Dirilis

30 April 2021

Penulis

Tim Penulis Daya

Salah satu tantangan para orang tua adalah ketika harus mengawasi, memberi arahan, dan mendampingi anak saat belajar dirumah. Terlebih masa pandemi ini yang mengharuskan anak-anak untuk bersekolah secara daring. Banyak orang tua yang kebingungan bahkan merasa kewalahan saat proses pembelajaran di rumah tersebut. Namun tidak perlu khawatir, karena beberapa tips mendampingi anak belajar di rumah berikut ini bisa membantu Anda.

 

Sederet Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah Secara Efektif

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika mendampingi anak belajar, seperti:

 

1. Ketahui Tujuan Pembelajaran

mendampingi anak belajar dengan memahami tujuan belajar
Tips mendampingi anak belajar di rumah yang pertama adalah mengenali dan mengetahui apa target serta tujuan dari pembelajaran tersebut. Jika kita paham, maka kita pun akan lebih mudah untuk mengarahkan mereka. Contohnya adalah saat anak sedang menerima pelajaran menggambar dari gurunya. 

Tujuan dari menggambar umumnya adalah untuk melatih kreativitas dan perkembangan motorik anak. Nah, selaras dengan tujuan ini, maka dalam proses belajarnya usahakan anak bisa mengeksplor kreativitasnya seoptimal mungkin. Dampingi dan jangan batasi keinginan anak untuk berkreasi. 

 

2. Gunakan Kata yang Tepat

Jangan pernah menyebut pembelajaran secara daring dengan kata “libur”, namun katakanlah bahwa semua anak akan “belajar di rumah”. Kata libur biasanya akan membuat anak berekspektasi untuk melakukan hobi mereka dan bermain saja. Dan pada saat diarahkan untuk belajar, mereka bisa saja merasa malas.

Tidak hanya dalam hal istilah tersebut, kata-kata saat mendampingi anak saat belajar juga harus sangat orang tua perhatikan. Gunakan tutur kata yang tenang namun tetap tegas pada anak. Dengan begitu, suasana pembelajaran yang tercipta bisa lebih tenang dan anak tetap nyaman. 

 

3. Buat Jadwal

tips mendampingi anak belajar di rumah dengan membuat jadwal
Supaya pelaksanaannya lebih lancar dan produktif nanti, kita bisa membuat jadwal keseharian untuk anak. Tapi, bukan berarti mereka tak boleh bermain ataupun menonton TV. Hanya saja, harus sesuai jadwal yang sudah dibuat. Hal ini akan melatih tanggung jawab dan kedisiplinan pada anak. Contohnya buatlah jadwal seperti mulai belajar pukul 08.00 pagi secara daring dengan guru. 

Jika sudah selesai, berikan waktu istirahat bagi anak sembari makan siang. Kira-kira sampai pukul 12.00 siang. Kemudian waktu untuk tidur siang dan bermain pukul 01.00 sampai 03.00, dan lain sebagainya. Jadwal ini bisa sangat bervariasi tergantung pada kegiatan sekolah anak itu sendiri. 

 

4. Kuasai Berbagai Penunjang Pembelajaran

Kuasai pula perangkat teknologi yang dapat menunjang pembelajaran anak Anda. Dengan menguasainya, tentu kita dapat menunjukkan cara penggunaan teknologi tersebut secara positif pada anak.  Jika orang tua gaptek atau kesulitan, maka  anak pun akan merasa kesulitan terlebih bagi mereka yang usianya masih sangat muda. Hal ini juga mungkin dapat menjadi penyebab pembelajaran tidak berjalan secara optimal.

Maka dari itu, usahakan sebagai orang tua Anda juga harus mengikuti perkembangan teknologi. Terutama yang sangat menunjang pembelajaran bagi anak. Seperti penggunaan tablet, laptop, komputer, atau smartphone

 

5. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Bagi beberapa anak, belajar mungkin saja menjadi hal yang membosankan, terlebih jika hanya berlama-lama menatap layar saja. Maka tips mendampingi anak belajar di rumah berikutnya adalah dengan menciptakan suasana menyenangkan mungkin.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat ruangan terasa lebih nyaman, lebih unik atau mungkin berbeda dari biasanya. Selain itu, kita juga bisa menambahkan alunan musik yang lebih santai, atau juga menyiapkan cemilan lezat yang dapat menambah mood anak saat belajar.

 

6. Menjadi Teman Anak

Tips mendampingi anak belajar di rumah dan membuat suasananya lebih terasa menyenangkan adalah dengan menjadi teman bagi mereka. Perlu diingat, peran kita bukan sebagai guru, tapi lebih kepada sosok teman yang membuat mereka senang juga nyaman. Jika anak merasa orang tuanya asyik, maka ilmu akan lebih mudah dipahami. Oleh karenanya, hal ini harus dipraktekkan setiap pembelajaran bukan hanya di masa pandemi saja.


Itulah 6 tips mendampingi anak belajar di rumah yang efektif. Berbagai tips ini diharapkan bisa membantu orang tua agar kegiatan pembelajaran anak bisa tetap efektif dan optimal bagi pendidikan mereka. Anda juga bisa berkonsultasi dengan psikolog dari Daya.id apabila memiliki pertanyaan seputar proses pendampingan pada anak yang lebih efektif dan optimal.

Informasi lain terkait pola hidup sehat dan kesehatan lainnya, bisa Anda peroleh dengan mudah di Daya.id. Dengan mendaftar di Daya.id semua informasi kesehatan bisa diakses dengan gratis dan sangat mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi dan daftarkan diri Anda di Daya.id sekarang juga!             

Sumber:

Diolah dari berbagai sumber

Penilaian :

5.0

2 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Alvin Hartanto

Ahli Gizi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS