Dirilis

07 Oktober 2021

Penulis

Nurul

Pemanasan sebelum olahraga sangat penting untuk dilakukan. Sayangnya, manfaat pemanasan sebelum olahraga sering disepelekan oleh banyak orang. Sehingga proses olahraga menjadi tidak maksimal dan bisa saja mengarah pada cedera. Tidak hanya itu, pemanasan juga memberikan banyak manfaat yang baik untuk tubuh dan organ vital. Jadi sebaiknya lakukan pemanasan dengan baik dan benar agar manfaat dari olahraga sendiri juga bisa maksimal.
 

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Saat manusia melakukan olahraga, otot adalah bagian tubuh yang paling banyak dilibatkan dalam proses ini. Ibarat kendaraan, otot adalah “bahan bakar” agar proses olahraga bisa berjalan baik. Otot yang kaku bisa mengakibatkan tubuh menjadi cedera. Untuk itulah dibutuhkan pemanasan agar otot lentur. Dilansir dari laman Health Harvard, inilah beberapa manfaat pemanasan untuk tubuh:
 

1. Membuat Tubuh Jadi Lentur


Manfaat pemanasan dilakukan sebelum olahraga salah satunya adalah menjaga kelenturan tubuh. Jika tidak melakukan pemanasan dan tubuh kurang lentur atau kaku maka rawan sekali merasa nyeri saat tengah melakukan gerakan olahraga. Rasa nyeri tersebut datang dari otot yang masih kaku dan jika dipaksakan otot bisa cidera.
 

2. Membantu Melancarkan Pernapasan

Tidak hanya otot, gerakan olahraga selalu ada kaitannya dengan pernapasan. Jika tidak melakukan pemanasan maka saat berolahraga bisa ngos-ngosan atau kehabisan napas dan itu juga berbahaya. Dengan melakukan pemanasan sebelum berolahraga maka sirkulasi udara bisa lebih stabil jadi saat melakukan gerakan olahraga inti tidak sampai kehabisan nafas atau sesak.
 

3. Menurunkan Resiko Cedera


Tubuh yang dipaksa melakukan gerakan olahraga inti tanpa pemanasan akan tinggi resikonya mengalami cedera. Hal ini karena otot tidak mendapatkan kebutuhan nutrisi yang cukup untuk bisa melakukan gerakan-gerakan olahraga. Saat pemanasan nutrisi bisa tersalurkan ke otot secara maksimal. Otot pun bisa lebih lentur jadi tidak akan terjadi cidera saat melakukan gerakan olahraga inti.
 

4. Membuat Detak Jantung Lebih Stabil

Saat melakukan olahraga jantung akan bekerja lebih keras dan ini akan membuat jantung terasa berdetak lebih kencang. Jika ini terjadi artinya tubuh belum diajak untuk melakukan pemanasan atau pemanasan yang dilakukan asal-asalan. Jika sudah melakukan pemanasan maka irama jantung akan lebih stabil dan tidak akan memberikan efek yang buruk saat melakukan olahraga.
 

5. Menjaga Stamina

Pemanasan bisa membantu oksigen mengalir melalui darah secara optimal sehingga otot tidak akan mudah lelah. Hal ini akan membantu seseorang tidak mudah merasa lelah saat berolahraga. Aliran darah pun jadi lebih lancar dan irama jantung lebih stabil, berolahraga pun tidak akan terasa berat dan melelahkan malah akan membuat tubuh jadi terasa lebih segar.
 

6. Menstabilkan Sirkulasi Darah

Perlu dipahami bahwa aliran darah ke otot itu sangat penting saat melakukan olahraga. Jika sirkulasinya tidak lancar, kemungkinan besar saat melakukan gerakan olahraga inti akan terasa sakit. Sirkulasi darah ini sangat penting diperhatikan agar bisa mengurangi resiko orang merasa sakit melakukan olahraga serta  bisa mempercepat masa pemulihan jika memang ada cedera.

Pemanasan bisa membantu memperlancar sirkulasi darah sehingga olahraga berjalan lancar. Selain itu sirkulasi darah yang optimal juga bisa membantu sekali dalam meningkatkan pertumbuhan sel serta fungsi organ dalam tubuh. Detak jantung akan lebih stabil jadi kinerja jantung tidak terlalu berat saat sedang berolahraga.

Nah, itu dia beberapa manfaat pemanasan sebelum berolahraga. Dampaknya ternyata sangat besar untuk tubuh. Selain mencegah cidera saat melakukan olahraga, kinerja organ dalam tubuh juga lebih terjaga dan lebih optimal. Jadi jangan sampai meninggalkan gerakan pemanasan sebelum melakukan olahraga. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis olahraga dari Daya.id seputar pemanasan selengkapnya.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!

 

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

6 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ardhan Ashary Nasution

19 Desember 2023

Terima Kasih informasi nya sangat bagus 👍👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS