Dirilis

20 Juli 2021

Penulis

Adila Naura

Rekan kerja bisa jadi salah satu alasan seseorang bertahan di tempat kerja. Sementara itu, hasil survei yang dilakukan oleh OfficeTeam menemukan bahwa 66% responden memiliki kemungkinan besar untuk resign atau keluar dari tempat kerja jika mereka merasa tidak diapresiasi oleh sekitarnya. 

Makanya, sangat penting untuk membuat rekan kerja merasa nyaman dan betah bekerja bersama Anda. Salah satu caranya adalah dengan memberikan apresiasi, apalagi jika ia adalah orang yang bisa sangat Anda andalkan. 

Lantas, bagaimana cara memberikan apresiasi kepada rekan kerja? Berikut adalah beberapa cara memberikan apresiasi kepada rekan kerja dilansir dari Harvard Business Review.


 

Mulai Komunikasi

Interaksi sederhana seperti menyapa rekan kerja Anda lebih dulu merupakan salah satu cara untuk memberikan apresiasi. Mendengar sapaan seperti “Selamat pagi” atau “Apa kabar?” dari sesama rekan kerja membuat mereka merasa mendapatkan pengakuan formal. 

Jika Anda membuat rutinitas yang memungkinkan rekan kerja Anda untuk berbagi cerita dengan Anda mengenai apa yang mereka lakukan atau kerjakan, rekan kerja Anda akan merasa lebih nyaman, dikenal, dan tidak terabaikan. Perasaan-perasaan tersebut merupakan salah satu wujud penghargaan sesama rekan kerja yang tersirat.


Berikan Umpan Balik

Menerima umpan balik yang positif dan memicu perkembangan adalah salah satu hal yang membuat rekan kerja merasa dihargai. Jika rekan kerja hanya menerima pujian tanpa diimbangi dengan saran yang berorientasi pada perkembangan atau perbaikan, rekan kerja akan mempertanyakan seberapa valid umpan balik positif yang Anda berikan. 

Di sisi lain, rekan kerja yang sering menerima umpan balik kurang baik akan menyerah karena merasa dirinya tidak pernah bisa melakukan sesuatu dengan benar. 

Salah satu trik memberikan umpan balik yang seimbang adalah dengan menghindari memberikan kedua jenis umpan balik sekaligus. Sebagian besar orang menggunakan teknik sandwich ketika memberikan umpan balik, yaitu memasukkan umpan balik negatif di atas dua lapisan umpan balik positif. Teknik sandwich ini dapat membuat rekan kerja Anda bingung, apakah kinerjanya sudah baik atau butuh perbaikan. Maka, pastikan untuk memisahkan dengan jelas antara positive feedback dan developmental feedback.

 

Baca juga: Cara Membuat Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Produktif

 

Ucapkan Terima Kasih

Jika sudah terlalu nyaman dengan seseorang, seringkali kita melupakan hal-hal kecil yang sebenarnya wajib dilakukan seperti mengucapkan terima kasih. 

Anda dapat menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan kerja Anda secara langsung dan spesifik. Jangan lupa untuk menyebutkan apa yang membuat Anda bersyukur atas rekan kerja Anda. Tindakan sederhana seperti ini dapat meningkatkan mood rekan kerja Anda sepanjang hari. 

Terkadang, ucapan terima kasih yang tulus merupakan satu-satunya hal yang ingin didengar seseorang.


Jadikan Kebiasaan

Meluangkan beberapa menit untuk memberi tahu rekan kerja Anda secara spesifik apa yang Anda hargai dari kontribusi mereka dapat memberikan dampak yang luar biasa. Anda dapat menjadikan hal ini sebagai rutinitas, mungkin dengan menghabiskan 15 menit pertama setiap minggu Anda untuk menulis thank you notes alias catatan terima kasih pribadi, atau dengan memulai pertemuan tim Anda dengan sapaan singkat berisi pengakuan pencapaian masing-masing anggota tim. 

Selain pengakuan verbal, contoh penghargaan rekan kerja lainnya adalah dengan memberikan hadiah kecil atau afeksi. Misalnya, memberikan makanan, kartu hadiah, membuat jadwal makan-makan tim, atau menyempatkan kunjungan singkat untuk mendiskusikan pekerjaan setiap harinya.

 

Baca juga: Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dan Berwibawa di Kantor

 

Demikianlah beberapa cara dalam mengapresiasi rekan kerja. Memberikan apresiasi adalah salah satu cara untuk membuat rekan kerja betah bekerja bersama, dan merasa memiliki koneksi dengan Anda. 

Jika Anda ingin bertanya kepada ahli mengenai cara mengapresiasi rekan kerja lebih lanjut, Anda dapat menggunakan fitur Tanya Ahli dan mendapat jawaban langsung dari ahlinya. Pastikan anda mendaftar di www.daya.id dan dapatkan informasi mengenai karir secara gratis.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.8

5 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Muthmainah Mufidah, M.Psi

Psikolog Klinis Dewasa

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS