunya pilih jenis bidang bisnis yang mudah dipahami. Misalnya jika Anda memiliki keahlian dalam memperbaiki kendaraan, mesin dan sebagainya, maka Anda bisa membuka bengkel kecil-kecilan. Pilih lokasi yang tidak mengeluarkan uang atau modal, misalnya lokasi di halaman rumah atau garasi rumah Anda.

Memulai usaha kecil saat ini juga tidak sulit. Dengan maraknya platform yang bisa digunakan untuk jualan online saat ini, maka Anda bisa memulai bisnis dengan berjualan produk secara online tanpa harus mencari tempat terlebih dahulu. 

4. Menentukan Tujuan Anda dalam Berbisnis

Di sini, Anda akan dituntut untuk memastikan bisnis seperti apa yang akan Anda terapkan dan bagaimana visi dan misi Anda dalam menjalankan bisnis ini nantinya. Sehingga Anda bisa menjelaskan dengan mudah pada orang-orang sekitar tentang bisnis Anda dan kelebihan apa saja yang terdapat pada bisnis tersebut. Visi misi ini juga akan membantu Anda dalam melakukan promosi ketika bisnis sudah mulai berjalan.

5. Melakukan Survei

tips memulai bisnis dengan jualan online
Ada beberapa survei yang harus dilakukan sebelum mulai berbisnis, misalnya survei lokasi yang strategis, survei harga jual dari produk/jasa yang akan Anda jual nantinya, survei pasar dan masih banyak lagi. Sehingga Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis ini diawal. Anda juga paham bagaimana alur di dalam bisnis tersebut.

6. Menyiapkan Modal

Anda juga harus tahu berapa jumlah modal yang dibutuhkan dalam berbisnis ini. Anda bisa menggunakan sebagian uang pesangon untuk modal awal, sehingga Anda tak usah mencari modal lagi ke sana kemari. 

Selain menggunakan uang pesangon, Anda juga dapat mengajukan pinjaman angsuran berjangka dari Bank. Modal ini harus dipersiapkan dengan matang, harus menghitung secara detail kira-kira modal apa yang harus Anda keluarkan untuk kelangsungan bisnis Anda.

Tips memulai bisnis di atas bisa membantu Anda untuk memulai bisnis, sesaat setelah Anda kehilangan pekerjaan. Diharapkan tips ini juga bisa menjadi alternatif pilihan usaha bagi Anda setelah terkena PHK. 

Masih banyak informasi serta kiat-kiat yang bermanfaat bagi kelangsungan bisnis Anda. Untuk mengetahui itu semua, Anda bisa daftar di Daya.id agar jumlah informasi yang bisa Anda baca setiap harinya menjadi tak terbatas.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

0.0

0 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS