Dirilis

11 Juli 2023

Penulis

Aliah Abdullah

Profesi content creator telah berkembang menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Anda bisa menjadi mitra atau vendor untuk suatu perusahaan, influencer yang menerima jasa endorsement produk, penulis lepas yang menerima jasa pembuatan blog, atau lainnya.

Tapi untuk menjadi content creator yang baik, Anda juga harus memperhatikan hal-hal strategis di luar kreativitas. Karena membuat konten saja belum tentu bisa mendatangkan followers, klien, atau cuan.

Nah, jika Anda baru mau terjun menjadi content creator, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu Anda tahu.

 

Tugas dan Tanggungjawab Content Creator

Berikut ini tugas dan tanggungjawab seorang content creator:

 

1.    Membuat perencanaan konten


Untuk membuat konten yang berkualitas, terstruktur dan rapi perlu dibuat perencanaan konten berupa kalender konten. 
 

2.    Mengumpulkan ide untuk konten yang menarik

Mengumpulkan ide bisa dilakukan dengan mengikuti update hal yang terjadi di sekitar, melihat tren media sosial, atau membaca portal berita terkini. Ide yang dikemas dengan sudut pandang yang berbeda, bisa menjadikan konten unik dan menarik. 

 

3.    Membangun branding

Jika konten terkait dengan membangun branding suatu perusahaan, maka kontennya menggambarkan karakteristik perusahaan tersebut. 

 

4.    Membuat riset sebelum membuat konten

Sebelum membuat konten, pahami dulu apa yang disukai profil audiens, apa yang disukai dan media apa yang sering mereka gunakan, agar menghasilkan konten yang faktual.

 

5.    Memahami strategi optimasi konten

Karena platform yang akan digunakan untuk publikasi konten memiliki karakteristik yang berbeda-beda, maka diperlukan strategi konten agar berhasil dinikmati dan dijangkau oleh target audiens, seperti:

  • Strategi optimasi TikTok adalah dengan menciptakan video pendek menarik, agar bisa masuk di For Our Page (FYP) TikTok
  • Strategi optimasi Instagram, salah satunya dengan memanfaatkan konten Instagram Reels
  • Strategi optimasi dengan memahami Search Engine Optimization (SEO), baik onpage maupun offpage


Seorang content creator harus bisa membedakan konten bentuk video, gambar, audio atau teks. 

 

6.    Mengoperasikan tools content creator 

Content creator harus bisa menggunakan alat-alat yang digunakan untuk membuat konten dan memahami teknik kamera, software editing dan ilustrasi, hingga software penyuntingan video.

 

7.    Melakukan editing konten

Sebelum dipublikasi, perlu dicek apakah konten sudah sesuai harapan dan tidak ada kekeliruan. Bila ada kesalahan penulisan, data, gambar atau ilustrasi, maka perlu dilakukan proses editing.

 

Skill yang Harus Dimiliki Content Creator

Agar menghasilkan konten yang berkualitas, berikut ini beberapa skill bagi seorang content creator:

 

1.    Riset dan Analisa

Seorang content creator perlu melakukan riset dan analisa tentang target audiens-nya dengan mengumpulkan berbagai informasi  untuk memahami kondisi pasar, tren dan kebutuhan audiens. Content creator juga harus mempunyai mindset fokus pada hasil riset (research-driven). Konten yang berdasarkan riset dan analisa yang kuat akan diburu dan direkomendasikan ke audiens lainnya.

 

2.    Manajemen Waktu

Content Creator biasanya membuat konten lebih dari satu jenis. Oleh karena itu, perlu manajemen waktu yang baik agar bisa memproduksi semua konten sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 

 

3.    Memiliki Skill Menulis

Skill menulis harus dimiliki oleh seorang YouTuber, TikToker atau blogger, karena sebelum membuat konten yang akan dibagikan, tentu saja Anda harus menulis skenario agar konten yang Anda sajikan menarik dan bisa mempengaruhi audiens. 

 

4.    Memiliki Skill Fotografi, Videografi dan Editing

Sebagai seorang content creator, Anda dituntut untuk menyajikan visualisasi yang menarik  berupa foto atau video. Oleh karena itu Anda perlu menguasai skill fotografi dan videografi untuk menarik banyak audiens. Ide fotografi atau videografi bisa Anda peroleh melalui iklan kreatif, video klip yang menarik, dan lainnya.

Video editing diperlukan untuk menyatukan footage yang ada agar menjadi sebuah alur cerita     yang sesuai. Sedangkan foto editing diperlukan untuk mengatur pencahayaan, warna, dan lain sebagainya.

 

Tips Menjadi Content Creator yang Sukses

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang content creator yang sukses, yuk simak tips-nya berikut ini.

 

1.    Fokus ke satu bidang yang Anda kuasai atau minati

Bila Anda tertarik di bidang kuliner, Anda bisa membuat konten tentang review makanan di sebuah restoran, membuat resep makanan, dan lain sebagainya. 

 

2.    Up to date dengan tren terkini

Untuk mendongkrak follower Anda di sosial media, Anda harus membuat konten yang sedang tren yang sedang ramai dibahas di sosial media. 

 

3.    Tingkatkan skill komunikasi


Agar bisa menerjemahkan pesan yang ingin disampaikan ke dalam bentuk konten yang bisa memikat audiens, maka Anda perlu memiliki skill komunikasi yang baik.
 

4.    Pelajari audiens Anda

Pelajari demografi dan karakteristik audiens Anda, agar Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Anda juga bisa mengetahui profil audiens Anda dengan mencari tahu media yang sering digunakan, jam berapa biasa mengakses informasi, dan perilaku lainnya.

 

5.    Memperhatikan teknis dan kualitas konten

Untuk menghasilkan konten yang menarik, kuasai device yang akan digunakan, pelajari teknik produksi yang tepat. Pelajari juga beberapa aplikasi dan alat-alat tertentu. Misalnya, dalam membuat video, Anda perlu pelajari kamera, pencahayaan dan aplikasi untuk mengedit video.
Anda juga perlu mempelajari media sosial yang Anda gunakan. Bagaimana algoritmanya, jam yang tepat untuk publikasi konten, dan lain sebagainya.

 

6.    Belajar dari konten orang lain

Anda bisa belajar dari konten orang lain dengan tema yang serupa dengan Anda atau dari kompetitor Anda dengan mengamati bagaimana ia mengemas konten, pengambilan gambar atau videonya, editingnya, gaya bahasanya, media yang digunakan, cara interaksi dengan audiens, dan lainnya. Dari konten orang lain, Anda bisa mengetahui apa kelebihan dan kekurangan konten Anda, serta apa yang perlu dikembangkan.    

 

7.    Konsisten

Unggah konten secara berkala, agar menambah rasa penasaran audiens Anda. Hindari unggah konten dengan jeda yang lama, atau sampai tidak pernah unggah konten sama sekali.

Demikian pembahasan tentang content creator. Saat ini memang banyak sekali yang menjadi content creator, namun Anda bisa memproduksi konten dengan sesuatu yang unik, yang membedakan konten Anda dari konten orang lain, dan apa yang membuat audiens Anda tertarik melihat konten Anda. Oleh karena itu, perlu konsistensi dan ketekunan.

Bila Anda ingin memahami profesi content creator lebih dalam, Anda bisa bertanya dengan ahlinya melalui kolom Tanya Ahli di website daya.id. Pastikan Anda mendaftarkan diri dahulu untuk mendapatkan berbagai manfaat dari website ini.

Sumber:

Berbagai sumber

Foto : freepik.com

Penilaian :

4.9

17 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

natasya anindita

02 December 2023

Terimakasih tipsnya sangat bagus

Balas

. 0

JUWENAH

21 November 2023

Kalo jadi konten kreator harus banyak follower

Balas

. 0

Diani Fadhila Chaerani

11 August 2023

??

Balas

. 0

Diani Fadhila Chaerani

11 August 2023

??

Balas

. 0

Mufid Widayat

04 August 2023

Bagus

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Nur Anasta Rahmat

Digital Marketing Expert

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS