Dirilis

11 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat minyak kelapa ini tidak terlepas dari berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya. Salah satu kandungan yang dimiliki yaitu lemak jenuh yang tinggi seperti medium chain triglycerides (MCT). Lalu, apa saja fakta dan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh?


Fakta dan 7 Manfaat Minyak Kelapa

Dilansir dari website kesehatan Medical News Today, dalam sebuah artikel yang berjudul Coconut Oil: Health Benefits, Nutritional Breakdown, inilah berbagai manfaat minyak kelapa untuk kesehatan:
 


1. Menekan Risiko Penyakit Jantung

manfaat minyak kelapa menurukan resiko jantung

Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan lemak jenuh sehat. Lemak jenuh sehat ini bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL)  dan membantu mengubah kolesterol jahat (LDL) menjadi bentuk yang lebih jinak. Maka dari itu, minyak kelapa bisa berguna untuk melindungi seseorang dari penyakit jantung.

 

2. Mencegah dan Mempercepat Pengobatan Kanker 

Kandungan lainnya yang terdapat di minyak kelapa adalah asam lemak rantai sedang (MCT). Keberadaan kandungan ini membuat minyak kelapa lebih mudah diserap oleh hati dan juga metabolisme dengan cepat. Hal ini berarti asam lemak sehat bisa diolah lebih lanjut menjadi keton. Keton berguna untuk sebagai penghalang tumor serta menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. 


3. Memerangi Peradangan

Manfaat minyak kelapa selanjutnya yaitu bisa memerangi peradangan. Hal ini dikarenakan minyak kelapa diperkaya oleh antioksidan penangkal radikal bebas yang merupakan penyebab peradangan. Sebuah studi yang dilakukan mengungkapkan bahwasanya kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak kelapa berperan sebagai antiinflamasi. Antiinflamasi ini berguna untuk memerangi gejala infeksi dan juga peradangan dalam tubuh.


4. Mencegah Osteoporosis

manfaat minyak kelapa mencegah osteoporosis

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya minyak kelapa bisa membantu tubuh untuk menyerap vitamin yang larut dalam lemak, contohnya seperti kalsium dan magnesium. Tubuh manusia yang mendapatkan cukup asupan kalsium akan mengarah pada struktur serta kepadatan tulang yang lebih kuat. Maka dari itu, mengkonsumsi minyak kelapa bisa membantu mengurangi timbulnya gejala tulang yang diakibatkan oleh osteoporosis.   


5. Bisa Menstabilkan Gula Darah 

Semua jenis makanan yang diperkaya oleh kandungan MCT, 65 persen diantaranya bisa diperoleh dari minyak kelapa. MCT ini sudah terbukti bisa meningkatkan toleransi glukosa serta mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu, keberadaan MCT juga bisa memelihara aksi dan resistensi insulin. Minyak kelapa juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe  2


6. Memelihara Kesehatan Rambut dan Kulit

Khasiat dari minyak kelapa bisa dirasakan dengan cara dikonsumsi lewat mulut. Selain itu, juga bisa digunakan untuk bahan kosmetik. Kegunaan minyak kelapa dalam kosmetik yaitu untuk meningkatkan kesehatan serta penampilan kulit maupun rambut. Penelitian yang sudah pernah dilakukan menyatakan jika minyak kelapa sangat efektif digunakan untuk pelembab kulit. 


7. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Minyak kelapa dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan di dalam minyak kelapa terdapat komponen khas yang bernama MCT. MCT diyakini bisa membuat lemak yang ada di minyak kelapa bisa langsung diolah menjadi energi. Selain itu, tidak akan menumpuk terlalu lama di tubuh. 

Namun, perlu ditekankan bahwasanya minyak kelapa bukan satu-satunya solusi untuk menurunkan berat badan ya. Anda harus tetap mengimbanginya dengan rutin olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. 

Nah itulah fakta dan 7 manfaat minyak kelapa yang harus diketahui. Dari informasi ini dapat diketahui manfaat minyak kelapa sangat beragam untuk kesehatan. Mulai dari untuk kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, hingga mencegah peradangan. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi dari Daya.id seputar nilai gizi dan manfaat minyak kelapa selengkapnya. 

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!      

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS