Dirilis

08 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu jenis rempah yang cukup banyak ditemui di Indonesia dan ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia adalah cengkeh. Manfaat cengkeh tidak hanya untuk menambah cita rasa pada masakan atau minuman. Lebih dari itu, rempah beraroma khas dengan nama latin syzygium aromaticum ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa lagi manfaat cengkeh yang bisa kita dapatkan? Simak uraiannya pada pembahasan kali ini.
 

Sederet Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan



Melansir dari laman KlikDokter - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, inilah berbagai manfaat cengkeh untuk tubuh pria dan wanita:

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat pertama dari cengkeh adalah untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Terdapat sebuah studi di tahun 2006 yang mengatakan bahwa rempah cengkeh ini mampu menurunkan kadar gula darah dengan cara merangsang aktivitas insulin, sehingga tanaman herbal yang satu ini dikenal baik untuk mengontrol diabetes.


2. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Melancarkan Pencernaan

manfaat cengkeh  untuk kolesterol dan pencernaan

Selain dapat menurunkan kadar gula darah, cengkeh juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi dari American Heart Association. Manfaat cengkeh berikutnya adalah mampu menjadikan pencernaan lebih lancar sekaligus mengatasi masalah pencernaan lain seperti: perut kembung maupun adanya gas di dalam perut. Hal ini dikarenakan kandungan minyak esensial yang ada di dalamnya mampu membunuh bakteri jahat yang ada di dalam perut.

3. Mengatasi Batuk Berdahak


Jika Anda sedang mengalami batuk berdahak, tanaman rempah yang satu ini dapat menjadi salah satu solusi alami yang bisa digunakan. Komponen eugenol yang ada pada cengkeh mampu berfungsi sebagai ekspektoran yang dapat bantu mengeluarkan dahak.
Selain itu, manfaat cengkeh berikutnya adalah dapat digunakan oleh penderita sakit tenggorokan. Karena rempah yang satu ini juga dapat berfungsi sebagai antibakteri dan anti nyeri yang dapat mengurangi nyeri, radang dan gatal pada tenggorokan.


4. Bantu Meredakan Stres dan Sebagai Obat Nyamuk Alami


manfaat cengkeh

Eugenol yang terkandung dalam cengkeh, selain baik untuk batuk berdahak juga membuat wangi dari rempah ini nyaman untuk dihirup sekaligus membuat kita lebih merasa relaks dan bantu mengurangi tingkat stres yang dialami.
Wangi pada cengkeh, selain dapat mengatasi stres juga dipercaya mampu berfungsi sebagai obat nyamuk alami. Bahkan, mengoleskan minyak cengkeh pada tubuh dipercaya dapat menghindarkan Anda dari gigitan nyamuk.


5. Meredakan Jerawat

Cengkeh juga dapat membantu untuk atasi masalah yang umumnya terjadi pada wanita, yaitu jerawat. Zat antibakteri dan anti radang yang ada pada cengkeh dipercaya dapat menjadi solusi atas permasalahan kulit ini.


6. Mengatasi Nyeri Gigi

Bagi Anda yang sedang mengalami nyeri pada gigi, cengkeh dapat menjadi salah satu cara pengobatan alami. Karena komponen antiradangnya mampu mengurangi nyeri pada area gigi yang bengkak dan menghilangkan nyeri gigi. Lebih dari itu, cengkeh juga dipercaya mampu mengatasi bau mulut.


7. Mengatasi Nyeri Sendi

Lagi-lagi, khasiat antinyeri dan antiradang yang terdapat pada cengkeh juga mampu mengurangi rasa nyeri pada sendi dan membuat otot lebih relaks juga nyaman. Terutama jika dioleskan pada area yang mengalami cedera.
Itulah 7 manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh. Dari informasi ini bisa kita ketahui bahwa cengkeh tidak hanya berfungsi sebagai penambah aroma bagi makanan atau minuman saja. Lebih dari itu,  cengkeh juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, mulai dari nyeri sendi, menurunkan kadar kolesterol, melancarkan pencernaan, dan lain sebagainya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi dari Daya.id seputar nilai gizi dan manfaat yang ada pada cengkeh atau jenis makanan lain selengkapnya.
Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

1 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS