Dirilis

26 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Usaha fotocopy merupakan salah satu jenis bisnis yang dibutuhkan banyak kalangan. Mulai dari anak sekolah, orang kantoran hingga masyarakat luas. Namun faktor itu saja tak cukup. Jika ingin sukses, pastinya kita harus merencanakan strategi agar usaha yang dijalankan mampu mendapat banyak pelanggan dan menuai banyak keuntungan.

Tips Sukses Usaha Fotocopy

Bagi Anda yang sedang atau tertarik akan membuka usaha fotocopy, berbagai langkah ini bisa diaplikasikan untuk menarik pelanggan dan meningkatkan keuntungan, diantaranya:

1. Pemilihan Lokasi

Karena fotocopy adalah jenis bisnis yang dilakukan secara offline, maka pemilihan lokasi menjadi hal yang harus diperhatikan. Anda disarankan untuk membuka tempat fotocopy di tempat yang strategis, agar banyak orang yang tahu. Terutama di dekat kawasan dimana sekiranya bisnis Anda ini akan dibutuhkan. Misalnya di dekat kantor, di kawasan Pendidikan atau area kampus maupun sekolah, dekat kos-kosan, tak jauh dari kantor pemerintahan maupun layanan kesehatan, dan lain sebagainya.

2. Kelengkapan Barang dan Fasilitas

Biasanya, usaha fotocopy tak hanya itu saja, namun juga ada fasilitas lainnya seperti printing, jilid, laminating dan lain sebagainya. Selain layanan yang lengkap, produk atau barang pendukung pun harus diperhatikan. Seperti ketersediaan alat tulis kantor (ATK). Hal ini akan efektif terhadap bisnis, karena semakin lengkap, maka tentunya semakin baik karena kebutuhan banyak orang bisa Anda penuhi, dan tentunya keuntungan bisa makin besar.

3. Bekerjasama dengan Supplier

Darimana kita akan mendapat ATK untuk dijual kembali? Dari pemasok atau supplier pastinya. Karena melalui mereka, kita bisa mendapat harga yang lebih miring jika dibanding membeli secara eceran. Cari tahu terlebih dahulu beberapa list mengenai supplier tersebut. Pilih yang bisa sama – sama menguntungkan jika bekerjasama dengan Anda dan jangan lupa untuk menjaga hubungan baik dengan mereka.

4. Kualitas

Ingin pelanggan Anda tak kabur ke tempat lain atau pada competitor? Berilah pelayanan maksimal. misal dari hasil fotocopy kertas dan tintanya rapi, hasil jilid juga rapi, jika fotocopy dalam jumlah banyak, pastikan sesuai urutan dan tak ada yang terlewat, juga banyak hal lain yang berkaitan dengan jaminan kualitas yang kita berikan pada pelanggan. Hal ini juga berkaitan dengan poin sebelumnya. Carilah produk berkualitas dari pemasok yang dapat dipercaya.

5. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Tak hanya kualitas barang yang harus diperhatikan. Kualitas pelayanan pun tak boleh dilupakan. Bersikaplah ramah kepada pelanggan dan selalu jagalah kepuasan pelanggan Anda. Buat mereka nyaman dan senang menggunakan jasa fotocopy atau membeli kebutuhan di tempat kita. Jika kesan yang mereka tangkap buruk, maka kemungkinan pelanggan tersebut tak akan datang ke tempat kita lagi.

6. Perbanyak Relasi

Semakin banyak orang yang tahu usaha kita semakin bagus, semakin banyak orang yang mengenal kita semakin baik. Maka, jalinlah hubungan baik dengan banyak pihak. Mulai lah memperluas jaringan. Misalnya dengan rektorat kampus, organisasi mahasiswa, kantor pemerintahan dan lain sebagainya. Jika target market sudah mengenal dan nyaman dengan kita, maka mereka sudah pasti mereka akan mendatangi usaha fotocopy yang kita jalankan.

7. Jalankan Strategi Bisnis

Buat yang berada di sekitar lokasi bisnis kita menyadari keberadaan usaha fotocopy yang sedang dijalankan dengan spanduk, roll banner dan lain sebagainya. Berikan harga khusus atau diskon bagi transaksi dalam jumlah banyak, buat pelayanan khusus bagi pelanggan yang telah bekerjasama atau berikan bonus pada mereka. Beberapa hal tersebut merupakan contoh strategi yang bisa diterapkan pada bisnis fotocopy agar meraup keuntungan yang lebih menjanjikan.

Usaha fotocopy hingga saat ini masih menjadi salah satu bisnis dengan peluang meraup keuntungan yang besar. Agar sukses menjalankan bisnis ini, maka lakukan tips diatas yang dimulai dari memilih lokasi strategis, memastikan kelengkapan barang yang dijual, memberikan pelayanan terbaik, dan memperluas relasi. Sebelum menjalankan usaha ini, Anda juga bisa berkonsultasi dengan business coach terlebih dahulu supaya usaha yang dijalankan bisa menjadi lebih lancar.

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Dikutip dari Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS