Dirilis

09 Maret 2022

Penulis

Christie Stephanie Kalangie

Sebagai fresh graduate, Anda punya pilihan untuk mengamalkan ilmu yang Anda pelajari ke dunia kerja atau ke dunia bisnis. Ya, tentu saja. Ada beberapa contoh orang yang berhasil menamatkan pendidikan lalu terjun ke dunia bisnis.

Atau, Anda terlebih dulu bekerja sebagai karyawan sebelum benar-benar terjun di dunia usaha.

Paling tidak ada 4 manfaat jika Anda lebih dulu bekerja sebagai karyawan sebelum membangun bisnis sendiri. Pertama, Anda bisa memiliki perspektif sebagai karyawan, sehingga Anda tahu bagaimana harus memperlakukan mereka. Kedua, Anda punya pengalaman bahkan bisa membangun reputasi di bidang tertentu. Ketiga, Anda bisa membangun jaringan. Dan keempat, Anda mengerti upaya seperti apa yang perlu Anda lakukan saat membangun bisnis.

Nah, jika Anda ingin coba melamar kerja, berikut ini tips dan contoh curricullum vitae (CV) yang bisa Anda pelajari.
 

Tips Membuat CV Fresh Graduate


Nah, jika Anda ingin coba bekerja dan melamar ke satu perusahaan, Anda perlu membuat CV yang menarik. Contoh CV menarik merupakan hal yang akan paling dicari oleh para fresh graduate. Sebab, CV yang menarik akan menjadi ajang untuk menunjukan pengalaman dan skill bagi para mahasiswa. Akan tetapi, bagaimana cara Anda sebagai fresh graduate membuat CV yang menarik agar dilirik oleh recruiter?

Tenang saja dan jangan panik, karena Anda sedang membaca ulasan yang tepat. Daya akan memberikan tips dan contoh CV menarik bagi Anda, fresh graduate. Simak ulasan lengkap berikut ini!

Berikut ini beberapa tips membuat CV untuk fresh graduate.

 

1.Tulis Perkenalan yang Menarik

Meski Anda tidak memiliki begitu banyak latar belakang dan pengalaman kerja, Anda tetap harus memberikan kesan pertama dengan baik, sebab pada bagian perkenalan di CV ini bisa menjadi peluang untuk bergabung dengan perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan.

Jangan sampai Anda hanya menulis “Halo, saya Doddy. Mencari pekerjaan sebagai Digital Content Writer,” atau “Saya siap bekerja di bawah tekanan dalam bidang apa pun.” 

Beri kata-kata yang menunjukkan kepercayaan diri Anda sebagai fresh graduate yang layak untuk diterima, meski belum banyak memiliki pengalaman. Untuk kalimat yang baik, Berikut contoh kalimat yang bisa Anda gunakan dalam bagian perkenalan CV fresh graduate.

“Saya adalah lulusan perguruan tinggi dengan (IPK 3,8) sebagai sarjana (tulis gelar sarjana Anda). Dengant tanggung jawab, kemauan serta optimisme yang besar, saya yakin dapat berkontribusi di perusahaan ini, terlebih karena saya cepat dalam beradaptasi.

Saya yakin kemampuan saya dapat mendukung perusahaan dalam mencapai tujuan.”

Dengan perkenalan yang baik pada CV, recruiter bisa mendapat kesan awal yang baik untuk Anda. Lalu, jangan lupa juga mencantumkan IPK, terlebih jika IPK Anda berada di atas 3,0, yang bisa menjadi salah satu nilai unggul.

 

2. Lengkapi Informasi Pendidikan

Para pencari kerja tak jarang menuliskan isi dari kolom pendidikan yang ditempuh dengan singkat. Padahal, CV harus tetap ditambahkan sesuatu lagi agar agar ada nilai plus lainnya, seperti menambahkan perguruan tinggi, jurusan, tahun lulus, dan IPK pada kolom informasi pendidikan tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan kegiatan volunteer, unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang Anda ikuti, kursus atau seminar, dan karya ilmiah yang pernah Anda buat. 

Tetapi, jika Anda belum pernah aktif dalam kegiatan kampus, Anda tetap bisa menunjukan keunggulan lain dengan mencantumkan sertifikasi dari seminar, kursus, maupun kegiatan volunteer yang Anda jalani selama di bangku perkuliahan. Pastikan apa yang Anda cantumkan tetap berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar, ya

 

3. Tambahkan Pengalaman Berorganisasi dan Prestasi

Kriteria contoh CV menarik lainnya dengan meningkatkan profil Anda pada CV fresh graduate adalah dalam kolom prestasi dan kemampuan. Pahamilah bahwa prestasi yang Anda dapatkan semasa kuliah tidak akan sia-sia begitu saja, justru pada saat inilah prestasi akan sangat memberi nilai unggul.

Bagian prestasi pada CV fresh graduate ini juga bisa menunjukkan sedikit karakter Anda dalam berorganisasi atau bekerja dalam tim. Cobalah untuk mencantumkan soft and hard skill yang Anda miliki pada bagian kemampuan, dengan cara mengurutkan dari yang paling Anda kuasai sampai yang biasa saja, sehingga dengan begini Anda tidak akan kalah saing dengan kandidat lainnya.

 

4. Tetap Jujur Tentang Diri Anda

Jujurlah dalam hal apapun yang Anda cantumkan dalam CV, sebab kejujuran akan menjadi awal yang baik dalam karier Anda ke depannya.

Tidak perlu menambah-nambahkan hal yang tidak diperlu atau hal yang memang tidak menjadi bagian dari diri Anda. Tulis apa saja tentang diri Anda secukupnya, sebab recruiter pun juga akan tahu siapa kandidat yang jujur dan yang layak menempati posisi lamaran tersebut.

 

Contoh CV Fresh Graduate

Setelah mengetahui secara teknis mengenai kriteria contoh CV menarik yang bisa Anda terapkan saat akan menyusun CV fresh graduate. Berikut ini beberapa contoh CV menarik yang dapat memberikan Anda gambaran untuk membuat CV fresh graduate.

 

Contoh CV fresh graduate Ilmu Politik


Source: https://resumegenius.com/blog/resume-help/college-graduate-resume 

 

Contoh CV fresh graduate Programmer 

 
Source: https://resumegenius.com/blog/resume-help/college-graduate-resume 

Itulah tips dan contoh CV menarik yang wajib diketahui oleh fresh graduate. Meskipun mungkin Anda fresh graduate tanpa pengalaman kerja sebelumnya, tetapi tetaplah percaya dirilah bahwa Anda tetap bisa menjadi kandidat unggul dan akan tetap dilirik oleh perusahaan yang Anda inginkan. 

Selain dengan membuat CV yang menarik dan berbobot, Anda juga bisa berkonsultasi seputar dunia pekerjaan dan karir di Tanya Ahli Daya.id, untuk bisa menemukan pengetahuan dan wawasan terkait karir yang Anda jalani. 

Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya bisa Anda dapatkan, cukup dengan mendaftar di Daya.id dan semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Yuk, kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

8 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Hendratno

17 Maret 2022

Mantap

Balas

. 0

Hendratno

17 Maret 2022

Mantap

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Wisnu Dewobroto

Praktisi & Trainer UKM

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS