Dirilis

30 Januari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Apa pentingnya memahami cara mengatasi stres? Stres merupakan reaksi yang muncul jika seseorang dihadapkan dengan perubahan, tekanan maupun ancaman yang kemudian menghasilkan respon tubuh, seperti detak jantung cepat, marah atau mungkin gugup. Stres yang dibiarkan berlarut bisa berdampak pada gangguan pada kesehatan. Untuk itu, perlu bagi kita mengetahui cara mengatasi stres yang aman, agar kesehatan dan aktivitas sehari-hari tidak terganggu karenanya.

Banyak faktor yang bisa menimbulkan stres, yaitu masalah yang menumpuk dan berlarut-larut, sehingga terus menjadi pikiran, masalah pekerjaan atau ekonomi, pekerjaan yang berat dan melelahkan. Bagi beberapa kasus yang lebih parah, kita disarankan untuk berkonsultasi pada psikolog agar mendapatkan ketenangan. Namun, ada pula cara alami bahkan tanpa biaya yang dapat membantu kita untuk mengatasi stress.

Cara Mengatasi Stress dengan Langkah Mudah

Dilansir dari jurnal kesehatan Healthline, berikut ini merupakan berbagai kegiatan, aktivitas atau cara yang dapat digunakan untuk mengatasi stres, diantaranya:

1. Lakukan Hobi dan Tarik Nafas yang Dalam

Kita bisa mulai dengan melakukan kembali hal-hal yang disukai. Seperti misalnya membaca buku, menonton film, berkuda, naik gunung, jalan-jalan dan lain sebagainya. Dengan begini, mood kita akan berangsur membaik dan menurunkan kadar stres.
Mengambil nafas yang dalam dapat menjadi cara mengatasi stres. Karena aktivitas ini mampu menurunkan hormon kortisol penyebab rasa cemas. Langkah yang dilakukan pun cukup mudah. Carilah suasana yang tenang, tutup mata, tarik nafas dalam secara perlahan, hela nafas dan lakukan hal tersebut hingga tubuh dan pikiran terasa rileks.

2. Olahraga dan Meditasi 

 melakukan olahraga dan meditasi untuk mengatasi stress

Saat mengalami stres, hindari mengurung diri atau berada sendirian di tempat yang sepi. Usahakan tubuh Anda tetap bergerak. Bisa dilakukan dengan bersepeda, jogging, yoga maupun berbagai olahraga ringan lainnya.
Stres bisa muncul akibat terlalu banyak hal yang kita pikirkan. Maka cara mengatasi stres berikutnya bisa dengan melakukan meditasi. Langkah ini bisa membuat Anda lebih fokus pada suatu hal yang baik ataupun tujuan awal Anda seperti apa.

3. Mendengarkan Musik

Tahukah Anda bahwa mendengarkan musik bisa menurunkan gangguan jiwa? Menyetel musik dengan nada lembut dapat membuat perasaan dan pikiran kita menjadi lebih tenang. Karena musik dengan jenis ini mampu menurunkan laju jantung, mengurangi tingkat kecemasan sekaligus menurunkan tekanan darah. 

4. Tertawa  dan Perbanyak Bersyukur

  cara mengatasi stress secara alami

Carilah hal-hal yang dapat menimbulkan rasa bahagia, juga hal lucu yang bisa memancing kita untuk tertawa dan perlahan melepaskan stres, pikiran atau kegundahan yang sedang dirasakan. Bisa dengan bercerita bersama teman, menonton film/ program komedi, dan lain sebagainya.

Ingat kembali hal-hal baik yang datang dan Anda alami di kehidupan. Rasakan kebahagiaan itu. Jangan biarkan stress merenggut semuanya. Syukuri setiap perjalanan dan segala pencapaian yang ada. Bersyukur, berterima kasihlah pada Tuhan. Atas kesehatan yang diberikan, untuk keluarga, untuk teman-teman yang baik dan segudang alasan lain yang patut kita syukuri.

5. Ibadah

Setelah mensyukuri berbagai nikmat tuhan yang kita rasakan, langkah lainnya yang bisa membuat kita semakin tenang adalah dengan melaksanakan ibadah. Ibadah merupakan cara seorang hamba berkomunikasi pada tuhannya. Sampaikan apa yang menjadi keluh kesah Anda selama ini. mintalah pertolongan pada-Nya yang maha segalanya. Berserahlah. Setelah ini, Anda bisa merasa lebih tenang lagi.

Berbagai cara di atas bisa dijadikan sebagai referensi bagaimana cara mengatasi stress dengan langkah mudah dan bisa langsung kita lakukan. Anda bisa menjalankan hobi yang Anda sukai, kemudian tarik nafas dengan dalam, meditasi, dan mendengarkan musik. Pada intinya, uatlah pikiran, hati dan tubuh supaya lebih tenang agar stres tidak berlarut-larut. Namun, jika dirasa stres yang Anda rasakan sudah terlampau berat, maka akan jauh lebih baik untuk segera berkonsultasi ke psikolog

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Dikutip dari Berbagai Sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

28 Januari 2021

Suka banget ama pembahasan ini,thanks daya.id

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS