Dirilis

03 Desember 2020

Banyak jenis rempah yang tidak hanya berguna untuk masakan, tetapi juga memiliki khasiat untuk kesehatan, seperti bawang putih. Manfaat bawang putih bagi kesehatan juga sudah digunakan pada zaman Mesir kuno, India, dan Tiongkok. Tidak hanya bawang putih yang sudah dimasak saja yang mengandung banyak manfaat, justru dengan Anda mengkonsumsi bawang putih dengan mentah, akan lebih memberikan manfaat kesehatan yang sangat baik. Dilansir dari website kemenkes dan jurnal Internasional Phytomedicine, maka berikut manfaat bawang putih:

1. Mampu Meredakan Infeksi, Pilek, dan Radang

Bawang putih mengandung banyak anilin yang mampu meredakan infeksi, radang, dan juga pilek. Apalagi jika Anda mengkonsumsi bawang putih mentah. Allicin sendiri merupakan salah satu senyawa yang memiliki fungsi sebagai antivirus, antijamur, dan juga antimikroba. Organisme-organisme yang menyebabkan beberapa penyakit mampu dibunuh oleh senyawa acilin tersebut.

Studi dalam Jurnal Advances in Therapy menyatakan jika kita makan bawang putih secara mentah, mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi kalau Anda makan bawang putih mentah pada musim flu, Anda tidak akan terkena penyakit flu. 

2. Dapat Mencegah Kanker 

Manfaat bawang putih yang satu ini tampaknya sedang diteliti oleh banyak peneliti di dunia. Pasalnya, kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ganas dan kesempatan untuk sembuh hanya sedikit. Namun, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa bawang putih mampu menekan sel-sel kanker.

Ada juga penelitian lain yang menyatakan bahwa apabila seseorang mengkonsumsi bawang putih secara rutin, akan beresiko lebih kecil untuk terkena kanker usus besar. Terlepas dari berbagai penelitian tadi, bawang putih ini masih harus diteliti lagi dalam skala besar untuk bisa menerapkannya sebagai pengobatan medis.

3. Obat untuk Menurunkan Kolesterol 

Manfaat bawang putih untuk kesehatan selanjutnya yaitu, dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol. Ada suatu penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Postgraduate Medicine, menyatakan bahwa jika seseorang mengkonsumsi sebanyak 10 gram bawang putih mentah, mampu menaikan kadar kolesterol baik, dan menurunkan kadar kolesterol jelek pada tubuh. Namun jangan lupa juga untuk makan-makanan bergizi khusus meningkatkan daya tahan tubuh dalam menstabilkan kolesterol kita. 

4. Dapat Digunakan Sebagai Pengendali Tekanan Darah

Pada bawang putih mentah mengandung kandungan polisulfida yang telah terbukti mampu mengendalikan tekanan darah untuk Anda yang terkena hipertensi. Karena adanya kandungan polisulfida tersebut dapat membantu melegakan serta dapat membuka pembuluh darah, supaya tidak mendapatkan tekanan yang terlalu besar. Untuk membuktikannya, Anda bisa mengkonsumsi bawang putih mentah ini secara rutin selama tiga bulan. Maka tekanan darah Anda akan menurun sampai dengan 10 mmHg.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung 

Salah satu manfaat bawang putih yang cukup penting untuk kesehatan yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Jantung sendiri merupakan salah satu organ dalam yang sangat penting untuk tubuh manusia. Jika jantung tidak berdetak, itu tandanya kita meninggal. Oleh karena itu banyak orang yang meninggal karena serangan jantung yang mendadak.

Dengan Anda mengkonsumsi bawang mentah, maka akan membantu Anda untuk mengurangi penumpukan plak yang ada pada arteri koroner, lebih tepatnya yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung. Hal ini cocok untuk kalian yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit jantung atau sistem metabolisme yang sedang terganggu.

Itulah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh sehari-hari. Masih ada banyak manfaat bawang putih yang bisa Anda dapatkan. Namun, apabila berbagai penyakit tersebut tidak segera atau sembuh, maka akan sangat dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Sehingga bisa didapatkan penanganan yang terbaik. 

Untuk informasi lain terkait gaya hidup sehat dan penyakit lainnya, Anda bisa membacanya di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Yuk, kunjungi Daya.id sekarang juga! 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Aliah Abdullah

07 Desember 2020

Kalo bawangnya udah diolah boleh ga dok?

Balas

. 0

Aliah Abdullah

07 Desember 2020

Kalo bawangnya udah diolah boleh ga dok?

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS