Dirilis

23 Januari 2021

Saat ini, banyak orang yang mencari bagaimana cara melamar kerja online. Hal ini tidak mengherankan karena dengan semakin berkembangnya zaman, melamar pekerjaan juga bisa dilakukan secara online. Dalam melamar kerja online ini Anda harus memperhatikan bagaimana kualitas hasil foto atau scan dokumen yang nantinya akan Anda kirim.

Sebab, dalam proses melamar kerja secara online setiap syarat dokumen harus dikumpulkan secara digital. Jangan sampai foto terbaru Anda tidak jelas atau hasil scan dokumen juga pecah dan tak bisa dibaca. Selain itu, pastikan kembali bahwa Anda sudah mengirim seluruh persyaratan dokumen yang diminta oleh perusahaan.

Tips dan Cara Melamar Kerja Online dengan Langkah yang Tepat

Lalu, bagaimana cara melamar kerja online yang mudah, cepat tapi dilalui dengan langkah tepat. Simak tips di bawah ini:

1. Menyiapkan CV Terlebih Dulu

Sebelum Anda mulai melamar pekerjaan maka Anda harus menyiap CV terlebih dahulu. Sebagian besar perusahaan biasanya meminta persyaratan cover letter juga. CV yang Anda buat ini harus memenuhi data diri Anda dengan lengkap. Kemudian simpan file dengan nama anda agar mudah diingat oleh tim HRD. Selain itu, cover letter yang cocok dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar saat ini.

2. Menyiapkan Data Pengalaman Bekerja

Anda juga harus memberi tahu informasi mengenai pengalaman bekerja Anda selama ini. Pada umumnya, perusahaan yang membuka loker online ingin memperoleh data yang sama dengan yang biasa Anda berikan pada cara melamar konvensional. Sehingga pengalaman bekerja ini juga penting. Sertakan juga posisi jabatan, periode bekerja dan gaji yang Anda peroleh di perusahaan terdahulu.

3. Mempelajari Contoh Format CV yang Benar

Langkah selanjutnya adalah pelajari contoh format CV yang benar. Ada banyak contoh format CV yang bisa Anda gunakan di platform online. Anda bisa menggunakan salah satunya sebagai contoh, dalam pembuatan CV yang unik dan menarik. Tapi pastikan Anda telah memilih contoh CV yang tepat dan sesuai dengan kriteria perusahaan yang dituju.

4. Mencari Lowongan Kerja Online

Anda bisa mencari lowongan kerja secara online di berbagai situs internet atau platform yang berkaitan. Ada banyak portal kerja lengkap di internet yang bisa Anda sesuaikan posisi pekerjaannya dengan keahlian atau latar belakang pendidikan Anda. Temukan lowongan kerja yang spesifikasinya sesuai dengan yang Anda miliki saat ini.

5. Daftar Pekerjaan Langsung dari Situsnya

Situs resmi suatu perusahaan juga bisa menjadi sumber informasi lowongan pekerjaan yang tepat. Khususnya jika Anda ingin melamar ke perusahaan besar. Secara umum, perusahaan besar mempunyai halaman aplikasi kerja secara online yang ada di situs resmi yang mereka miliki. Maka lamaran kerja online yang Anda ajukan bisa langsung di apply di situs resmi perusahaan mereka. Hal itu lebih mudah dilakukan karena tujuan Anda tepat sasaran.

Memahami bagaimana cara melamar kerja online memang sangat penting untuk dipahami oleh setiap para pencari kerja. Dengan mengetahui dan menguasai berbagai cara ini, proses melamar pekerjaan yang akan dilakukan, diharapkan bisa berjalan dengan lancar. Sehingga, Anda bisa diterima di perusahaan tujuan Anda. Anda juga bisa berkonsultasi dengan psikolog dari Daya.id untuk berkonsultasi seputar pekerjaan dan karir.

Dengan berkonsultasi kepada ahlinya, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan bekal yang matang dari segi kesiapan mental untuk melamar pekerjaan di perusahaan tujuan Anda. Untuk informasi lain terkait tips usaha maupun produk keuangan lainnya. Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi keuangan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, yuk kunjungi Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Tim Penulis Daya

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

5 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS