Dirilis

21 Mei 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Dalam menjual produknya, banyak usaha membutuhkan foto produk yang bagus dan menarik dengan tujuan untuk menarik minat konsumen. Akan tetapi, tidak semua orang yang menggeluti usaha memiliki keahlian mengambil foto berkualitas untuk katalog produk mereka. Kondisi tersebut kemudian mendorong munculnya fotografer yang menawarkan jasa foto produk untuk keperluan usaha. Lalu, bagaimana cara memulai usaha jasa foto produk ini?

 

5 Tips Memulai Jasa Foto Produk Minim Kerugian

Berikut ini 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha jasa foto produk:

 

1. Belajar Fotografi Terlebih Dahulu

kuasai skill foto produk

Apabila Anda berencana ingin terjun di usaha jasa fotografi berarti harus menguasai bidang ini. Caranya dengan terus belajar untuk mengasah kemampuan atau skill memotret gambar dengan posisi yang pas supaya bisa menghasilkan gambar yang terbaik. Anda bisa meningkatkan skill dengan cara otodidak maupun non otodidak. 

Jika skill yang dimiliki semakin bagus sebaiknya kursus fotografi untuk mempelajari teknik-teknik fotografi. Apabila Anda serius mempelajarinya maka tidak butuh waktu lama untuk menguasainya. Skill menjadi modal penting bagi siapa saja yang terjun dalam bidang ini. 

 

2. Siapkan Modal dan Peralatan yang Dibutuhkan

Kamera menjadi peralatan utama yang digunakan dalam usaha jasa foto. Meski begitu, Anda tidak membutuhkan kamera yang mahal untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Alasannya karena tergantung dari skill yang dimiliki. Jika Anda memiliki skill tetapi tidak memiliki modal untuk membeli kamera, tidak perlu khawatir karena bisa sewa kamera dengan harga yang sangat terjangkau. 

Kisaran modal yang harus Anda siapkan untuk memulai usaha ini adalah:

Beli kamera DSLR dan lensa tambahan: Rp15.000.000

Beli tripod, lampu blitz dan payung: Rp5.000.000

Biaya promosi: Rp200.000

Biaya perlengkapan lainnya: Rp1.000.000

Total: Rp21.200.000

Jika Anda belum memiliki modal untuk membeli kamera disarankan untuk sewa kamera. Biasanya harga sewa kamera dalam satu hari sebesar Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Jadi pengeluaran hanya untuk sewa kamera dan biaya promosi saja. Selain itu, kisaran modal ini juga akan sangat bervariasi tergantung pada jenis kamera apa yang nantinya akan Anda beli. 

 

3. Buatlah Portofolio Sebaik Mungkin


buat portofolio jasa foto produk

Saat mencari jasa fotografer, konsumen akan mencarinya berdasarkan hasil foto dihasilkan. Jika bagus berarti akan sangat tertarik sehingga akan menggunakan jasanya. Maka dari itu, Anda direkomendasikan untuk membuat page khusus yang akan digunakan untuk mempublikasikan hasil jepretan foto untuk dilihat oleh konsumen. Anda juga bisa membuat portofolio menggunakan media sosial ataupun blog pribadi, setelah itu upload hasil foto terbaik Anda.

 

4. Bergabung dengan Komunitas Fotografer 

Memutuskan untuk terjun dalam jasa foto ini Anda harus memiliki jaringan pertemanan yang semakin luas. Untuk menambah jaringan sebaiknya bergabung dengan komunitas fotografer. Bergabung dalam komunitas tersebut tidak hanya akan menambah jaringan tetapi juga akan menambah ilmu dan pengetahuan. Hal ini dikarenakan sesama anggota komunitas akan saling berbagai pengalaman. Selain itu, bergabung dengan komunitas juga akan membuat peluang bisnis fotografi lebih besar lagi. 

 

5. Promosi Menggunakan Media Sosial 

Apapun jenis usaha yang dijalankan pasti membutuhkan yang namanya promosi. Sebenarnya untuk melakukan promosi tidak membutuhkan modal yang besar, sebab Anda bisa memanfaatkan platform media sosial yang tentunya gratis untuk usaha jasa foto produk. Berbagai media sosial seperti instagram, facebook, dan twitter adalah pilihan tepat sebagai media promosi jasa foto yang Anda tawarkan. 

Nah itulah informasi tentang tips memulai jasa foto produk minim kerugian. Pada dasarnya, usaha jasa foto produk ini memiliki peminat yang sangat tinggi. Sebab, tidak semua orang memiliki skill dan kemampuan untuk menghasilkan foto produk yang bagus bagi usaha mereka. Dengan berbagai tips ini, diharapkan Anda bisa memulai usaha jasa foto ini dengan lancar dan sukses. Anda juga bisa berkonsultasi dengan praktisi & trainer usaha dari Daya.id seputar bagaimana cara memulai usaha di bidang jasa yang sukses. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

4 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS