Dirilis

02 Desember 2020

Daun bawang biasanya dijadikan sebagai pelengkap masakan. Tapi ternyata tidak hanya untuk masakan saja, sebab banyak manfaat daun bawang yang bisa digunakan untuk kesehatan. Bahkan bisa dibilang bahwa kandungan nutrisi daun bawang setara dengan tablet multivitamin.

Lalu apa saja gizi yang terkandung di dalam daun bawang ini? Tentu banyak kandungan gizi di dalam daun bawang, yaitu seperti kandungan, besi, air, energi, fosfor, kalsium, kalium, karbohidrat, lemak, natrium, protein, retinol, serat, tembaga, vitamin c, dan masih banyak lagi. 

Dilansir dari Kemenkes dan jurnal Internasional Healthline, maka berikut beberapa manfaat daun bawang!

1. Untuk Menunjang Sistem Reproduksi Bayi

Untuk ibu hamil, sangat bagus jika mengkonsumsi daun bawang. Karena salah satu manfaat daun bawang yaitu dapat menopang perkembangan janin. Karena dalam daun bawang mengandung zat besi, yang sangat baik untuk ibu hamil. 

2. Mencegah Munculnya Anemia Pada Ibu Hamil

Biasanya banyak ibu hamil yang mengalami masalah anemia. Karena saat hamil, otomatis tubuh membutuhkan pasokan darah yang lebih besar dari orang biasanya. Pasokan darah tersebut bertujuan untuk membantu perkembangan janin. Karena zat besi yang ada dalam daun bawang, zat besi itulah yang menjadi senyawa penting untuk memproduksi sel darah merah. Jangan terlewatkan pula untuk selalu makan-makanan bergizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daun bawang selanjutnya yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ibu hamil cenderung mudah lelah, dengan begitu dapat mengkonsumsi daun bawang. Karena daun bawang mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut mampu mengurangi rasa sakit yang muncul saat hamil.

Selain itu, vitamin C yang dikandung oleh daun bawang juga mampu melindungi tubuh dari berbagai senyawa radikal bebas. Juga mampu mencegah adanya penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, misalnya seperti penyakit batuk dan flu.

4. Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Daun bawang merupakan jenis sayuran yang masuk kedalam golongan bawang-bawangan atau bisa dibilang daun bawang masuk ke kelompok allium. Biasanya sayuran yang  masuk kedalam kelompok allium dapat mengurangi faktor resiko adanya penyakit jantung. 

Senyawa pada daun bawang seperti kaempferol memiliki sifat anti inflamasi. Yang dapat berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung dan mengurangi adanya peradangan. Selain untuk menghindari adanya penyakit jantung, manfaat daun bawang yang lain adalah juga mampu mencegah terjadinya stroke. 

5. Mampu Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat daun bawang juga tidak terlepas dari kesehatan tulang. Hal itu karena daun bawang merupakan sumber vitamin K. Seperti yang kita tahu, bahwa vitamin K merupakan vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Entah itu saat masa kehamilan ataupun setelahnya. 

Selain vitamin K, daun bawang juga memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak. Itulah mengapa daun bawang terkenal cukup baik dalam hal perkembangan janin. Kalsium jiga tidak hanya untuk pertumbuhan saja, tapi juga bisa untuk mengatasi nyeri pada punggung, insomnia, serta kram kaki. 

6. Sebagai Sumber Asam Folat

Untuk para ibu hamil, asam folat merupakan salah satu kandungan yang sangat diperlukan. Jika ibu hamil mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat secara rutin, maka dapat mengurangi resiko kecacatan pada bayi. Jika dihitung, satu daun bawang setara dengan 25 persen dari asupan harian asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. 

Itulah beberapa manfaat daun bawang untuk ibu hamil dan bayi, serta berbagai gizi yang terkandung didalam daun bawang. Dengan mengetahui informasi ini, diharapkan ibu hamil bisa lebih mengetahui zat makanan apa saja yang memiliki gizi baik untuk pertumbuhan janin. Ibu hamil juga bisa berkonsultasi langsung dengan ahli gizi seputar makanan yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan. 

Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan penyakit lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Yuk, kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS