Dirilis

14 Februari 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Lagi kesal atau lagi sedih? Ya... beberapa kejadian memang bisa membuat suasana hati kacau balau. Tapi setujukah Anda kalau bahagia itu pilihan. Makanya, sekacau apapun kejadian yang baru Anda alami, ayo, Anda tetap punya cara untuk memulihkan mood.

Tanpa bermaksud menyepelekan masalah, coba lakukan beberapa cara ini untuk membantu mengubah bad mood (suasana hati buruk) menjadi good mood (suasana hati baik):

1. Lakukan Sesuatu yang Membuat Anda Bahagia
Karena bahagia itu sederhana, maka coba lakukan hal-hal sederhana yang bisa membantu Anda merasa bahagia. Misalnya jajan, merias wajah, atau mendengar lagu kesukaan.

2. Temukan Akar Masalah
Cari tahu apa penyebab kejadian yang bikin Anda bad mood. Apakah karena kesalahan orang lain atau justru karena Anda sendiri? Dengan mengetahui akar permasalahan, Anda bisa menganalisis tindakan yang harus dilakukan.

3. Bertindaklah, Jangan Hanya Mengeluh
Setelah menemukan akar masalah, ayo bertindak agar masalahnya selesai. Jangan hanya mengeluh dan bilang “Bete!” sepanjang hari. Karena keluhan justru akan bikin hari Anda lebih buruk.

4. Ganti Suasana Jika Bosan
Bila sedang bosan, coba bangun dari kursi dan jalan-jalan sebentar untuk mengganti suasana. Misalnya ke pantry dan berbincang ringan dengan officeboy. Tapi jangan berlanjut jadi sesi curhat yang malah membuat Anda lebih galau.

5. Ubah Rutinitas Harian
Hari yang buruk juga bisa terjadi karena Anda bosan dengan rutinitas sehari-hari. Untuk mengatasi hal ini, coba ubah rutinitas. Misalnya dengan memilih jalur yang berbeda saat berangkat dan pulang kerja, atau dengan mencoba tempat makan berbeda.

6. Tetapkan Harapan yang Realistis
Banyak orang yang suasana hatinya langsung berubah drastis hanya karena kenyataan tidak sesuai dengan harapan, misalnya harapan akan penilaian kinerja tahunan atau kenaikan gaji. Karena itu, cobalah untuk tidak terlalu berharap dan memikirkan kemungkinan terburuk saat merencanakan sesuatu.

7. Belajar dari Kesalahan
Perhatikan apa yang bikin hari Anda kacau balau. Catat hal ini supaya lain kali dapat belajar dan menghindari berbagai penyebab Anda merasa galau. Paling tidak, Anda mendapatkan pelajaran berharga dari pengalaman yang buruk.

8. Tetap Berusaha Bersyukur
Buatlah catatan rasa syukur setiap awal hari, mengenai hal baik atau menyenangkan yang diterima di hari sebelumnya. Hal ini akan membantu Anda mengingat berkat yang sudah diterima. Dengan begitu mood akan kembali baik karena rasa syukur dan kesadaran Anda sangat terberkati.

Perasaan yang baik konon bisa membuat Anda menjadi terlihat lebih menarik lho. Tidak percaya? Buktikan saja.

Sumber:

Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Farraas A. Muhdiar, M.Psi. M.Sc.

Psikolog Klinis Anak & Remaja

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS