Dirilis

20 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Bisnis mainan anak memiliki potensi yang besar untuk dijalankan. Sebab seperti yang kita tahu, setiap anak pasti membutuhkan mainan sebagai sarana bermain maupun melatih sensor motorik dan kognitif pada tubuhnya. Dengan menyediakan produk mainan yang bervariasi dan bisa bermanfaat untuk perkembangan motorik maupun kognitif, maka bisnis mainan bisa meraup keuntungan yang besar. 

Meski memiliki peluang dan potensi yang bagus, Anda harus tahu bagaimana cara memulai dan membangun bisnis ini, agar menghasilkan keuntungan yang besar dan stabil. Bisnis ini juga bisa dimulai dengan modal yang besar atau bahkan modal kecil sekalipun. Selama metode pemasarannya dilakukan dengan cara yang tepat dan sesuai sasaran.

 

Cara Memulai Bisnis Mainan Anak Agar Laris


Memulai bisnis atau usaha mainan anak memang harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Inilah cara memulai bisnis mainan anak yang bisa Anda jadikan inspirasi:

 

1. Menyiapkan Modal Terlebih Dulu

siapkan modal bisnis mainan anak
Hal yang paling pertama bisa Anda lakukan adalah menyiapkan modalnya terlebih dahulu. Varian mainan anak memang sangat beragam, sehingga harganya pun sangat bervariasi. Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan jumlah modal yang Anda miliki. Tidak hanya itu, modal harus Anda siapkan juga untuk berbagai kebutuhan operasional usaha. Seperti membayar pegawai di bulan pertama, membeli peralatan penunjang usaha, dan sebagainya. 

Jika modal yang Anda miliki masih kecil, maka Anda bisa memulai bisnis ini dengan berjualan mainan yang harganya murah terlebih dahulu dan biaya pembuatan yang murah. Seperti misalnya puzzle mini, palet melukis, dan sebagainya. Namun, jika modal yang Anda miliki terbilang besar, maka Anda bisa lebih bervariasi memberikan produk mainan dengan harga yang lebih mahal. Sehingga keuntungan yang didapat juga semakin besar. 

 

2. Menetapkan Harga yang Kompetitif

Salah menetapkan harga juga bisa menjadi hal yang fatal bagi bisnis Anda. Maka tetapkan harga yang bersaing atau kompetitif. Untuk menetapkan harga, Anda bisa melakukan survey terhadap kompetitor usaha mainan sejenis. Kemudian sesuaikan dengan perhitungan peluang kembalinya modal. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil harga akhir yang tidak hanya kompetitif, namun juga memberikan keuntungan untuk usaha Anda. 

 

3. Melakukan Promosi yang Menarik

lakukan promosi bisnis mainan anak yang menarik
Promosi akan selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan di dunia bisnis. Untuk melancarkan bisnis yang Anda mulai ini, harus dilakukan promosi yang menarik pembeli. Contohnya adalah dengan memberikan potongan harga atau diskon untuk jenis mainan tertentu selama periode tertentu. “Diskon 40% untuk mainan lego, buruan cuma 3 hari!”. Dengan promosi seperti ini, maka pembeli akan tergerak untuk segera membeli mainan karena waktu diskon yang terbatas. 

 

4. Mencari Lokasi Strategis

Anda juga harus memilih lokasi yang strategis ketika membuka toko mainan. Pilih lokasi yang banyak dikunjungi atau dilalui oleh anak-anak. Misalnya di area sekolah, taman kanak-kanak, day care, dan sebagainya. Gunakan banner atau spanduk sebagai penunjuk arah agar pembeli bisa menemukan lokasi toko mainan Anda dengan mudah.

 

5. Mengevaluasi Jenis Mainan Secara Berkala

Lakukan evaluasi pada setiap mainan yang Anda jual. Misalnya dengan mencatat jenis mainan apa saja yang paling laku di pasaran dan jenis mainan apa yang kurang disukai anak-anak. Hal ini akan membantu Anda dalam membelanjakan modal untuk membeli jenis mainan secara bijak.

 

6. Menggunakan Momentum di Hari Tertentu

Manfaatkan momentum di hari-hari besar keagamaan untuk menjual mainan dengan harga yang lebih murah. Hal ini akan membantu meningkatkan penjualan Anda dengan keuntungan yang cukup besar. Atau di saat momen liburan sekolah sehingga anak-anak lebih tertarik pada pembelian mainan tersebut.

Pada dasarnya, bisnis mainan anak akan selalu memiliki tempat dan potensi yang sangat besar di pasaran. Mengingat kebutuhan akan mainan juga tidak akan pernah ada habisnya. Maka dari itu, lakukan beberapa tips bisnis diatas agar bisnis mainan anak yang Anda rintis bisa berkembang dengan cepat dan laris manis diserbu pembeli. Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach dari Daya.id sebelum memulai bisnis ini. 

Dengan berkonsultasi kepada ahlinya, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan bekal yang cukup untuk menjalankan bisnis mainan ini. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagi sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Ari Handojo

Business Coach

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS