Dirilis

01 November 2017

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Berolahraga saat puasa ternyata tidak boleh sembarangan. Perhatikan polanya agar ibadah lancar dan tidak batal di tengah jalan.

Jujur saja, berpuasa biasanya bikin pola makan dan pola tidur kita berubah. Bukan cuma itu. Pola aktivitas juga berubah. Sebagian kita malah cenderung menjadi malas bergerak karena merasa asupan energi ke dalam tubuh berkurang. Padahal, percaya tidak percaya, bergerak bahkan berolahraga justru bisa membantu kita menjalankan ibadah dengan lancar, karena tubuh menjadi bugar.

Nah, agar Anda bisa berolahraga saat menjalankan puasa, coba simak kiat berikut ini:

 
  • Pilih Olahraga Ringan
Saat berpuasa, Anda disarankan untuk melakukan olahraga jenis ringan. Hindari olahraga dengan beban berat atau memiliki intensitas yang tinggi. Lalu apa saja bentuk olahraga yang dapat dilakukan? Berbagai jenis olahraga ringan dapat Anda lakukan seperti berjalan kaki, peregangan otot, naik turun tangga, yoga, dan sebagainya.

 
  • Lakukan Seperti Biasa
Jika Anda sudah terbiasa untuk berolahraga, lakukan dengan rutin seperti biasanya tanpa harus ada penambahan jarak, kecepatan, atau intensitas latihan.

 
  • Hindari Olahraga Berat
Jika Anda sedang menderita penyakit kronis, misalnya kencing manis dan hipertensi, hindari olahraga yang terlalu berat. Jika tetap ingin berolahraga, konsultasikan dengan dokter Anda agar tidak memperburuk kondisi.

 
  • Lakukan Sebelum Berbuka
Waktu yang disarankan bagi Anda untuk berolahraga adalah 90 menit sebelum berbuka puasa. Mengapa demikian? Sebab setelah berolahraga, tentu saja energi yang terbuang akan segera digantikan saat berbuka puasa. Hindari olahraga segera setelah berbuka puasa karena dapat mengganggu pencernaan.

 
  • Berhenti Jika Pusing
Hentikan olahraga saat Anda merasa pusing dan mual. Hal ini menandakan bahwa olahraga yang dilakukan terlalu berat, sehingga tubuh tidak mampu mengembalikan cadangan glikogen (karbohidrat yang disimpan dalam tubuh), yang dibakar selama olahraga.

 
  • Istirahat Saat Lelah
Usahakan untuk tidur siang dan beristirahatlah saat Anda merasa lelah selama berpuasa.

Selamat menjalankan ibadah puasa!

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera. (Gambar: www.unsplash.com)

Penilaian :

0.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aprilliani Hariastuti

23 Desember 2020

Terima kasih daya.id. artikelnya menginspirasi saya

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS