Dirilis

11 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Bagi masyarakat Indonesia, minyak kayu putih pasti sudah sangat familiar. Manfaat minyak kayu putih yang selama ini dimanfaatkan adalah khasiatnya yang sangat baik untuk menghangatkan tubuh, masuk angin, sakit kepala, atau gatal. Minyak kayu putih memiliki aroma yang cukup kuat dan biasanya dikemas menggunakan botol sehingga sangat praktis untuk dibawa.

Perlu diketahui jika minyak kayu putih ini berasal dari hasil destilasi uap ranting dan juga daun segar pohon kayu putih. Minyak kayu putih yang sudah melalui proses destilasi akan memiliki kandungan bahan kimia yang bernama sineol. Bahan kimia inilah yang menghasilkan sensasi hangat setelah dioleskan di kulit.

 

Ini Dia 8 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari laman Organic Facts, dalam sebuah artikel yang berjudul Benefits of Cajuput Essential Oil, inilah berbagai manfaat minyak kayu putih:
 

 

1. Bisa Melegakan Napas

Hidung tersumbat membuat seseorang tersiksa karena kesulitan untuk bernafas. Namun, hal ini bisa ditangani dengan minyak kayu putih. Kandungan yang ada di dalam minyak kayu putih yang bersifat dekongestan dan ekspektoran dapat membantu melegakan hidung dan tenggorokan. Tidak hanya itu, minyak kayu putih juga mampu mengobati batuk, laryngitis, bronchitis, laringitis dan gangguan pada saluran pernapasan lainnya.
 

 

2. Mengurangi Demam

manfaat minyak kayu putih untuk demam
Minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk mengurangi demam dengan cara melawan infeksi dan merangsang untuk berkeringat sehingga tubuh menjadi dingin. Senyawa yang ada di dalamnya secara efektif mampu merangsang kelenjar Eccrine, yakni kelenjar produksi keringat. Selain itu, minyak kayu putih juga dapat  membantu tubuh membuang racun melalui keringat.
 

 

3. Menghilangkan Gatal Akibat Serangan Serangga

Apabila digigit serangga lalu terasa gatal-gatal, maka minyak kayu putih bisa menjadi solusinya. Hal ini berkaitan dengan sifatnya yang anti peradangan. Menariknya lagi, sifat ini bahkan mampu mengusir serangga.
 

 

4. Mengatasi Infeksi Kulit

Minyak kayu putih juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti bahan untuk mengatasi infeksi kulit. Kandungan sineol yang ada di dalamnya memberikan sensasi hangat sehingga mampu mengurangi rasa nyeri atau infeksi ketika dioleskan pada kulit. Namun, perlu diperhatikan, tidak dianjurkan untuk mengoleskan minyak kayu putih pada luka yang terbuka ataupun infeksi kulit berat.

 

5. Mengatasi Perut Kembung

manfaat minyak kayu putih untuk perut kembung
Manfaat minyak kayu putih selanjutnya yaitu bisa mengatasi perut kembung. Manfaat ini sangat dirasakan terutama bagi mereka dengan aktivitas yang beresiko masuk angin dan mengakibatkan perut kembung. Minyak kayu putih memiliki sifat karminatif yang bermanfaat untuk mencegah pembentukan gas dan membantu menghilangkan gas yang terbentuk di susu.

Hal inilah yang berperan dalam mencegah perut kembung. Selain sifat karminatif, minyak kayu putih memiliki kandungan sineol yang memberikan efek hangat. Senyawa ini yang berperan dalam meredakan masuk
 

 

6. Meredakan Kram Perut

Ternyata minyak kayu putih juga bermanfaat bagi perempuan ketika sedang menstruasi. Kram perut pada saat menstruasi dapat diredakan dengan mengoleskan minyak kayu putih. Manfaat ini berkaitan dengan sifat antispasmodik, yang dipercaya efektif membantu meredakan kram perut.
 

 

7. Meredakan Rasa Sakit

Minyak kayu putih merupakan salah satu analgesik alami, yakni bahan Pereda rasa sakit. Tidak hanya rasa sakit pada area perut, minyak ini juga dapat meredakan rasa sakit pada kepala. Caranya sangat sederhana. Oleskan minyak ini (bisa dicampur dengan bahan lain) pada bagian yang sakit tersebut. Selain perut dan kepala, minyak kayu putih juga mampu meringankan nyeri pada sendi.

 

8. Berpotensi Mencegah Covid-19

Minyak kayu putih juga sempat ramai di media, ketika diperbincangkan oleh Menteri Pertanian. Minyak ini memiliki potensi mencegah infeksi Covid-19. Bahan alami ini memiliki peran sebagai antivirus karena adanya bahan aktif seperti atsiri eucalyptus. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat kayu putih untuk Covid-19.

Nah itulah 8 manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan tubuh. Diantara manfaat tersebut adalah untuk meredakan demam, menghilangkan rasa gatal akibat serangga, hingga untuk meredakan kram perut. Mengingat khasiatnya yang luar biasa, tidak heran jika kayu putih menjadi obat yang banyak dimiliki masyarakat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli kesehatan dari Daya.id seputar khasiat dan manfaat dari minyak kayu putih selengkapnya.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS