Dirilis

08 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Bukan hanya darah tinggi, penyebab darah rendah juga harus Anda ketahui dan kenali agar tidak berakibat buruk pada kesehatan. Kebanyakan orang hanya peduli dengan kasus darah tinggi saja yang dianggap berbahaya sehingga cenderung mengabaikan tekanan darah rendah atau hipotensi. Padahal kondisi hipotensi pada seseorang sama berbahayanya dengan hipertensi atau darah tinggi.

Akibat yang paling sering terjadi kepada mereka yang hipotensi adalah pingsan dengan tiba-tiba yang disebabkan oleh hal sederhana seperti terlalu lama berdiri. Pada umumnya tekanan darah dianggap rendah jika berada di angka 90/60 mmHg. Nah, sebenarnya faktor apa sajakah yang menyebabkan seseorang mengalami darah rendah?


Faktor Penyebab Tekanan Darah Rendah pada Seseorang

Meskipun tidak semenakutkan darah tinggi namun Anda tidak boleh menyepelekan tekanan darah yang rendah. Dilansir dari American Heart Association, dalam sebuah studi yang berjudul “Low Blood Pressure - When Blood Pressure Is Too Low”, inilah berbagai penyebab tekanan rendah: 


1. Kehamilan

penyebab darah rendah karena  kehamilan

Wanita yang sedang berada dalam masa kehamilan memiliki kecenderungan mengalami darah rendah. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Sistem peredaran darah pada masa kehamilan cenderung meluas lebih cepat sehingga menyebabkan tekanannya menurun.  Namun jika Anda mengalami hal ini ketika hamil tidak perlu merasa kuatir karena tekanan darah akan normal kembali setelah melahirkan. 


2. Masalah pada Jantung

Orang yang memiliki riwayat gangguan pada organ jantung juga bisa mengalami darah rendah. Mengingat fungsi organ tersebut adalah untuk memompa darah maka kondisi seperti itu wajar terjadi. Jantung yang mengalami gangguan fungsi untuk memompa darah tersebut biasanya akan membuat tekanannya menjadi menurun.

Kasus pada jantung yang paling berisiko untuk mengalami tekanan darah rendah yaitu syok kardiogenik. Jika Anda mengalami kondisi jantung tersebut sebaiknya lebih sering memeriksa tekanan darah dan lebih berhati-hati.


3. Penggunaan Obat Tertentu

penyebab darah rendah karena penggunaan obat tertentu

Penggunaan obat-obatan jenis tertentu juga akan menjadikan Anda lebih mudah mengalami tekanan darah rendah. Apa sajakah jenis obat-obatan yang dimaksud? Obat yang bisa memicu terjadinya darah rendah antara lain yaitu levodopa, propanolol, atenolol, furosemide dan sildenafil.


4. Masalah pada Endokrin

Apakah Anda memiliki masalah dengan kelenjar endokrin? Kalau iya maka tidak perlu heran jika tekanan darah cenderung rendah. Masalah endokrin yang menimbulkan gangguan pada tiroid memang bisa menyebabkan tekanan darah turun. Contoh kondisi tiroid yang memicu rendahnya tekanan darah misalnya paratiroid, penyakit Addison, hipoglikemia dan diabetes.


5. Mengalami Dehidrasi

Tekanan darah juga mungkin akan menurun ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi. Saat sedang dehidrasi biasanya gangguan dialami tubuh antara lain pusing, merasa lemah dan lelah serta mual. Kondisi dehidrasi pada seseorang disebabkan oleh penggunaan obat diuretik, olahraga berat, diare dan masih banyak lagi. 


6. Mengalami Infeksi Berat

Infeksi berat yang dialami oleh tubuh yang disebut dengan septikemia terjadi ketika kondisinya sudah parah. Infeksi yang dialami sudah masuk hingga ke aliran darah di dalam tubuh. Inilah kondisi yang dianggap cukup berbahaya bagi mereka yang mengalaminya. Septikemia memicu terjadinya syok septik yaitu suatu kondisi penurunan tekanan darah yang bisa menyebabkan kasus kematian pada penderitanya.


7. Kurang Nutrisi

Anda lebih mudah mengalami kondisi tekanan darah yang rendah jika tubuh kekurangan nutrisi tertentu yaitu asam folat dan vitamin B6. Kedua jenis senyawa mineral tersebut menyebabkan tubuh mengalami anemia sehingga berakibat pada turunnya tekanan darah.

Itulah berbagai penyebab darah rendah atau hipotensi yang harus Anda waspadai. Dari informasi ini, bisa diketahui bahwa sebenarnya darah rendah terjadi akibat hal sepele seperti kurangnya nutrisi dan dehidrasi. Berbagai faktor penyebab di atas, harus Anda pahami agar terhindar dari kondisi darah rendah. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli kesehatan dari Daya.id seputar darah rendah maupun darah tinggi. 

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!         

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

dr. Sanny Yanisyah Cutfriana

Dokter Umum

1 dari 3 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS