Dirilis

16 Pebruari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Pernahkah Anda bertanya apa sebenarnya manfaat bekam bagi kesehatan tubuh kita? Mengingat terapi ini cukup populer di Indonesia? Terapi bekam ini awal mulanya berasal dari Tiongkok dan Mesir. Tindakan terapi bekam ini bertujuan untuk mengeluarkan racun serta senyawa berbahaya dari dalam tubuh tersebut dipercaya bisa mengurangi rasa sakit dan membuat kita menjadi rileks. Sehingga tidak mengherankan kalau orang dengan penyakit tertentu rajin melakukan bekam sebagai pengobatan alternatif.

Kegunaan dan Manfaat Bekam

Sebaiknya sebelum melakukan tindakan tertentu apalagi menyangkut kesehatan ketahui dulu apa manfaat yang sebenarnya. Termasuk ketika Anda akan melakukan bekam. Dilansir dari website kesehatan Healthline, secara umum manfaat dari terapi bekam untuk tubuh dan kesehatan yaitu sebagai berikut.

1. Membuat Tubuh Lebih Rileks

manfaat bekam untuk tubuh rileks
Saat Anda melakukan terapi bekam tubuh akan merasa seperti dipijat dengan gerakan yang lembut. Pijatan tersebut langsung terasa begitu pertama kali Anda melakukan bekam. Pemijatan dalam bekam dilakukan pada titik-titik relaksasi seperti leher dan punggung.  Pijatan ini akan menimbulkan sensasi perasaan lebih rileks sehingga tubuh terasa lebih enak dan ringan. Khasiat dari pemijatan ini yaitu meringankan nyeri pada otot, punggung serta menyembuhkan leher kaku.

2. Mengurangi Stres dan Depresi

Manfaat lain dari relaksasi yang dirasakan tubuh adalah perasaan yang lebih nyaman dan ringan sehingga seperti hilang semua beban pikiran. Rileksnya tubuh dan pikiran itulah yang akan membantu Anda untuk terhindar dari stres dan depresi akibat terlalu sibuk bekerja atau banyak pikiran.

3. Meringankan dan Menyembuhkan Sakit Kepala Serta Migrain

manfaat bekam untuk sakit kepala atau migrain
Sakit kepala ringan hingga berat serta migrain merupakan gangguan kesehatan yang sering dialami orang. Bekam bisa menjadi alternatif untuk mengurangi dan meredakan sakit kepala ringan hingga berat. Migrain atau sakit kepala sebelah yang sangat mengganggu juga bisa diatasi dengan bekam. Pusat sakit kepala terletak di bagian leher serta kepala. Melalui pemijatan pada titik tersebut dengan bekam maka sakit nyeri pada kepala akan berangsur hilang.

4. Mengeluarkan Racun Berbahaya dari Tubuh

Pada awalnya terapi bekam dilakukan di daerah Timur Tengah dengan tujuan menghilangkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh. Setiap hari ada banyak jenis racun yang masuk ke tubuh kita melalui makanan, minuman dan juga akibat polusi. Racun yang menumpuk di dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit. Saat bekam dan darah yang keluar dari tubuh warnanya pekat itu artinya banyak racun. Semakin pekat warna darah menunjukkan jumlah racun di dalam tubuh Anda tinggi.

5. Mengurangi Berat Badan

Bekam juga bisa digunakan sebagai salah satu metode untuk menurunkan berat badan dengan cara menyedot lemak dalam tubuh. Bekam dengan tujuan menurunkan berat badan akan difokuskan pada jaringan lemak di dalam tubuh. Jaringan lemak tersebut akan dikeluarkan dari tubuh lewat pori-pori kulit.
Cara penyedotan pada titik jaringan lemak membuat proses metabolisme menjadi lebih lancar. Hasil penurunan berat badan melalui terapi bekam akan maksimal kalau Anda juga mengimbanginya dengan olahraga secara teratur.

Kesehatan tubuh bisa kita jaga dengan mengambil manfaat bekam yang dilakukan secara tepat.  Bekam bisa membantu memperbaiki kondisi tubuh sehingga terhindar dari penyakit tertentu. Bekam juga bisa dimanfaatkan sebagai metode untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jika Anda masih ragu seputar manfaat bekam, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di Daya.id sebelum melakukan terapi bekam ini.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

16 Pebruari 2021

Seperti apa ya dok,frekuensi bekam yg dianjurkan?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS