Dirilis

10 Desember 2020

Penulis

Oky Setiarso

Senam ritmik merupakan kegiatan olahraga senam yang menggabungkan balet dengan tari. Olahraga tersebut memberi tambahan gerakan akrobatik di dalamnya dengan menggunakan instrumen lainnya seperti simpai, pita dan bola. Selama ini, banyak orang yang belum mengenal manfaat dari senam ini. Padahal, ada banyak sekali manfaat dari senam jenis ritmik ini untuk kesehatan tubuh kita.

Jadi, senam ini tidak semata-mata tentang estetikanya saja tetapi lebih dari itu manfaatnya sangat baik dan berguna untuk tubuh. Namun, disarankan untuk anak-anak yang usianya di bawah 6 tahun sebaiknya tidak melakukan gerakan senam jenis ritmik terlebih dahulu.

Manfaat Senam Ritmik Bagi Kesehatan Manusia Baik Fisik Maupun Mental

Senam jenis ritmik ini juga bisa menjadi salah satu olahraga ringan yang dilakukan di rumah. Baik laki-laki maupun perempuan bisa melakukan senam ini, meskipun sebagian besar pelaku senam ini adalah perempuan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari olahraga ritmik yang diambil dari website kesehatan Rhythmic Gymnastics May Help Girls Build Strong Bones :

1. Meningkatkan Kondisi Fisik dan Fleksibilitas

Olahraga senam yang satu ini memerlukan gerakan yang cukup sulit dan bisa menguji tingkat elastisitas tubuh Anda. Itulah sebabnya olahraga ritmik juga bisa meningkatkan fleksibilitas seseorang setiap tahunnya. Stabilitas yang diperlukan ketika sedang melakukan olahraga juga akan membentuk otot menjadi kuat. Otot yang berkembang ini bisa membantu meningkatkan metabolisme, membakar kalori dan juga menambah nafsu makan dan istirahat.

2. Memperbaiki Postur Tubuh serta Meningkatkan Kesadaran pada Kondisi di Sekitarnya

Bukan hanya persyaratan secara fisik, tetapi ritmik juga menekankan estetika. Artinya anak-anak juga harus menyadari gerakan yang dilakukan oleh mereka. Selain bisa memperbaiki bentuk postur tubuh yang buruk, melakukan olahraga ritmik ini juga bisa membuat seseorang sadar akan lingkungan yang ada di sekitarnya. Ritmik juga mampu menghindari terjadinya cedera karena kesembangan sangat terlatik pada olahraga ini.

3. Melatih Konsentrasi

Manfaat lainnya dari olahraga ritmik ini tak hanya baik untuk tubuh secara fisik saja. Namun olahraga ini merupakan jenis olahraga yang membutuhkan perencanaan terlebih dahulu. Sehingga, anak yang melakukan olahraga ini juga memerlukan konsentrasi tinggi pada apa yang dilakukan.

4. Merangsang Koordinasi

Unsur lainnya dari olahraga ritmik ini adalah musik. Yang dimana musik tersebut dapat merangsang pendengaran, sehingga orang yang ada di posisi tersebut mengharuskan mereka, untuk mengkoordinasikan gerakan dengan musik.

5. Meningkatkan Kualitas Hidup Secara Menyeluruh

Selain meningkatkan kondisi fisik seseorang, olahraga ritmik ini juga bisa membantu seseorang dalam mengembangkan propriosepsi yang mereka miliki. Sehingga mereka bisa membangun rasa percaya diri dan harga diri. Seseorang yang menekuni bidang olahraga ritmik harus berinteraksi dengan para pelatih dan suatu kelompok tertentu. Supaya mereka juga bisa bekerja dengan tim, memiliki kesenangan dalam berkelompok serta adanya dukungan timbal balik.

Dalam melakukan senam ritmik diperlukan waktu latihan yang tidak sebentar sampai memiliki keahlian di bidang tersebut. Jadi, tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter ahli keolahragaan ketika akan mencoba senam ritmik ini. Dengan begitu, Anda bisa melakukan senam ini dengan lebih aman dan nyaman.

Untuk informasi lain terkait tips kesehatan maupun informasi tentang penyakit lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi Daya.id!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Zeth Boroh, Sp.KO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS