Dirilis

10 Mei 2023

Penulis

Aliah Abdullah

Apakah Anda merasa memiliki berat badan yang berlebihan dan ingin menurunkan berat badan dengan senam aerobik? Tapi, sejauhmana senam aerobik bisa membantu menurunkan berat badan? Yuk, kenali dulu apa itu senam aerobik dan pengaruhnya bagi penurunan berat badan.

 

Yang Perlu Anda Tahu Tentang Senam Aerobik

Aerobik berasal dari kata ‘aero’ yang berarti oksigen, sehingga senam aerobik ini dapat diartikan sebagai senam yang bisa meningkatkan asupan oksigen dalam tubuh, yang akan memaksimalkan proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.
Senam aerobik pertama kali diperkenalkan oleh dr. Kenneth Cooper di tahun 1960-an. Senam aerobik didefinisikan sebagai serangkaian gerakan olahraga kardio yang melibatkan banyak gerakan otot tubuh dengan diiringi irama musik dalam durasi waktu tertentu. 

Senam aerobik biasanya dipandu oleh seorang instruktur yang akan memimpin gerakan. Berdasarkan tingkat intensitas gerakannya, senam aerobik terdiri dari tiga jenis yaitu: low impact, high impact dan mix impact (aerobic sport).

  • Low Impact adalah senam aerobik yang dilakukan dengan gerakan yang ringan dan lambat, dengan contoh gerakan seperti langkah tunggal (single step), langkah ganda (double step) dan langkah segitiga (V step). Gerakan ini cocok untuk pemula, orang dengan obesitas, ibu hamil, atau lansia.
  • High Impact adalah senam aerobik yang dilakukan dengan gerakan yang keras dan cepat. Contoh gerakannya adalah loncat dan mengangkat lutut. Gerakan ini bisa membakar lebih banyak kalori bagi orang yang sudah terlatih.
  • Mix Impact (Aerobic sport) adalah kombinasi gerakan low impact dan high impact untuk memberikan variasi agar pelaku tidak cepat bosan dan kelelahan saat melakukan senam aerobik.

Saat melakukan senam aerobik, baik yang low impact, high impact maupun mix impact (aerobic sport), biasanya gerakan akan terbagi menjadi tiga tahapan yaitu pemanasan (warming up), gerakan inti aerobik, dan pendinginan (cooling down) dengan keterangan berikut ini.
  • Pemanasan (Warming up) adalah serangkaian kegiatan fisik dengan intensitas rendah yang bertujuan untuk menaikkan suhu tubuh, meningkatkan denyut jantung secara bertahap, meningkatkan sirkulasi cairan tubuh serta mempersiapkan otot dan persendian sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya cedera. Dianjurkan pemanasan dilakukan sebelum aerobik selama kurang lebih 5-10 menit. 
  • Gerakan inti adalah serangkaian gerakan di bagian pertengahan latihan aerobik dengan intensitas yang lebih tinggi dan durasi yang lebih lama dibanding dengan pemanasan, sekitar 20-60 menit. Tujuan gerakan inti adalah untuk melatih koordinasi gerak antar anggota tubuh dan menguatkan otot-otot tubuh. 
  • Pendinginan (Cooling down) adalah gerakan melemaskan atau membuat otot tubuh menjadi lebih rileks setelah melakukan aerobik. Gerakan ini juga bertujuan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung dari yang lebih cepat menjadi normal kembali. Durasinya hampir sama seperti saat melakukan pemanasan, sekitar 5-10 menit.


Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu seputar senam aerobik. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti panduan seorang instruktur baik secara online maupun offline

 

Tips Senam Aerobik Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menjalani proses penurunan berat badan secara sehat, maka Anda harus melakukan aerobik dalam hitungan waktu. Misalnya Anda melakukan aerobik selama 20 menit, maka Anda sudah membakar 200-300 kalori. 

Idealnya, untuk menurunkan berat badan, sebaiknya Anda melakukan aerobik 3 kali seminggu. Artinya dalam Anda sudah berhasil membakar kalori sebanyak 600-900 selama seminggu, atau setara dengan menurunkan berat badan sebanyak 4 kilogram. Tentunya harus diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat dan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup, olahraga secara teratur, sarapan pagi, makan sesuai dengan jadwalnya, perbanyak konsumsi makanan berserat, kurangi konsumsi makanan manis dan minum air putih. Hal ini merupakan tantangan bagi Anda yang ingin menerapkan gaya hidup sehat demi mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat aerobik untuk menurunkan berat, Anda bisa memanfaatkan fitur Tanya Ahli yang ada di website daya.id. Pastikan Anda sudah mendaftar terlebih dahulu, agar Anda bisa menemukan berbagai artikel secara gratis. Ayo segera mendaftar dan manfaatkan fitur-fitur yang terdapat di website ini!

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

7 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Suliyanti

11 Mei 2023

Mantap buat diet

Balas

. 0

Suliyanti

11 Mei 2023

Mantap buat diet

Balas

. 0

Suliyanti

11 Mei 2023

Mantap buat diet

Balas

. 0

Suliyanti

11 Mei 2023

Mantap buat diet

Balas

. 0

Suliyanti

11 Mei 2023

Mantap buat diet

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS