Dirilis

15 Januari 2021

Penulis

Adhiyat Thoriq

Awal Maret 2020, dua kasus pasien positif COVID-19 di Indonesia diumumkan pemerintah. Sejak saat itu pemerintah mulai melakukan pembatasan kegiatan masyarakat di luar rumah untuk menekan penyebaran COVID-19. Aktivitas masyarakat mulai banyak yang dilakukan di rumah, mulai dari bekerja dari rumah bahkan sampai sekolah dari rumah.

Melihat pada kondisi ini, masyarakat mulai memperhatikan kesehatan dan memperbanyak kegiatan dari rumah. Ada beberapa peluang usaha yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan Anda pada masa pandemi COVID-19. Peluang usaha ini sangat menjanjikan karena merupakan peluang usaha yang membantu masyarakat melewati masa-masa pandemi.

Berjualan produk-produk kesehatan

COVID-19 yang masih menghantui kita saat ini, memaksa kita semua lebih peduli pada kesehatan diri kita sendiri dan lingkungan sekitar. Anjuran/iklan untuk menjaga kesehatan diri dan orang di sekitar dapat dijumpai dengan mudah, baik itu di media sosial maupun di tempat-tempat umum. Untuk turut mendukung kepedulian masyarakat yang tinggi akan kesehatan, ada beberapa peluang usaha yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

1. Jualan Masker

Disaat pandemi COVID-19 sekarang ini, masker menjadi benda wajib yang harus dipakai dan dibawa oleh setiap orang untuk menjaga diri dan lingkungan dari penyebaran COVID-19. Selain itu memakai masker juga merupakan anjuran pemerintah dalam hal protokol kesehatan. 

Dengan kondisi seperti diatas, masker menjadi peluang usaha yang bagus. Banyak akun media sosial dan marketplace sudah mulai menjual masker baik itu masker kain maupun masker non medis. Di beberapa sentra konveksi pun sudah banyak produsen beralih memproduksi masker kain karena permintaan yang cukup besar. Peluang ini tidak hanya dimanfaatkan untuk pemilik produsen, tapi juga untuk supplier, pengecer hingga dropshipper.

Namun, tidak menutup kemungkinan peluang usaha ini juga cocok untuk kamu yang baru ingin memulai usaha.

2. Jualan makanan dan minuman kesehatan

Saat ini masyarakan mulai peduli dengan yang namanya daya tahan tubuh. Banyak hal yang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mulai dari berolahraga, makan makanan sehat, mengonsumsi vitamin dan minuman herbal. 

Dikutip dari youngster.id, transaksi produk kesehatan di Tokopedia mengalami kenaikan penjualan hampir sebanyak tiga kali lipat. 

Selain itu www.surabaya.bisnis.com juga menulis, salah satu minuman kesehatan dengan merek Jamu Iboe penjualannya mengalami kenaikan 3 kali lipat di masa Pandemi COVID-19 ini. 

Nah, peluang usaha minuman kesehatan ini sangat menjanjikan, bukan? Ada banyak sekali peluang usaha minuman dan makanan kesehatan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah minuman kesehatan Jahe Merah Mororene. Untuk melihat peluang Usaha minuman Jahe Merah Mororene, Anda dapat melihatnya di fitur Peluang Usaha Baru Daya.id.
 

Berjualan Makanan & Minuman

Apapun kondisi Anda saat ini, baik itu sehat maupun sakit, beraktivitas dari rumah maupun dari luar rumah, Anda tetap membutuhkan makanan. Oleh karena itu sektor makanan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Ada beberapa peluang usaha makanan yang bisa Anda tekuni dari rumah selama masa pandemik ini:

1. Jualan frozen food

Ketika aktivitas masyarakat dibatasi sehingga menjadi lebih banyak di rumah, masyarakat jadi senang memasak sendiri dirumah, dan bagi mereka yang tidak ingin repot atau masih disibukkan dengan bekerja dari rumah, frozen food menjadi solusinya. 

Hal ini lah yang menjadikan frozen food sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan di masa pandemi ini. Jika Anda masih bingung ingin berjualan frozen food seperti apa, di daya.id ada peluang usaha frozen food Sossezhis dengan modal kecil yang bisa menjadi pilihan Anda.

2. Jualan cemilan

Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat COVID-19, minat masyarakat terhadap produk yang membantu dan menemaninya saat beraktivitas dan menikmati waktu di rumah ikut meningkat. Cemilan menjadi salah satu yang banyak dicari masyarakat.

Sebagian besar masyarakat membeli cemilan untuk menemani mereka menghabiskan waktu di rumah, baik itu sambil bekerja atau mendampingi putra-putri mereka yang sekolah dari rumah. Peluang ini dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha berjualan cemilan, baik itu hasil dari produksi Anda sendiri atau dengan menjadi reseller dari produk cemilan yang sudah ada saat ini.

KESIMPULAN

Jadi, di masa COVID-19 ini ada peluang usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan Anda, diantaranya:
  1. Berjualan produk kesehatan seperti berjualan masker atau berjualan minuman kesehatan
  2. Berjualan makanan seperti frozen food atau cemilan.

Sebenarnya masih ada banyak lagi peluang usaha yang bisa Anda lakukan. Untuk melihat peluang usaha apa saja yang bisa Anda lakukan dapat mengunjungi fitur Peluang Usaha Baru di Daya.id

Terakhir, jika Anda butuh saran lanjutan bagaimana cara memulai usaha atau meningkatkan lagi usaha Anda saat ini, silakan berkonsultasi langsung dengan Ahlinya di Tanya Ahli.

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS