Ingin bisnis laundry Anda bersaing dengan kompetitor? Temukan strategi jitu menarik pelanggan dan meningkatkan omzet, mulai dari menentukan target pasar, menciptakan nilai tambah, hingga promosi efektif!
Seri: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Laundry Rumahan
- Utama: Panduan Memulai Bisnis Laundry Rumahan
- Seri 1: Langkah-Langkah Mempersiapkan Bisnis Laundry Rumahan dengan Modal Terbatas
- Seri 2: Strategi Menarik Pelanggan dan Meningkatkan Omzet Bisnis Laundry Rumahan
- Seri 3: Mengoptimalkan Operasional dan Meningkatkan Keuntungan Bisnis Laundry
Adanya Kebutuhan Bisnis Laundry Rumahan
Bisnis laundry memiliki potensi besar. Kesibukan rutinitas, keterbatasan waktu, dan kebutuhan akan kepraktisan mendorong banyak individu dan keluarga untuk mempercayakan urusan cucian mereka kepada penyedia jasa laundry.
Meskipun demikian, potensi besar tentu saja menciptakan persaingan tinggi, sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk menarik pelanggan dan cara meningkatkan omzet bisnis.
Lalu, strategi apa yang efektif untuk menarik pelanggan dan meningkatkan omzet bisnis Laundry?
Strategi Menarik Pelanggan di Bisnis Laundry Rumahan
Yuk simak pembahasannya dibawah ini!
1. Menentukan Target Pasar dan Kebutuhan Pelanggan
Menentukan target pasar sangat diperlukan agar bisnis laundry Anda sesuai dengan kebutuhan pelanggan potensial. Tidak hanya memahami peluang, Anda juga perlu meninjau pesaing bisnis, sehingga Anda dapat mengembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan memberikan harga yang kompetitif. Bagaimana caranya?
- Menargetkan penduduk yang memiliki kesibukan rutinitas seperti pekerja kantoran, mahasiswa, penghuni apartemen, dan keluarga di sekitar yang memiliki keterbatasan waktu dan membutuhkan kepraktisan.
- Menganalisis kebiasaan pelanggan dalam mencuci pakaian. Layangkan beberapa pertanyaan kepada pelanggan atau calon pelanggan potensial di lingkungan Anda. Sebagai contoh, Anda dapat bertanya seberapa sering mereka datang untuk laundry, apakah pelanggan lebih mementingkan kecepatan, harga, kualitas, atau layanan tambahan, dan melihat potensial apakah pelanggan menyukai jika ada layanan antar-jemput.
- Langkah terakhir, sesuaikan harga dan layanan sesuai dengan pelanggan, Anda dapat menyusun penawaran yang relevan dan menarik, sehingga meningkatkan potensi keberhasilan bisnis laundry Anda. Sebagai contoh, kita dapat menyesuaikan dompet pelanggan mahasiswa, Anda dapat mengatur strategi dengan menawarkan paket hemat atau diskon khusus untuk mahasiswa. Sama halnya juga dengan keluarga yang tertarik dengan paket laundry bulanan dan harga terjangkau jika dihitung dengan perkilogram. Kemudian, kita menyesuaikan harga dengan pekerja kantoran, yang memiliki potensial membayar lebih untuk layanan antar-jemput.
Baca juga: Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan, Apa yang Saya Perlu Siapkan?
2. Menciptakan Nilai Tambah untuk Menarik Pelanggan
Strategi selanjutnya untuk menaikkan omzet bisnis laundry adalah menambah jenis layanan dengan meningkatkan kualitas. Seperti menawarkan jasa laundry antar jemput, layanan cuci satuan spesial yaitu memisahkan pakaian yang berbeda bahan dan pakaian anak yang membutuhkan deterjen yang lembut, layanan menghilangkan noda membandal, layanan cuci express yaitu selesai dalam waktu singkat, dan memberikan diskon untuk pelanggan tetap atau promo member baru bisnis laundry Anda untuk menciptakan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
3. Memanfaatkan Saluran Pemasaran yang Efektif
Setelah berhasil menentukan target pasar dan menciptakan nilai tambah bisnis laundry Anda, akan lebih baik didorong dengan strategi pemasaran yang efektif. Strategi pemasaran ini berguna untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan kesadaran terhadap hadirnya bisnis laundry Anda. Berikut adalah beberapa saluran yang bisa Anda manfaatkan:
- Memasang banner dan spanduk di daerah strategis. Anda bisa memasangnya di daerah dekat kampus, kost, perkantoran, perumahan dan jalan utama untuk meningkatkan kesadaran calong pelanggan baru. Desain banner dan spanduk secara menarik, dan cukup informasi yang jelas seperti nomor telepon, alamat, dan keuntungan yang didapatkan pelanggan dari bisnis laundry Anda.
- Karena banyaknya pelanggan yang memiliki keseharian sibuk, akan lebih baik lagi jika Anda menyediakan sistem pemesanan online melalui WhatsApp Business. Pelanggan dapat secara langsung bertanya terkait layanan tanpa harus datang ke lokasi, dapat melakukan transaksi pembayaran secara cepat, dan efisiensi waktu melalui pemesanan secara cepat dan mudah. Pelanggan akan tertarik dengan sistem pemesanan layanan laundry yang praktis sehingga memberikan nilai tambah tersendiri di mata pelanggan
- Promosi melalui sosial media. Melalui perkembangan teknologi, Anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai branding untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Anda dapat mempromosikan melalui foto hasil usaha laundry anda, interaksi aktif dengan pelanggan, aktivitas sehari-hari Anda dalam melayani pelanggan dan menangani produk laundry, dan video testimoni para pelanggan Anda sebelumnya.
Baca juga: Tips Membangun Customer Loyalty Melalui Program Reward
Dengan kemampuan untuk memahami pelanggan dan menjalankan strategi - strategi diatas secara konsisten, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan, membangun loyalitas, dan meningkatkan omzet bisnis laundry rumahan Anda. Jangan lewatkan peluang, inovasikan usaha laundry Anda dan raih kesuksesan jangka panjang yang Anda impikan.
Memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait cara membangun dan peluang bisnis laundry rumahan Anda? Dapatkan konsultasi gratis kepada ahli bisnis melalui fitur Tanya Ahli. Segera Daftar akun di Daya.id dan akses informasi selengkapnya secara gratis!
Sumber:
Berbagai sumber
Abdur rahman
15 December 2025
Relate banget sama kondisi persaingan laundry sekarang. Strateginya realistis dan bisa langsung dicoba buat narik pelanggan baru.
Balas
.0