Dirilis

15 Oktober 2022

Penulis

Peni hidayah

Menjalani hari tua yang bahagia ditambah siap finansial di masa pensiun, menjadi impian setiap orang. Di masa produktif inilah saatnya Anda untuk mempersiapkannya. Mempersiapkan dana pensiun adalah hal yang tepat untuk dilakukaan saat ini. Karena biaya hidup nanti akan semakin besar.

Investasi menjadi salah satu pintu peluang dalam mempersiapkan dana pensiun tersebut. Namun, untuk berinvestasi yang tepat Anda mesti tahu apa saja jenis investasinya dan yang pasti menyesuaikan dengan kondisi keuangan dari Anda. Jangan sampai finansial menjadi kacau atau malah menimbulkan hutang sebagai efek berinvestasi secara gegabah atau terburu-buru.

 

Jenis investasi untuk persiapkan dana pensiun


 

1.    Emas

Untuk mulai berinvestasi untuk mempersiapkan hari tua, Anda bisa memilih produk investasi berupa emas batangan. Emas batangan ini bisa Anda simpan di waktu yang cukup lama. Ketika harganya naik, baru Anda jual untuk meraih keuntungan.

Investasi emas mudah dilakukan karena emas batangan sekarang sudah dijual secara umum. Selain itu, kini Anda juga bisa membelinya secara cicilan dengan tabungan emas. 

Namun pastikan saat sudah memiliki emas, Anda perlu menyediakan tempat khusus untuk menyimpan emas. Karena kualitas emas bisa menurun apabila disimpan di tempat yang tidak sesuai.

 

2.    Saham

Saham adalah produk investasi yang bagus juga untuk mempersiapkan masa pensiun. Memiliki saham akan membuat Anda menjadi bagian perusahaan juga. 

Sebagai jasa pembelian saham yang Anda lakukan tersebut, emiten yang menerbitkan saham dan bersedia membagikan laba usahanya untuk Anda berupa dividen. Jadi, selama Anda manahan saham tersebut, Anda akan terus meraih dividen.

Kabar baiknya, harga saham emiten yang perkembangannya bagus, laba atau keuntungan juga biasanya naik. Apabila Anda ingin mendapatkan keuntungan lebih besar lagi, Anda bisa menjualnya untuk meraih capital gain.

Namun saham merupakan instrumen investasi yang risikonya tinggi karena harganya yang cenderung fluktuatif. Jadi Anda perlu banar-benar memahami cara berinvestasi saham sejak dini.

 

3.    Reksadana saham

Salah satu produk investasi yang dapat diandalkan untuk mempersiapkan masa tua nanti adalah dengan mengambil reksa dana saham. 

Reksadana saham merupakan produk yang dananya berasal dari masyarakat luas yang digabung dan disetorkan pada efek saham (bursa efek) yang tersedia dalam bentuk reksa dana.

Reksa dana jenis ini merupakan yang paling mendatangkan keuntungan tinggi bagi investor. Namun, risiko yang didapat juga paling besar jika dibandingkan dengan reksa dana lain seperti jenis investasi reksadana pasar uang.

Berbeda dengan jenis saham pada umumnya, di reksa dana saham, dana Anda akan diproses oleh manajer investasi. Anda jadi tidak perlu takut untuk memulai karena ada ahli profesional yang mendampingi jalan Anda dalam setiap pengambilan keputusan.

 

4.    Properti


Properti adalah produk investasi yang sering dijadikan andalan untuk investasi tujuan jangka panjang. Kenaikan harganya setiap tahun dikatakan cukup stabil. Selain itu, masih banyak orang yang membutuhkan tempat tinggal.

Properti ini bisa Anda jual setelah beberapa tahun Anda memilikinya. Atau bisa juga menjadi sumber dana yang bersifat rutin Anda dapatkan dari sistem penyewaan properti yang Anda lakukan.

 

5.    P2P lending

P2P lending juga adalah jenis investasi yang bisa diandalkan untuk membpersiapkan dana pensiun untuk masa depan nanti. Di P2P lending ini Anda akan menyetorkan modal yang diperuntukkan bagi peminjam. Nanti pihak peminjam melakukan pengembalian dana sesuai dengan ketentuan di awal. Namun pastikan Anda memahami dengan baik bagaimana cara berinvestasi dengan P2P Lending sebelum memulainya.

Bagaimana? Sudah siap menyambut masa pensiun Anda? Tentunya menyambut masa pensiun yang bahagia dengan dana pensiun yang sudah Anda persiapkan sejak dini. Yuk segera tentukan investasi yang ini Anda jalankan.

Jika ada yang ingin ditanyakan terkait persiapan dana pensiun, Anda bisa berkonsultasi bersama ahlinya di website www.daya.id. Anda juga bisa mendapatkan info usaha dan keuangan lainnya secara gratis website www.daya.id.

Sumber:

Berbagai sumber

Penilaian :

4.9

15 Penilaian

Share :

Berikan Komentar

JUWENAH

08 Desember 2023

Saham dan investasi sangat menguntungkan

Balas

. 0

Wendi Purwanto

12 Januari 2023

👍

Balas

. 0

Dedy rachim

05 November 2022

👍

Balas

. 0

Ada yang ingin ditanyakan?
Silakan Tanya Ahli

Dian Savitri

Perencana Keuangan Pribadi

1 dari 10 konten bebas || Daftar dan Masuk untuk mendapatkan akses penuh ke semua konten GRATIS