Dirilis

31 Agustus 2020

Posisi tidur memainkan peran penting pada kesehatan tubuh kita. Pasalnya, dengan posisi tidur yang baik, kualitas tidur juga akan meningkat dan berdampak pada kesehatan jangka panjang. karena tidur dengan waktu yang lama, belum tentu bisa dikatakan berkualitas. 

Sebaliknya, bila Anda tidur dengan waktu yang sebentar tapi memperhatikan posisi tidur dengan maksimal, maka waktu tidur yang sementara ini bisa jadi sangat berkualitas. Hal ini juga berlaku untuk tidur siang dengan singkat secara berkualitas

5 Posisi Tidur yang Baik agar Tubuh Lebih Sehat

Nah, berikut beberapa posisi tidur yang baik dan bisa diterapkan untuk Anda yang memiliki masalah tidur. Simak selengkapnya:

1. Terlentang ke Atas dengan Tangan yang Lurus ke Bawah

Pertama, posisi tidur yang baik, yakni dengan posisi terlentang. Sebab bila posisi kita terlentang dan kedua tangan diletakkan di bawah, maka ini sangat baik untuk kesehatan tulang leher dan belakang. Hal tersebut tentunya juga dengan memperhatikan posisi bantal yang kita gunakan ya, supaya tak terlalu tinggi maupun rendah.

Namun untuk Anda yang memiliki berat tubuh berlebih, tidak disarankan untuk menggunakan posisi ini, karena justru akan menambah gangguan tidur lainnya seperti sleep apnea. Yang disebut dengan sleep apnea adalah nafas yang terhenti sekejap ketika tidur berlangsung. Hal ini perlu diperhatikan, karena bisa menghambat pasokan oksigen ke otak.

2. Posisi Tidur dengan Tangan dan Badan yang Terlentang ke Atas

Posisi tidur dengan telentang tangan ke atas

Kemudian untuk posisi tidur yang baik, yakni dengan tangan dan badan yang semua terlentang ke atas. Sebab dalam posisi ini, wajah kita bisa terhindar dari kuman di bantal yang mengakibatkan jerawat. Serta kerutan di wajah maupun kesehatan punggung terkendali dengan baik. Tidak heran jika posisi tidur ini sangat dianjurkan untuk dilakukan. 

3. Posisi Tidur Tengkurap, Baik Untuk Pencernaan

Sebagian orang mengira bahwa tidur tengkurap sangat tidak baik karena bisa terasa menyesakkan. Hal ini memang ada benarnya, namun ternyata tengkurap pun juga memiliki fungsi baik lain, yakni untuk kesehatan pada bagian pencernaan kita.

Namun apabila posisi tidur ini tidak cocok untuk Anda, karena mengakibatkan sulit bernapas dan kekurangan oksigen, sebaiknya tidak untuk dilakukan, ya. Karena masing-masing manusia memang berbeda, dan berhak memilih mana posisi tidur yang baik dan nantinya akan digunakan.

4. Posisi Tidur Seperti Janin yang Ada dalam Kandungan

Posisi tidur meringkuk seperti janin yang ada di dalam kandungan

Posisi tidur yang baik selanjutnya, yakni dengan meringkuk layaknya janin yang sedang berada dalam perut. Posisi ini ternyata juga sangat cocok untuk para ibu hamil karena dapat menaikkan sirkulasi darah ibu dan juga janin di kandungannya. Namun selain itu, posisi ini juga baik bagi orang yang memiliki masalah tidur yaitu mendengkur keras.

5. Posisi Tidur dengan Menyamping

Terakhir, posisi tidur yang baik, yakni dengan menyamping kanan maupun kiri. Nah, posisi menyamping ini memang ada beberapa caranya, yakni dengan tangan yang lurus ke bawah untuk mencegah asam lambung dan menghindari sakit leher maupun punggung.

Ada juga dengan tangan lurus ke depan, yang berfungsi baik bagi kesehatan tulang belakang dan baik bagi orang yang berat badannya berlebih. Bisa juga tidur menyamping kiri dengan gaya apapun untuk melancarkan sirkulasi darah.

Mendapatkan tidur yang berkualitas memang kadang sulit, karena banyak faktor yang berpengaruh seperti kelelahan sehingga tidak memperhatikan posisi ketika tidur, adanya bagian tubuh yang sakit, dan lain sebagainya. 

Jika Anda mengalami sakit karena posisi tidur yang salah, Anda harus konsultasi dengan ahlinya yakni dokter untuk menerima saran tentang posisi tidur yang baik dan benar sesuai dengan diri Anda. Karena tidur yang berkualitas dapat membuat tubuh menjadi bugar bukan malah menjadi sakit.

Posisi tidur merupakan salah satu cara agar dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Banyak tips tentang kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan cara daftar menjadi member Daya.id, dan Anda akan berhak untuk membaca semua informasi dari Daya.id tanpa batas setiap harinya.

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

4.7

3 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS