Dirilis

05 Pebruari 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Sebagian orang merasa sedih karena memiliki tubuh gemuk sedangkan orang lain memiliki tubuh ideal. Ada juga yang mengeluh karena memiliki tubuh terlalu kurus, sehingga merasa iri terhadap mereka yang bertubuh besar. Tapi tahukah Anda setiap orang memiliki tipe tubuh yang berbeda?

Ada tiga tipe tubuh manusia, yaitu ektomorph, mesomorph, dan endomorph. Masing-masing dibedakan berdasarkan rangka tulang dan komposisi tubuh. Tapi sebagian besar orang justru memiliki gabungan dari dua atau keseluruhan tipe.

Perbedaan tipe tubuh ini digunakan oleh ahli gizi, dokter ahli olahraga, dan dokter lain untuk merancang rencana latihan kebugaran individu yang lebih efektif.

a. Ectomorph
Individu dengan tipe tubuh ectomorph cenderung memiliki tubuh kurus, sedikit lemak tubuh dan sedikit otot. Tipe ectomorph merupakan tipe tubuh dengan metabolisme tinggi. Hal ini membuat Anda tetap kurus meskipun memiliki kebiasaan makan dalam jumlah besar. Anda tentu saja perlu bersabar jika ingin memiliki tubuh yang besar sebab individu ectomorph memiliki kesulitan untuk meningkatkan berat badan. Biasanya tipe tubuh ini dimiliki oleh model pakaian dan pemain basket.

b. Mesomorph
Tipe tubuh ini dianggap menjadi tipe tubuh yang paling ideal. Mengapa demikian? Sebab individu mesomorph memiliki tubuh yang padat, atletis, kuat, berotot, dan pinggang kecil. Jika Anda memiliki tipe tubuh ini, biasanya memiliki metabolisme tubuh yang seimbang sehingga tidak terlalu bermasalah dengan berat badan.

c. Endomorph
Tipe tubuh ini cukup ditakuti oleh banyak orang terutama perempuan. Bagaimana tidak? Individu endomorph memiliki banyak lemak tubuh dan otot sehingga cenderung memiliki tubuh gemuk, paha dan pinggang lebar, serta mudah mengalami kenaikan berat badan. Hal ini terjadi sebab mereka memiliki metabolisme tubuh rendah sehingga pembakaran kalori terjadi lebih lambat. Contoh figur dengan tipe tubuh ini adalah Marilyn Monroe dan Oprah Winfrey.

Jadi, termasuk ke dalam tipe apakah tubuh Anda? Coba kenali lagi untuk membantu Anda menentukan pola makan dan aktivitas fisik yang tepat.

Sumber:

Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS