Dirilis

18 Agustus 2022

Penulis

Ahmad Husnil Fikri

Anda punya bengkel sepeda motor? Jika iya, ada kabar baik untuk Anda, untuk mengembangkan bisnis agar makin untung, yaitu konversi motor listrik. Kementerian Perhubungan telah mengizinkan bengkel untuk melakukan konversi dari motor konvensional ke motor listrik. Artinya, peluang bisnis konversi motor listrik pun kian menjanjikan. 

Keseriusan pemerintah dalam menggarap motor listrik membuat tren baru di kalangan masyarakat. Tak sedikit yang mulai beralih dari motor konvensional ke motor listrik karena lebih ramah lingkungan. Sayangnya, untuk membeli motor listrik butuh budget yang cukup besar mengingat harganya yang masih tinggi. Ini menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat ekonomi menengah. Permasalahan ini menjadi peluang bisnis tersendiri bagi pemilik bengkel dengan menyediakan layanan konversi motor listrik. Asal memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, bengkel Anda bisa menyediakan layanan ini dan mendapatkan untung berlimpah.

 

Persyaratan Bisnis Konversi Motor Listrik 

Tidak salah jika konversi motor listrik mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Tarif konversi untuk satu motor saja bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Meski begitu, tidak sembarang bengkel bisa menyediakan layanan konversi motor listrik. Ada sejumlah persyaratan yang harus Anda penuhi, sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 65 Tahun 2020. 

Baca Juga: Cara berpikir pengusaha sukses elon musk dalam memulai bisnis

Syarat pertama yang harus Anda penuhi untuk bisnis konversi motor listrik adalah memiliki teknisi perawatan minimal satu orang dan teknisi instalatur yang kompeten memegang kendaraan bermotor. Hal ini dibuktikan dengan sertifikasi uji kompetensi. Kedua teknisi tersebut harus memiliki pengetahuan dan kemampuan di bidang elektonika, otomotif, dan memiliki pengalaman sebagai teknisi kendaraan bermotor, minimal 2 tahun.

Baca Juga: Mobil listrik vs mobil konvensional

Persyaratan selanjutnya yang harus bengkel Anda penuhi adalah memiliki peralatan khusus untuk instalasi sistem penggerak motor listrik pada sepeda motor. Selain itu, bengkel harus dilengkapi dengan peralatan tangan dan peralatan bertenaga dan mempunyai peralatan uji perlindungan sentuh listrik. Anda juga harus memiliki peralatan uji hambatan isolasi di bengkel jika ingin menjalankan bisnis ini. Persyaratan terakhir yang harus Anda penuhi adalah memiliki mesin fabrikasi komponen pendukung instalasi, serta bengkel dilengkapi dengan fasilitas keamanan dan keselamatan kerja. 

 

Kenapa Harus Beralih Ke Motor Listrik?

Motor listrik tidak sebatas tren yang akan hilang begitu saja. Melihat keseriusan pemerintah dalam menggarap proyek mobil dan motor listrik, tak mengherankan jika bisnis konversi motor listrik memiliki prospek yang menjanjikan. Secara bertahap, kendaraan roda dua pun akan mulai beralih dari bahan bakar bensin menjadi listrik. 

Untuk mengonversi motor konvensional ke listrik, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya adalah memiliki Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor (SRUT), memiliki STNK sebelum dikonversi, motor bukan untuk keperluan bisnis, serta wajib mengikuti uji ulang SUT atau SRUT setelah dikonversi. 

Ke depannya diperkirakan semakin banyak masyarakat yang menggunakan bisnis konversi motor listrik mengingat sejumlah kelebihan yang ditawarkan. Selain karena perawatan yang lebih murah dan mudah, motor listrik juga memiliki suara yang lebih halus sehingga tidak menimbulkan polusi suara. Dari segi bahan bakar, motor listrik tentu lebih ramah jika dibandingkan dengan motor konvensional yang menyebabkan pencemaran udara. Motor listrik sendiri menggunakan baterai untuk bisa dioperasikan. Sebab itu, tidak akan ada karbondioksida yang keluar dari asap knalpot yang menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Perlu Anda ketahui pula bahwa motor listrik lebih irit dibanding motor konvensional. Hal ini dikarenakan baterai motor bisa di-carge dan digunakan ulang.

Selain karena tren, banyaknya kelebihan yang ditawarkan motor listrik jadi salah satu alasan kenapa bisnis konversi motor listrik sangatlah dibutuhkan untuk mengikuti perkembangan zaman ke arah yang lebih canggih. Kendati bisnis ini memiliki prospek yang menjanjikan, tapi Anda harus memiliki modal yang cukup besar jika ingin memulai bisnis konversi motor listrik. Apalagi jika bengkel Anda belum memiliki peralatan yang menjadi persyaratan utama untuk membuka bisnis ini. Demikian tadi peluang bisnis, persyaratan, dan kelebihan motor listrik dibanding motor konvensional. Semoga informasinya bermanfaat untuk Anda.
 
Punya pertanyaan lebih lanjut? Segera log in ke daya.id dan gunakan fitur Tanya Ahli untuk mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan Anda sudah mendaftar di daya.id untuk mendapatkan informasi dan tips bermanfaat lainnya secara gratis.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

10 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Sri Mulharyanto

23 Desember 2022

👍

Balas

. 0

Oki Masdianto

06 November 2022

👍

Balas

. 0

Oki Masdianto

06 November 2022

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS