Dirilis

08 Januari 2018

Penulis

Tim Penulis Daya Sehat Sejahtera

Sebenarnya junk food berasal dari bahan makanan alami, hanya saja pengolahannya tidak benar sehingga terjadi penambahan jumlah gizi yang berlebihan untuk tubuh. Padahal, tubuh membutuhkan gizi seimbang.

Junk food atau makanan sampah merupakan istilah yang diberikan pada makanan tinggi gula atau lemak, namun hanya mengandung sedikit serat, protein, vitamin, dan mineral. Contohnya mie instant, gorengan, daging olahan, buah kalengan, minuman kemasan, dan lain sebagainya.

Risiko Terlalu Banyak Konsumsi Junk Food
Terlalu banyak mengonsumsi junk food tentu saja dapat membahayakan kesehatan Anda. Berikut ini beberapa gangguan dan penyakit yang mungkin timbul:
  • Kegemukan.
  • Meningkatkan risiko berbagai penyakit tidak menular termasuk kanker.
  • Gigi berlubang, akibat tingginya kandungan gula.
  • Gangguan keseimbangan tubuh dan sistem reproduksi akibat adanya hormon dan antibiotik.
  • Meningkatkan risiko batu ginjal akibat kandungan zat fosfor dalam minuman bersoda.

Pilih Gizi Seimbang
Seperti disebut sebelumnya, jumlah gizi dalam junk food itu berlebihan. Sementara tubuh membutuhkan gizi seimbang agar bisa berada dalam kondisi terbaik. Seperti apa gizi seimbang itu?

Pemerintah Republik Indonesia merekomendasikan dalam simbol tumpeng gizi seimbang, dengan keterangan sebagai berikut:
  1. Makanan pokok. Sebagai sumber energi. Dikonsumsi 3-4 porsi dalam sehari. Contoh makanan dalam kategori ini adalah nasi, pasta, mie, umbi-umbian, roti dan lain-lain.
  2. Sayur dan buah. Sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral. Serat dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama sehingga dapat mengurangi keinginan kita untuk makan cemilan. Anda disarankan mengonsumsi 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah setiap harinya.
  3. Protein. Berguna untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak serta menjaga keseimbangan fungsi tubuh. Sumber protein bisa dari hewan (susu, ikan, daging telur) maupun tumbuhan (tahu, tempe, kacang-kacangan). Konsumsi protein diperlukan sebanyak 2-4 porsi dalam sehari.
  4. Gula, garam serta minyak. Ini merupakan bagian teratas tumpeng gizi seimbang. Konsumsi makanan perlu dibatasi yaitu 5 sendok makan minyak, 1 sendok teh garam, dan 4 sendok makan gula dalam sehari

Yuk, pilih makanan dengan gizi seimbang.

Sumber:

Tim Riset Daya Sehat Sejahtera

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Mohammad Rizky Yudho

10 Januari 2018

Mantap infonya, terima kasih

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM

Ahli Gizi (Dietisien)

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS