Dirilis

17 September 2022

Penulis

Alviko Ibnugroho

E-payment atau online payment sendiri merupakan sistem pembayaran yang dilakukan secara online dengan menggunakan jaringan komputer, internet, dan layanan keuangan digital. E-payment juga sering dikenal sebagai pembayaran elektronik.

Dengan sistem pembayaran online, pembeli dan penjual justru tidak perlu bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi jual-beli. Hal ini justru dinilai lebih praktis, cepat, dan aman. Oleh karena itulah, sistem pembayaran online saat ini lebih diminati dibandingkan dengan sistem pembayaran tunai atau langsung.

E-payment sendiri ternyata memiliki banyak manfaat lho, baik itu manfaat yang dirasakan oleh pembeli maupun penjual. Diantaranya seperti:

  1. Sistem transaksi dinilai lebih simple
  2. Transaksi bersifat universal selama masih ada di dalam satu area negara
  3. Keamanan yang lebih terjamin dalam bertransaksi secara online dibanding secara cash atau langsung transfer ke rekening pribadi
  4. Penggunaan waktu dan tenaga yang lebih efektif dan efisien


 

Mengapa Anda Harus Menggunakan E-Payment?

Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai menggunakan e-payment dalam melakukan transaksi jual-beli. Apalagi para generasi milenial yang lebih senang menggunakan e-payment daripada pembayaran secara konvensional. Kondisi ini juga yang mendorong para generasi X, Y, bahkan generasi baby boomers untuk mengikuti perkembangan jaman dengan melakukan pembayaran secara online. Adapun beberapa alasan mengapa para milenial lebih memilih melakukan pembayaran secara online.

 

1.    Kontrol Pengeluaran

Dengan menggunakan sistem pembayaran online akan memudahkan Anda dalam proses pengelolaan uang. Semua transaksi belanja bisa langsung dilacak melalui laporan tagihan. Berbeda dengan pembayaran secara konvensional dimana Anda bisa saja lupa berapa jumlah transaksi yang sudah dibayarkan sebelumnya. Jika hal ini terjadi, malah rencana keuangan Anda tidak akan bisa disusun dengan rapi. Sementara dengan menggunakan e-payment, Anda bisa mengontrol cash flow dengan mudah, akurat, dan efektif.

 

2.    Terhindar dari Kejahatan

Dengan menggunakan e-payment, Anda justru dapat menghindari risiko kejahatan karena tidak harus membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. Transaksi cashless dengan e-payment justru akan jauh lebih aman. Jika kartu kredit Anda hilang atau dicuri, Anda cukup menghubungi pihak bank untuk melakukan pemblokiran. Dana yang Anda miliki akan tetap aman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

3.    Meminimalisir Kerugian

Coba bayangkan, ketika Anda sedang berlibur dan sudah menyiapkan sejumlah uang tunai yang banyak, namun uang tersebut malah raib diambil pencuri. Rencana perjalanan yang sudah Anda siapkan pasti akan berantakan. Anda malah akan menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengurus uang yang hilang. Lain cerita Ketika Anda membawa alat pembayaran digital seperti, kartu kredit, debut, atau e-wallet. Anda justru akan terbebas dari rasa was-was berlebihan, karena tidak membawa uang cash dalam jumlah yang besar. 

 

4.    Semakin Mudah dengan E-wallet

E-wallet atau dompet elektronik kan memudahkan Anda dalam membayar tagihan ataupun belanja. Apalagi saat ini, banyak platform dompet digital yang sering menawarkan promo seperti diskon atau potongan harga khusus. Selain praktis, Anda juga bisa mengisi saldo e-wallet melalui ATM, gerai minimarket, ataupun internet banking.

 

5.    Luar Biasa Praktis


Salah satu keunggulan e-payment adalah kepraktisannya. Hanya dengan menggesek kartu atau scan QR Code, transaksi jual-beli akan berhasil dalam hitungan detik. Justru saat ini para generasi milenial lebih takut jika HP nya tertinggal daripada dompetnya, karena justru semua uang dan proses keuangan terdapat di HP bukan di dompet.

 

6.    Banyak Merchant Khusus

Para mitra usaha yang sudah menggunakan e-payment saat ini berlomba-lomba untuk membuka berbagai merchant, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Saat ini sudah banyak gerai-gerai yang menerima pembayaran cashless. Anda hanya perlu kartu kredit, debit, atau bahkan HP Anda untuk melakukan transaksi cashless.

 

7.    Promo Cashless

Anda tentunya akan tertarik dengan yang namanya promo bukan? Nah, saat ini banyak sekali berbagai promo pembayaran cashless. Selain diskon, promo yang ditawarkan juga bisa berupa poin, atau penawaran belanja yang menarik. Dengan memanfaatkan promo ini, Anda justru dapat menghemat pengeluaran dalam membeli kebutuhan Anda.

 

Kiat Bijak Bertransaksi Menggunakan E-Payment

Setelah Anda memahami apa itu e-payment dan alasan mengapa Anda harus menggunakan sistem pembayaran secara online, ada baiknya jika Anda juga mengetahui tips bijak dalam bertransaksi menggunakan e-payment.
 

  1. Jaga kerahasiaan data pribadi kartu ATM/debit/kredit dan uang elektronik Anda.
  2. Lakukan perubahan PIN kartu ATM/debit/kredit dan uang elektronik Anda secara berkala.
  3. Simpan bukti setiap transaksi dan pastikan kebenaran transaksi yang telah dilakukan melalui pengecekan rekening.
  4. Lakukan  pembayaran atau penyelesaian pembayaran kepada operator resmi, dan selalu hati-hati jika ingin melakukan pembayaran untuk transaksi online.
  5. Hubungi segera call center pihak bank jika terdapat notifikasi penggunaan ATM/debit/kredit dan uang elektronik yang tidak Anda lakukan atau tanpa sepengetahuan Anda.
  6. Mengadukan adanya pengenaan tambahan biaya transaksi (surcharge) kepada pihak penerbit atau operator dompet digital.


Itulah beberapa keistimewaan dalam melakukan transaksi online dan bagaimana menggunakannya secara bijak. Meskipun memiliki banyak manfaat yang menggiurkan seperti kemudahan pembayaran dan promo, Anda tetap harus menjadi pengguna e-payment yang bijak. Jangan sampai Anda malah berfoya-foya dalam menggunakan uang Anda.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait bagaimana cara mengatur keuangan pribadi Anda dengan bijak, Anda dapat mengakses fitur Tanya Ahli dan dapat berdiskusi lebih lanjut dengan para ahli. Anda juga dapat mengunjungi Daya.id untuk mengetahui tips dan peluang usaha lainnya. Jangan lupa segera daftarkan diri Anda untuk bisa mendapatkan manfaat menarik lainnya!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alviko Ibnugroho

Perencana Keuangan

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS