Dirilis

16 Februari 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Nyeri sendi merupakan gangguan kesehatan yang termasuk sering dialami bisa terjadi pada siapa saja. Faktor penyebab nyeri sendi itu sendiri ada beberapa macam dan bisa dipengaruhi oleh kondisi dari penderita. Sendi adalah jaringan yang menghubungan serta membantu gerakan diantara dua tulang. Sendi tersebut berada di seluruh bagian tubuh seperti bahu, pinggul, lutut, jari, rahang, siku dan leher.

Nyeri yang terjadi pada sendi kita tersebut bisa hanya ringan saja tetapi juga banyak yang mengalami gejala berat. Ketika terserang nyeri sendi tentu aktivitas bisa terganggu karena gerakan pada bagian tubuh tidak bisa berjalan dengan lancar. Nyeri sendi apalagi dengan keluhan yang berat sebaiknya segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas lebih lama.

 

Faktor Penyebab Timbulnya Nyeri Sendi


Rasa sakit atau nyeri sendi pada umumnya disebabkan oleh adanya gangguan atau kondisi tertentu pada persendian itu sendiri. Dilansir dari Harvard Health tahun 2020, beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya nyeri sendi yaitu sebagai berikut:


1. Terkilir atau Keseleo

Penyebab yang paling umum terjadi dan bisa menimbulkan nyeri pada sendi adalah ketika otot terkilir atau keseleo. Saat terkilir jaringan otot akan menjadi tegang bahkan bisa terjadi kejang. Akibat terkilir ligamen otot bisa saja robek dan akan menimbulkan rasa nyeri pada sendi.

 

2. Sendi Mengalami Cedera


Jika terjadi cedera pada sendi atau disebut juga joint injury maka komponen strukturalnya bisa menjadi lemah. Kemudian akan muncul gejala lanjutan seperti memar, perubahan bentuk tulang, kerusakan struktur sendi di sekitarnya serta rusaknya jaringan tulang rawan.

 

3. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah jenis paling umum pada gangguan sendi arthritis dan bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan ini akan terjadi ketika tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan mengalami pengapuran. Kondisi seperti ini perlahan tapi pasti akan menyebabkan munculnya rasa nyeri pada sendi sehingga akan membuat pergerakan tubuh menjadi terbatas.

 

4. Osteomielitis

Osteomielitis merupakan gangguan yang terjadi pada sistem rangka manusia. Infeksi pada awalnya terjadi pada tulang lewat peredaran darah lalu menyebar ke jaringan sekitarnya. Bisa juga berawal dari kerusakan pada tulang itu sendiri yang diakibatkan oleh infeksi bakteri pada bagian yang terluka.

 

5. Bursitis


Di dalam sendi bahu kita terdapat kantong berisi cairan yang berfungsi sebagai pelindung atau disebut dengan bursae. Area bursae tersebut bisa mengalami pembengkakan atau gangguan ketika Anda melakukan gerakan yang sama secara berulang-ulang. Gangguan yang disebut bursitis tersebut juga bisa terjadi karena Anda terjatuh atau mengalami cedera.

 

6. Tendinitis

Tendinitis merupakan gangguan pada tendon yang berada di bagian bahu, siku, serta pergelangan tangan. Sedangkan tendon dan ligamen memiliki fungsi sebagai pengatur tulang pada persendian. Tendinitis menjadi penyebab paling umum pada nyeri bahu, serta pergelangan tangan dan kaki. Tendinitis paling sering dialami oleh para atlet.

 

7. Rematik

Mungkin hampir semua orang awam mengatakan nyeri sendi dengan istilah rematik. Memang tidak salah meskipun tidak semua nyeri sendi disebabkan oleh rematik. Penyakit rematik hanyalah salah satu penyebab timbulnya nyeri sendi dan bisa merusak kekebalan tubuh jika terlambat diatasi.

 

8. Gangguan Penyakit Lainnya

Nyeri sendi juga bisa muncul dikarenakan oleh adanya gangguan beberapa jenis penyakit terutama yang menyerang sistem otot dan rangka. Beberapa jenis gangguan penyakit yang dimaksud antara lain lupus, asam urat, kanker darah, kanker tulang, tumor tulang dan masih banyak lagi.

Dengan mengenali apa saja penyebab nyeri sendi diharapkan Anda bisa lebih waspada dan melakukan antisipasi secara tepat. Nyeri sendi yang tidak segera diatasi bisa mendatangkan gangguan penyakit lainnya dan mengganggu aktivitas. Oleh karena itu selalu jaga kesehatan Anda dengan menerapkan pola hidup sehat dan berkonsultasi ke dokter dari Daya.id agar bisa terhindar dari nyeri sendi.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

Sumber:

Dari Berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 5 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS