Dirilis

20 September 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu sistem bisnis yang semakin banyak digemari adalah waralaba atau franchise.  Banyak yang menyukai sistem bisnis ini karena tidak perlu membangun branding dari awal. Sebab, produk atau jasa yang ditawarkan kebanyakan sudah memiliki nama besar. Namun sebenarnya, tahukah Anda apa pengertian waralaba itu?

 

Pengertian Waralaba

Waralaba itu sendiri diambil dari dua kata yaitu wara dan juga laba. Kata wara artinya lebih dan kata laba berarti keuntungan. Dalam menjalankan bisnis ini ada dua pihak yang terlibat, yaitu pemilik waralaba (franchisor) dan penerima waralaba (franchisee). 

Waralaba atau franchise merupakan sebuah hak untuk menjual suatu produk, jasa maupun layanan. Selain itu, pengertian waralaba lainnya yaitu suatu hubungan kerja yang memiliki kontrak ataupun perjanjian antara franchisor (pemilik waralaba) dan franchisee (penerima).

Dimana pemberi waralaba adalah pihak yang memberikan hak kepada orang lain untuk memanfaatkan kekayaan intelektual yang dimilikinya atau menjual serta menggunakan produk dan juga ciri khas yang dimiliki. Sedangkan yang dimaksud penerima waralaba adalah perorangan atau badan usaha yang memiliki hak untuk menggunakan kekayaan intelektual yang diberikan oleh pemberi waralaba. 

 

Elemen-elemen Waralaba

Sistem bisnis waralaba ternyata juga memiliki unsur atau elemen-elemennya tersendiri. Inilah beberapa elemen dalam bisnis waralaba: 

 

1. Merek

Merek menjadi salah satu elemen penting dalam suatu bisnis atau usaha. Hal ini dikarenakan merek mewakili keseluruhan citra maupun reputasi perusahaan. Merek memiliki fungsi yang cukup penting karena keberadaannya akan diingat konsumen serta dijadikan pembanding dengan merek lainnya. Dimana merek menjadi syarat utama yang harus dimiliki waralaba. Merek yang sudah populer akan memudahkan mitra dalam promosi.

2. Sistem Bisnis 

Dalam mewujudkan merek yang terkenal maka diperlukan sistem bisnis yang tepat. Sistem bisnis yang baik mampu membangun produk dengan kualitas dan citra merek yang dimiliki berkembang dengan sendiri. Biasanya sistem bisnis berupa SOP (standard operating procedures).

3. Perjanjian Waralaba 

Perjanjian waralaba berguna untuk kesepakatan fee ataupun izin penggunaan maupun pemanfaatan merek dan juga sistem bisnis. Usaha atau bisnis yang dikelola sendiri tidak memerlukan sebuah perjanjian. Sedangkan bisnis waralaba pasti mempunyai perjanjian. 

 

Jenis-Jenis Waralaba 

Waralaba juga terbagi atas beberapa jenis. Dibedakan berdasarkan negara asalnya dan berdasarkan produk yang ditawarkan. Inilah jenis-jenis tersebut:

 

1. Berdasarkan Negara Asal

Berikut ini pengertian waralaba berdasar negara asal.

 

a. Waralaba dalam Negeri 

Waralaba dalam negeri ialah waralaba yang berasal dari dalam negeri. Jenis waralaba satu ini bisa menjadi pilihan investasi karena yang cukup menjanjikan. Bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha sukses tetapi tidak memiliki pengetahuan dan ide yang mumpuni, bisnis waralaba bisa menjadi pilihan tepat.

b. Waralaba Luar Negeri 

Jenis waralaba selanjutnya yaitu waralaba luar negeri. Waralaba luar negeri adalah jenis waralaba yang berasal dari luar negeri. Bisanya jenis waralaba ini sudah sangat terkenal dan bisa sangat mudah ditemukan di berbagai negara di dunia. Selain sudah terkenal, waralaba luar negeri sudah memiliki sistem yang jelas. Contohnya yaitu Pizza Hut, McDonalds, KFC, Burger King dan masih banyak lagi. 

 

2. Berdasarkan Produk yang Ditawarkan 

Berikut ini pengertian waralaba berdasar negara asal.

 

a. Waralaba Produk

Waralaba produk adalah jenis waralaba yang menawarkan produk, seperti makanan atau minuman. Contoh waralaba produk adalah Miniso, Chatime dan sebagainya.

b. Waralaba Jasa 

Waralaba jasa merupakan salah satu jenis waralaba yang menawarkan jasa, seperti agen perjalanan, laundry, pendidikan dan kursus, dan sebagainya. Contohnya Mom n Jo Spa, Gracious Preschool and Kindergarten, dan Melia Laundry.

c. Waralaba Gabungan 

Jenis waralaba satu ini tidak hanya menawarkan produk saja, tetapi juga menawarkan jasa. Contohnya Martha Tilaar Salon Day Spa.



Nah itulah, pengertian waralaba lengkap beserta elemen dan jenis-jenisnya. Bagi Anda yang ingin menekuni dunia bisnis dan usaha tetapi tidak memiliki cukup pengalaman, bisnis waralaba bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan business coach dari Daya.id seputar waralaba selengkapnya.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS