14 November 2023
Dirilis
Penulis
Arief Akbar
Siapa yang tidak ingin terlihat memukau saat membawakan presentasi di tengah rapat? Pastinya, Anda juga ingin, kan? Terlihat memukau dan profesional dengan materi presentasi yang matang merupakan prioritas utama yang perlu ditunjukkan saat rapat.
Baca Juga: Tips Asah Kemampuan Presentasi kepada Atasan
Tentunya, terlihat memukau bagi audiens saat presentasi di rapat akan mendatangkan banyak manfaat dan keuntungan untuk diri Anda sendiri. Karena itu, berikut ini ada 5 kiat cerdas membawakan presentasi di rapat.
Kiat Cerdas Presentasi saat Rapat
Seperti apa saja kiat agar presentasi Anda terlihat profesional di rapat? Yuk, simak informasinya di bawah ini!
1.Buat Presentasi yang “Matang” dan Menarik
Hal pertama dan paling penting yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan presentasi di rapat adalah desain dari presentasi itu sendiri, yang sebaiknya dibuat dengan menarik tapi tetap sederhana dan pastinya tidak kaku.
Anda bisa menggunakan desain template yang beredar di internet maupun memanfaatkan banyaknya aplikasi membuat presentasi. Lalu, Anda bisa menambahkan elemen visual yang menarik seperti chart, grafik, foto, maupun video, dan lain sebagainya.
2. Gunakan Data Perbandingan
Selanjutnya, Anda bisa mengubah data persentase di presentasi rapat Anda menjadi data perbandingan. Misalnya, jika Anda menemukan data seperti ini “sebanyak 80% karyawan hadir ke kantor menggunakan transportasi pribadi”.
Maka, Anda bisa mengubahnya dengan data perbandingan seperti ini “8 dari 10 karyawan menggunakan transportasi pribadi untuk ke kantor”. Hal ini bisa membangkitkan aura kecerdasan yang Anda miliki saat presentasi di rapat kerja.
3. Berpenampilan Rapi dan Profesional
Membawakan presentasi di rapat kerja artinya Anda berada di ruang lingkup profesional. Oleh karena itu, penampilan tentulah sangat penting. Anda wajib berpenampilan rapi, sopan dan profesional.
Hal ini perlu Anda lakukan bukan hanya agar terlihat menyenangkan di mata audiens, tetapi hal ini juga bisa membantu Anda terlihat cerdas, berwibawa dan memukau saat membawakan presentasi di rapat kerja.
Baca Juga: Beberapa Tips Presentasi Usaha di Depan Klien dan Investor
4. Bertutur Kata Tegas, Lugas, dan Padat
Komunikasi merupakan poin yang perlu Anda perhatikan saat membawakan presentasi. Penting untuk Anda ketahui bahwa saat rapat Anda perlu berkomunikasi dengan tutur kata dengan tegas, lugas dan juga padat. Tapi, bukan berarti harus kaku dan galak, ya.
Dengan melakukan presentasi di rapat dengan tutur kata yang tegas, lugas dan juga padat, hal ini menandakan bahwa Anda membawakan presentasi dengan jelas, terus terang dan langsung kepada intinya.
5. Hindari Membaca Slide Presentasi
Tips presentasi di rapat yang terakhir adalah dengan menghindari “membaca satu per satu” slide presentasi. Sebenarnya, membaca slide itu diperbolehkan tetapi seperlunya saja. Jika Anda membawakan presentasi di rapat dan malah sibuk membaca slide tanpa memperhatikan audiens, tentu audiens akan merasa tidak nyaman dan enggan untuk memperhatikan.
Dengan hanya membaca satu persatu teks slide Anda, maka sesi presentasi pun tidak akan berjalan efektif dan berujung membosankan. Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan menyiapkan dan menguasai materi presentasi dengan baik di awal. Ingatlah bahwa tujuan Anda melakukan presentasi adalah untuk menyampaikan informasi, bukan untuk membacakan atau mendikte informasi.
Baca Juga: 5 Kiat Presentasi di Depan Investor Usaha
Itulah tips presentasi di rapat yang bisa aplikasikan saat membawakan presentasi di kantor maupun di luar kantor. Pastikan juga untuk tetap menguasai presentasi Anda dari awal hingga akhir supaya audiens tetap memperhatikan presentasi Anda dan menganggap Anda begitu memukau saaat membawakan presentasi.
Kalau Anda membutuhkan insight seputar psikologi, sosial, maupun usaha, keuangan, dan yang lainnya, jangan ragu untuk daftarkan diri Anda di daya.id. Manfaatkan juga fitur Tanya Ahli untuk berkonsultasi dengan para ahli tepercaya di bidangnya secara GRATIS!
Sumber:
Berbagai sumber
Ardhan Ashary Nasution
16 November 2023
Keren informasi nya 👍👍
Balas
.0